Tiga Langkah-Langkah yang Benar Setelah Melakukan Aktivitas Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Agar Terhindar dari Penyakit

.

Aktifitas olahraga memang menyehatkan, namun jika tidak dibarengi dengan pendinginan, peregangan bisa mengakibatkan cidera pada otot, dan sendi yang berakibat lumpuh. Pernahkah, setelah melakukan olahraga justru malah sendi sakit saat digerakan?

Kalori dan energi yang terbuang pada saat melakukkan aktifitas olahraga juga harus diganti minum air yang cukup serta makanan tinggi protein.

Sejak masih sekolah dasar, kita sudah diajarkan oleh guru olahraga bahwa, sebelum dan setelah melakukan olahraga harus melakukan pendinginan dan peregangan.

Tiga langkah-langkah dasar yang benar setelah melakukan aktifitas olahraga untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit yaitu melakukan gerakan pendingingan, meregangkan otot atau sendi, serta minum air putih yang cukup.

sebutkan tiga langkah-langkah yang benar setelah melakukan aktivitas olahraga untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit-min


Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Setelah Melakukan Aktifitas Olahraga Agar Terhindar Dari Penyakit adalah

1. Pendinginan.

Saat kita selesai melakukan olahraga terutama cukup lama lalu berhenti, beberapa orang mengalami puisng atau lemas, dan seringnya suhu tubuh meningkat secara drastis, karena pembuluh darah melebar. Di saat itu, tubuh memerlukan waktu agar pembuluh darah kembali normal.

Jadi setelah melakukan aktifitas berat setelah olahraga, usahakan melakukan pendinginan, seperti melakukan Stretching, atau melurusukan kaki, meluruskan lengkan di kedua sisi tubuh dan sebagainya.
sebutkan tiga langkah-langkah yang benar setelah melakukan aktivitas olahraga untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit-min


2. Peregangan.

Otot-otot menjadi kencang setelah melakukan aktifitas olahraga seperti berlari. Apabila tidak diragangkan, bisa terjadi varises atau pembengkakan pada pembuluh darah vena. 

Melakukan peregangan bisa dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana untuk melemaskan otot pada bahu, punggung, dan kaki. 

Contoh gerakan: Memiringkan kepala ke samping selama 10-20 detik bergantian. Mengangkat kedua tangan ke atas. Mengangkat kaki lurus ke atas dengan posisi berbaring.

3. Minum air yang cukup.

Setalelah melakukan olahraga, tubuh kehilangan banyak air. Kekurangan air dapat menyebabkan berkuranganya kelenturan, kekuatan, dan nyeri di otot.

Jika terlalu sering tidak minum setelah berolahrga juga dapat menyebabkan dehidrasi yang menyebabkan kerusakan pada otot, serta gangguan fungsi ginjal.

4. Makan bergizi yang cukup.

Karena banyaknya energi yang terbakar, maka tubuh akan kekurangan energi dan menyebabkan lemas serta pusing. Untuk itulah perlu makan. Contohnya seperti telur.

5. Konsumsi buah dan sayur.

Buah dan sayur kaya akan nutrisi dan vitamin yang membantu menjaga kesehatan terutama setelah olahraga. Beberapa atlit profesional, rutin mengkonsumsi buah pisang yang kaya akan karbohidrat, vitamin, dan protein.

6. Mandi air dingin.

Suhu tubuh yang tinggi dapat kembali normal lebih cepat apabila kita mandi menggunakan air dingin. Hal ini juga dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga tubuh tidak terasa sakit atau nyeri keesokan harinya.

Dengan catatan, badan sudah tidak lagi mengeluarkan banyak keringat, karena pada beberapa kasus untuk kulit yang senitif, menyebabkan bercak keputihan.

7. Ganti pakaian.

Beberapa orang setelah melakukan aktifitas olahraga, langsung tidur. Padahal keringat yang menempel di baju dan bercampur debu. Dapat menyebabkan jamur, yang menimbulkan beberapa penyakit kulit seperti panu dan sebagainya.

8. Istirahat yang cukup.

Setelah kita melakuikan pendinginan, peregangan, minum air yang cukup, makan bergizi, konsumsi buah dan sayur, mandi, dan berganti pakaian. Maka untuk meregenerasi sel-sel yang telah mati, dibutuhkan istirahat. 

Istirahat tidak selalu harus tidur, bisa dengan bersantai dengan meregangkan badan terutama kaki. Seperti berbaring.

Demikian, semoga kita selalu diberi kesehatan.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli