Warna Dahak Tbc Tidak Selalu Merah

.
Dari pengalaman saya, warna dahak penderita tbc awalnya putih kental, lalu berubah menjadi hijau, kekuningan, hingga kemerahan akibat bercampur darah.

Kebanyakan orang, termasuk saya, baru curiga ketika dahaknya berwarna hijau. Tanpa mempertimbangkan gejala yang mengikuti seperti:
  • Batuk tidak kunjung sembuh selama 2 minggu.
  • Demam tinggi terutama di malam hari.
  • Berat badan menurun dengan cepat.
  • Berkeringat dingin di malam hari.
  • Nyeri hingga sesak nafas di dada.
Nyatanya beberapa kasus langka pasien tuberculosis, ada yang tidak berdahak, namun karena dari foto ronsen, dan gejalanya sama, sehingga menjalani pengobatan oat.
warna dahak tbc
 bersin dan batuk berdahak

Pengalaman

Saya didiagnosa terkena tbc, lewat ronsen, dan tes uji sputum laboratorium. Sebelumnya, tak terlalu curiga, karena setiap bangun tidur keluar dahak bening.

Nampak normal, namun lama kelamaan bercampur sedikit sekali darah. Sehingga saya berfikir itu bukan karena organ paru atau pernafasan yang luka melainkan karena gusi yang berdarah.

Lama kelamaan pada siang hari, keluar dahak sangat merah karena saking banyaknya darah tersebut. Kental, lalu berubah kehitaman.

Nah karena hal tersebut saya baru memeriksakan diri di klinik dengan tes ronsen. Lalu uji sputum di puskesmas dan semuanya menyatakan postif tb.

Kalau diingat lagi, sebelum kejadian tersebut sebenarnya saya mengalami batuk yang tak kunjung sembuh selama lebih dari 2 minggu. Walaupun berganti obat batuk 3 kali, dan habis lebih dari 3 botol, tak juga sembuh. Malah semakin parah.

Singkatnya, setelah menjalani pengobatan tbc, dahak saya jadi lebih mudah keluar, terutama di pagi hari setelah bangun tidur. Kental, agak kehijauan. Lama kelamaan darah yang bercampur berkurang.

Pada siang hari sama sekali tak bercampur darah. Yang terlihat hanya dahak kekuningan. Lalu lama kelamaan berubah menjadi kehijauan pekat, dan kental. Warna itu pertanda sel darah putih kita sedang melawan suatu penyakit akibat infeksi bakteri ataupun virus.

Tapi tenang saja selama kita menjalani pengobatan oat, sebab dahak merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda seperti bakteri yang merugikan diri kita.

Dokter saya mengatakan bahwa dari foto ronsen saya, menandakan ada banyak lendir yang menempel di paru, sehingga maklum kalau masih keluar melalui perantara batuk selama 2 bulan.
Dahak memang bisa menjadi penanda seseorang terkena suatu penyakit seperti tbc, namun tidak bisa memastikan hanya dengan melihatnya saja. Penentuannya ada pada pemeriksaan sampel sputum uji laboratorium.
Penderita tbc ada yang memiliki dahak kekuningan, kehijauan, hingga berdarah. Namun beberapa kasus langka pasien ada yang bening, hingga tak berdahak.

Jadi apakah seseorang tersebut selain berdahak juga mengalami gejala batuk lama, demam tinggi, hingga penurunan berat badan secara drastis. Kapan hal itu terjadi? Apakah sudah lama?

Kesimpulan

Ciri dahak pengidap tbc umumnya berwarna kemerahan karena bercampur dengan darah yang menandakan adanya luka akibat infeksi di saluran pernafasan terutama paru-paru. Namun para penderita umumnya tidak langsung berwarna merah.

Biasanya mengalami batuk keras selama 2 minggu, diikuti berat badan yang menurun. Lama kelamaan berubah kehijauan, dan kekuningan.

Saya termasuk orang yang telat memeriksakan dahak, karena sudah bercampur darah. Bahkan karena darah tersebut masih keluar cukup lama hingga 2 bulan pengobatan. Gejala seperti sesak nafas, nyeri dada, hingga limbung sangat terasa setiap kali batuk.

Intinya warna dahak tbc tidak selalu merah, dan tidak harus menunggu keluar darah baru memeriksakan kesehatan kita. Penanganan lebih cepat maka akan lebih baik, dan kemungkinan sembuhnya juga lebih tinggi.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli