TBC (Panduan Sembuh Total)

.

Apa itu Tbc?

Tbc adalah penyakit menular kronis, yang biasanya disertai batuk parah, yang disebabkan oleh mycrobacteria tuberculosis, yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan sebagaian besar menyerang paru-paru, sedangkan hanya sedikit yang menyerang tulang, dan kelenjar.

Penyakit ini sudah ada sejak 100 tahun, dan di Indonesia sendiri telah menjangkit hampir 1 juta orang. Sering diidentikan dengan batuk berdarah. Namun sebenarnya obat telah ditemukan dan tingkat kesembuhan mencapai 95%.
tbc

Pencegahan:

Karena sifatnya yang mudah menular melalui droplet, dan sebagaian orang banyak yang tidak sadar akan penyakit yang diderita dalam keadan belum parah. Maka untuk menghindari perpindahan bakteri bisa dengan berbagai macam:

  • Pakai masker saat keluar rumah
  • Makan bergizi secara teratur
  • Rutin berjemur
  • Rajin berolahraga
  • Jauhi asap rokok
Selengkapnya sila baca Cara ampuh mencegah tuberculosis

Penularan:

Banyak pasien tb yang terkena pada usia produktif, sekitar 20-65 tahun. Dalam kasus saya terjangkit pada umur 22 tahun loh. Jadi sangat tidak benar jika penyakit ini hanya menyerang orang yang sudah tua.

Jutsru yang rentan adalah bayi, balita, dan anak-anak sebab pada masa itu mereka sedang dalam masa pertumbuhan, dan sistem imun belum terbentuk dengan sempurna

Pada intinya penularan penyakit tbc terjadi karena adanya perpindahan droplet atau percikan air liur melalui aktifitas batuk, atau bersin. Masalahnya karena gejala awalnya seperti sakit biasa, mereka banyak yang tidak tahu kalau sedang terinfeksi bakteri.

Gejala:

  • 1. Batuk tak kunjung sembuh selama 2 minggu
  • 2. Dahak bercampur darah
  • 3. Demam di malam hari
  • 4. Berkeringat dingin tanpa beraktifitas berat.
  • 5. Berat badan menurun drastis

Tes:

Jika seseorang mengalami gejala di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Hal inilah yang memastikan atau menentukan seseorang terkena tb. Bisa dengan 2 cara, tempatnya pun terserah mau pilih yang gratis di puskesamas, atau berbayar seperti di klink / rumah sakit karena asalan dekat. Terserah kalian.
  • 1. Tes dahak
Metodenya dengan mengambil sampel atau contoh dari dahak kita. Biasanya nanti diberikan toples kecil yang steril, untuk kemudian diteliti di laboratorium. Proses menunggunya paling cepat 3-7 hari.
  • 2. Tes ronsen
Metode ini menggunakan cara memfoto paru-paru kita dengan sinar x. Dari sana di analisa oleh dokter ahli, ada tidaknya kerusakan/bercak, lendir yang menjadi tanda kehadiran bakteri tersebut.

Metode pertamalah yang paling valid dijadikan bukti, namun kalau ingin cepat bisa menggunakan tes ronsen. Pengalaman saya sendiri, opsi terebut dipilih karena lebih dekat, dan ingin lebih cepat memutuskan, dan menanganinya.

Mitos

1. Bisa sembuh dengan herbal
Banyak mitos tentang tbc yang sama sekali keliru, dan bahkan disebarluaskan di internet, hanya untuk menjual produk tak jelas. Anehnya banyak yang mempercayai, tanpa bukti dan dasar yang ilmiah seperti obat herbal habatusauda, rempah-remah, dan lain-lain bisa mengobati total. Di sinilah justru banyak yang terjebak. 

Akhirnya satu dua bulan kambuh, lalu sembuh semu, sampai tak sadar sudah semakin parah. Dan semakin susah untuk ditangani. Ini kata dokter yang menangani saya waktu itu, dari cerita salah satu pasien yang ditanganinya.

Sebab, sampai sekarang hanya oat yang terbukti bisa menyembuhkan total dengan presentasi keberhasilan 95%. Apa sih susahnya, kan udah gratis di puskesmas. Memang waktu pengobatannya memakan waktu 6 bulan. Namun hanya 2 bulan pertama yang rutin setiap hari. Kalau pengin sembuh masa gak mau?

Selengkapnya: Obat herbal dan Tbc
                        10 Mitos Tuberculosis

Berobat

Beberapa pasien ada yang berobat ke dokter spesialis atau pribadi, ada yang ke RS, nah saya ke pusekesmas karena gratis. Paling bayar mentok cuma 10 ribu sebagai uang pendaftaran, selebihnya kita mau tes ronsen, dahak, lalu dapat obat gratis. Kadang malah dapat subsidi susu. Sila baca berobat gratis.

Pantangan

Pantangan bagi mereka yang menderita tbc paru adalah segala makanan yang menyebabkan batuk, seperti gorengan, terlalu pedas, dan minuman yang menyebabkan gas, seperti minuman bersoda. Itu jika gejala masih parah, jika sudah reda, sekali-kali makan mie gapapa.

Agar Cepat Sembuh

tbc adalah

Perawatan penderita

Saat dikatakan harus menjalani pengobatan selama 6 bulan, ternyata yang dimaksud bukan dirawat inap. Namun minum obatnya, dan bisa dilakukan di rumah. Saat bersama keluarga, seperti ayah, ibu atau kakak, nanti akan di beritahu oleh dokter kesehatan lingkungan, gizi, sampai spesialis apa saja yang harus dilakukan untuk merawatnya, yang sebenarnya sangat sederhana, salah satunya membuka jendela setiap pagi agar terjadi pergantian udara dari kamar ke luar. Sila baca cara merawat penderita tbc di rumah.

Pertanyaan yang sering ditanyakan penderita tbc:

Studi kasus

Di bawah ini adalah pengalaman saya.
Tidak ada larangan mandi karena ini bukan penyakit kulit.
Boleh sekali-kali, asalkan berat badan sudah naik, dan gejala reda.
Boleh, asalkan tidak terlalu sering.
Boleh, kalau sekali.
Disarankan untuk membantu mengeluarkan dahak seperti lari-lari kecil.
Boleh, sekali asalkan tidak lagi nyeri, dan sesak nafas.
Disarankan setiap hari setelah makan, dan sebelum tidur. Namun jika berhubungan minum obat, sebaiknya di jeda satu atau 2 jam setelah atau sesudahnya.
Disarankan, karena untuk mengencerkan, dan membantu dahak keluar.
Dilarang, karena dada akan sakit, nyeri hingga sesak nafas.
Boleh, namun jika menyebabkan lemas. Berarti hindari dulu.
Boleh, asalkan sudah tidak batuk lagi. Namun jangan terlalu sering karena proteinnya sedikit.
Lebih tepat dihindari, terutama minyak kelapa sawit yang mengandung kolesterol tinggi berlemak jenuh. Karena memicu batuk berkepanjangan. Kalaupun telornya digoreng, sebaiknya ditiriskan dahulu dengan tisu.

Pertanyaan

Biasanya kalau rutin minum obat 2 minggu sudah mulai reda.
Kuncinya pada kedisiplinan makan berprotein secara teratur, dibarengi susu bubuk, dan tidur cukup.
Ketika tes dahak negatif, dan sudah tidak batuk atau bersin.
Boleh, namun tetap pakai masker. 
Pada awalnya seorang penderita tbc akan down, seperti dunia dah mau berakhir. Namun jika dari pihak keluarga bisa memberi semangat, dan keduanya yakin, bahwa fakta bisa sembuh. Maka menjalani pengobatan akan lebih ringan hati.

Proses Minum OAT

Setelah sembuh

Semoga bermanfaat, dan cepat sembuh seperti saya. Semangat. Salam TOSS. 👩🏼‍🤝‍🧑🏼

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli