Minum Teh Membantu Menyembuhkan Tbc

.
Penderita tbc dianjurkan dan dibolehkan minum teh terutama di pagi hari untuk membantu mengeluarkan dahak lewat batuk. Dahak tersebut adalah lendir yang menghambat kinerja paru-paru.

Dalam sebuah jurnal penelitian di China, dilakukan penelitian yang melibatkan 574 pasien tbc, dan 582 orang sehat untuk mengetahui hubungan antara penyakit ini dengan mengkonsumsi teh secara rutin dan teratur berjenis hitam, maupun hijau.

Hasilnya tidak ada dampak buruk kesehatan terhadap pasien tuberculosis. Sedangkan bagi yang sehat, membuktikan bahwa terjadi penurunan resiko tertular tb.
tbc minum teh
teh hitam

Penjelasan

Dalam uji laboratorium, ternyata selain bermanfaat untuk membantu mengobati obesitas, kardiovaskular, dan autoimun. Kandungan zat epigallocatechin-3-gallate atau disingkat EGCG yang terkandung dalam daun teh mampu menahan pertumbuhan basil yang berperan membawa protein. Serta menghambat kelangsungan bakteri tersebut dengan membatasi transaksi gen.

Teh yang paling baik adalah jenis hijau, yang dibuat dengan dikeringkan tanpa adanya proses fementasi sehingga kandungan zat polifenol di dalamnya terjaga. Adapun resiko penurunan terkena tb dengan mengkonsumsi teh, kebanyakan efektif pada orang kurus.

Manfaat teh bagi penderita tbc

1. Meredakan pilek
Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya bisa mencegah infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan flue. Akan lebih efektif lagi jika dicampur denan perasan jeruk lemon, dan madu.

2. Membantu mengeluarkan dahak
Teh hangat yang masuk ke dalam tubuh akan membantu mengencerkan dahak dan mengeluarkannya. Saya sendiri mengalaminya. Setiap kali selesai minum, dahak yang keluar bisa lebih banyak.

3. Menjaga kesehatan sendi
Zat fitokimia yang ada dalam daun teh dapat menjaga kesehatan, dan mengurangai efek samping nyeri sendi akibat efek samping oat.

4. Meringankan sakit kepala
Jika dikonsumsi dalam kondisi hangat dapat membantu membuka pori-pori, dan menghambat proses kimia penyebab pembekakan otak dengan gejala sakit kepala.

5. Anti alergi
Kandungan antihistamin yang terdapat pada teh hijau juga dapat membantu mencegah alergi yang ditimbulkan akibat oat, seperti ruam kemeraahan, dan gatal.

Pengalaman

Sebulan setelah menjalani pengobatan tb, saya dikasih sebuah brosur yang berisi tentang panduan agar cpeat sembuh. Salah satunya meminum teh hangat setiap pagi.

Saya lakukan hal tersebut, dahak terasa agak lebih encer, lalu naik ke tenggorokan menjadi seperti ada yang mengganjal, dan akhirny  keluar dengan sedikit dorongan berupa batuk.

Pilek, rasa pusing berkurang, dan lebih mudah mengeluarkan keringat.

Pada awalnya tak ada efek samping yang berarti, namun setelah lewat 2 sampai 3 bulan. Lambung terasa lemah, dan perih. Ternyata hal ini disebabkan efek samping dari zat yang ada dalam oat, yang dapat menaikan asam lambung.

Hal itu baru saya sadari saat meminum teh di pagi hari, tiba-tiba perut seperti dililit, sakit, pusing, lemah, lalu berkeringat.

Sejak saat itu, saya tidak lagi mengkonsumsinya, dan diganti dengan air hangat. Memang jika dilihat tak ada dampak negatif terhadap kesehatan terutama bakteri tuberculosis.

Namun karena asam lambung yang naik, akibat efek samping oat, mengkonsumsi teh bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Perlu dicatat! Setiap orang mengalami kondisi berbeda. Jika memang tidak menyebabkan lambung lemah. Ya boleh saja. Beberapa justru malah hanya berefek ketika minum kopi.

Kesimpulan

Penderita tbc dianjurkan dan dibolehkan minum teh hitam atau hijau, untuk membantu mengeluarkan dahak, meredakan flue, sakit kepala, dan nyeri sendi. Namun jika asam lambung naik karena pengaruh obat, dan menyebabkan lambung perih, dan lemah. Sebaiknya dihindari dan diganti dengan air putih hangat.

Referensi :
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4446809/
Diakses 17/07/2020 03:19 WIB

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu