Tbc Tidak Menular Melalui Hubungan Intim, Tapi

.
kementriankesehatan.com - Apabila ada suami yang terkena tbc, apakah bisa menular melalui hubungan intim? Jika istri menderita penyakit tbc, apakah tak apa melakukan hubungan badan? Setiap hari, dari pengamatan saya selalu ada kasus infeksi baru, dan banyak yang masih belum begitu paham tentang penyakit tersebut, jenisnya, dan bagaimana proses penularannya.
tbc menular melalui hubungan intim
ciuman
Penjelasan :
Tbc adalah penyakit yang menular melalui droplet, atau umumnya cipratan air liur akibat batuk, atau bersin. Penularan sendiri biasanya terjadi akibat kontak yang terlalu sering menghirup butiran air liur tersebut. Jadi, hubungan intim tidak menularkan tbc. Selama orang tersebut memakai masker, dan telah mandi.

Namun resiko untuk menular masih tetap ada, jika melakukan tindakan yang menyebabkan perpindahan droplet atau air liur dari yang sakit tuberculosis ke yang sehat seperti melalui ciuman.

Pada 2 minggu setelah pengobatan umumnya kandungan bakteri sudah mulai berkurang, dan pada 2 bulan setelah pengobatan, berat badan mulai naik. Di situlah, biasanya akan di adakan tes dahak pertama, untuk mengetahui perkembangan pengobatan. Positif, reaktif, atau negatif.

Sebelum melakukan hubungan intim sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu seperti:
1. Apakah sudah menjalani pengobatan selama 2 bulan, dan di tes dahak dengan hasil negatif.
Pada 2 minggu setelah pengobatan biasanya kandungan bakteri mulai menurun, dan setelah 2 bulan, terjadi penurunan yang drastis sehingga banyak pasien yang dinyatakan negatif saat melakukan uji laboratorium. Di saat inilah resiko penularannya lebih kecil.

Pada waktu ini pula, gejala seperti batuk, demam, berkeringan dingin di malam hari mulai menghilang, serta berat badan mulai naik.

2. Mengetahui kondisi kesehatan.
Jika istri yang sakit sebaiknya tanyakan dahulu, bagaimana kondisi kesehatannya apakah sudah membaik dan tidak mudah lelah. Serta jangan paksa sampai kecapean, dan perlakukan dengan lemah lembut.

Sebaiknya juga sebelum melakukan hubungan intim, istirahat terlebih dahulu, sebab jika melakukan aktifitas yang melelahkan akan menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan mempengaruhi kondisi kesehatan.

3. Melakukan ciuman.
Ciuman memiliki resiko tinggi penularan bakteri tbc karena perpindahan air liur. Pada tahap ini, tak ada yang bisa mengetahui apakah sistem imun yang terinfeksi tersebut bisa melawan jumlah bakteri yang masuk.

Saran saya bagi penderita yang memang ingin melakukan hubungan intim adalah
1. Pakai masker
Memakai masker akan mengurangi kemungkinan perpindahan droplet kepada pasangan. Sebab kita tidak tahu kapan akan batuk, atau bersin. Begitupun pasangan yang sehat sebaiknya juga pakai masker.

2. Mandi dahulu.
Droplet bisa saja menempel di area tubuh yang lain seperti, tangan. Untuk itulah perlu membersihkan diri dulu.

3. Tidak melakukan ciuman.
Karena wajib memakai masker, dan cara penularan melalui air liur maka tidak boleh melakukan adegan ciuman untuk keamanan bersama.

4. Jangan sampai kelelahan.
Penderita tbc membutuhkan istirahat, jangan sampai akitifitas tersebut sampai sangat lelah dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sebaiknya juga sebelum melakukannya istirahat terlebih dahulu.

5. Tidur dengan penderita tbc
Bakteri tuberculosis bisa bertahan di dalam udara ruangan selama berjam-jam. Untuk itulah disarankan tidak tidur bersama penderitanya dalam satu kamar, dan ruangan.

Kesimpulannya, tbc tidak menular melalui hubungan intim, namun masih memiliki resiko penularan karena adegan yang bisa menyebabkan perpindahan droplet dari penderitanya.

Apabila ingin melakukan yang lebih aman lagi, sebaiknya setelah selesai pengobatan selama minimal 6 bulan. Karena di saat itu penyakit tbc dinyatakan sembuh total, dan bakteri tbc tidak menular lagi. Sekian, semoga bermanfaat.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu