Pengalaman Makan Gorengan Saat Tbc

.
Salah satu makanan yang harus dihindari penderita tbc terutama saat awal pengobatan adalah makan gorengan. Sebab tinggi lemak jenuh, yang dapat menyebabkan batuk berkepanjangan yang berakibat pada rasa sesak nafas, nyeri dada, hingga iritasi paru.

Mengkonsumsinya secara berlebihan dan hampir setiap hari bisa memicu batuk, sehingga akan susah reda, sebab tenggorokan terasa gatal, dan ada yang mengganjal.

Memang jika dipikir, sangat sulit menghindari makanan yang tidak digoreng. Hampir semua yang dijual di warung, dan restoran mulai dari nasi, ayam, ikan, hingga sayuran sebagian besar dimasak menggunakan minyak.

Jika sudah membaik, dan gejala mulai reda, tak apa mengkonsumisnya sekali seminggu, itupun harus ditiriskan terlebih dahulu, dan minum air putih yang banyak setelahnya.

Saya sendiri tidak pernah makan nasi goreng, atau martabak telur, cemilan goreng seperti bakwan, dan lain-lain karena kandungan minyaknya yang banyak
tbc makan gorengan
contoh gorengan

Pengalaman

Ketika saya mendapatkan oat, dokter menjelaskan bahwa sejak saat saat itu saya harus menghindari segala macam makanan yang menyebabkan batuk, seperti makan gorengan. Saya pikir, lidah saya ke depan akan merasakan rasa hambar. Namun jika dingat, bukankah kita harus mengkonsumsi makanan tinggi protein dan sayuran?

Bagaimana dengan ayam, ikan, sayuran yang sebagian besar diolah dengan cara digoreng?

Dokter kemudian melanjutkan bahwa apabila memang susah, bisa menggunakan minyak yang rendah kolesterol, bahkan ada yang 0 kolesterol.

Singkatnya karena bosan makan rebusan, dicobalah untuk menggunakan yang rendah kolesterol, jujur saja baunya agak aneh, seperti ampas kelapa tua yang agak lama. Warna minyaknya lumayan jernih.

Sebotol kecil, tidak sampai 1 liter, kalau tidak salah harganya sekitar 50ribuan. Atau 5 kali lipat harga minyak goreng yang biasa kita konsumsi.

Tapi karena ingin cepat sembuh, tetap saya makan, walaupun mulut belum terbiasa dengan rasanya.

Lalu beralih ke yang 0 kolesterol. Warna minyak goreng tersebut jernih, seperti air biasa. Saya juga baru tahu ada yang seperti itu. Produk yang saya gunakan sebenarnya buatan lokal, kerja sama dengan pemerintah daerah. Saya lupa namanya karena sudah 2 tahun.

Dan sekarang saya baru tahu, bahwa sebenarnya sudah ada berbagai macam produk dari produsen terkenal yang menjual minyak goreng 0 kolesterol. Bahannya pun bervariasi dari jagung, kacang tanah, hingga kelapa.

Hal itu saya jalani dan berlangsung hingga kurang lebih 3-4 bulan pengobatan. Lama kelamaan, karena dipikir-pikir biaya habis untuk membeli daging, susu, lalu ditambah minyak yang tidak sampai satu liter 50 ribu, maka saya kembali beralih ke yang tinggi lemak jenuh. Namun tidak setiap hari, sekitar 3 hari sekali. Itupun ditiriskan cukup lama, dan setelah itu minum air putih yang banyak. Dan dengan catatan gejalanya sudah reda.

Walau demikian, kadang tenggorokan terasa gatal, dan menyebabkan batuk, barangkali karena paru-paru sedang dalam proses pemulihan, kadang masih terasa ada yang mengganjal ditenggorokan. Ditambah lemak jenuh yang dikonsumsi.

Ini juga salah satu faktor kenapa kadang masih batuk walaupun tes dahak pada bulan kedua sudah negatif? Makanya tidak saya konsumsi setiap hari.

Kesimpulan

Penderia tbc tidak boleh makan gorengan, terutama pada 2 bulan pengobatan, karena dapat menyebabkan batuk berkepanjangan, dan juga tidak baik untuk kesehatan karena menyumbat pembuluh darah.

Dalam kasus saya setelah 2-3 bulan tak apa makan gorengan, asalkan tidak terlalu sering, dan setelah itu minum air putih hangat yang banyak.

Namun perlu dicatat, setiap pasien memiliki kondisi kesehatan yang berebda, apabila batuk belum reda, masih terasa gatal di tenggorokan, sesak nafas, dan mengeluarkan darah. Tentu sangat tidak dibolehkan.

Alternatifnya, dengan menggunakan minyak goreng 0 kolseterol namun cukup mahal.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli