Makan Bakso Saat Sakit Tbc

.
Saat sakit tbc, saya makan semangkuk bakso dari warung langganan dengan sedikit sambal. Namun hanya sebagai menu tambahan, bukan menggantikan porsi makanan tinggi protein saya di siang hari.

Sebenarnya, makanan satu ini dapat memicu batuk, dan sebaiknya dihindari oleh pasien pada awal pengobatan. Terutama bagi mereka yang sensitif pada bumbu penyedap, dan minyak.

Efek samping yang bisa terjadi, meliputi rasa gatal di tenggorokan, yang menyebabkan batuk terus menerus.
tbc makan bakso
1 porsi bakso

Walaupun makan bakso diperbolehkan bagi penderita tbc, namun ada syaratnya, seperti dahak tidak bercampur darah, batuk reda, yang biasanya dialami setelah 2 bulan pengobatan oat. Batasannya seminggu, duaminggu, atau sebulan sekali.

Sebab bila terlalu sering tidak baik untuk kesehatan, karena sebenarnya nutrisinya rendah. Dalam satu porsi bakso sapi dengan mangkok ukuran sedang ternyata hanya mengandung 3,4 protein, 3,6 gram lemak, dan 2,1 gram karbohidrat.

Pengalaman

Ketika sudah merasa batuk reda, dahak tidak bercampur darah, yang di alami setelah 2 bulan pengobatan saya memberanikan diri mengkonsumsi makanan favorite saya sejak kecil ini.

Sebenarnya yang mungkin membuat kita ragu dan cukup berbahaya adalah 
  • Bahan pengawetnya yang tidak menyehatkan.
  • Micin yang bisa menyebabkan batuk
  • Minyak yang lumayan banyak pada kuah.
  • Saos atau sambal yang pedas.
  • Nutrisi yang sedikit.
Karena tenggorokan saya sejak kecil banyak mengkonsumi msg atau micin, dan menjadi senistif, maka setelah makan bakso, tenggorokan terasa gatal, dan menyebabkan batuk terus menerus.

Faktor penyebab lain karena minyak pada kuah yang cukup banyak, ditambah sambal yang lumayan pedas. Nah loh. Oleh sebab itu, saya tidak lagi mengkonsumsinya.

Setiap pasien tuberculosis memiliki kondisi kesehatan yang berbeda pada tiap pekan atau bulannya. Di saat kapan anda ingin dan makan bakso? Sebaiknya tanyakan dulu, apakah batuk sudah reda, tidak lagi keluar darah, serta nyeri dada dan sesak nafas setiap kali batuk?

Lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter yang menangangi anda dalam pengobatan tersebut. Sebab walaupun bakso tidak menyebabkan bakteri tbc ganas, namun bisa mengganggu kesehatan tubuh anda.

Kesimpulan

Penderita tbc boleh makan bakso sebab tidak berdampak pada meningkatnya bakteri dalam tubuh. Yang ditakutkan adalah menyebabkan batuk sehingga mengganggu proses pemulihan kesehatan.

Untuk itulah kenapa dibatasi karena kandungan yang terdapat di dalamnya dapat memicu batuk seperti micin, minyak, dan rasa pedas. Adapun syarat mengkonsuminya adalah gejala tuberculosis sudah reda.

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar :)

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu