Penderita Tbc Boleh Minum Air Kelapa, Asalkan

.
kementriankesehatan.com - Minum air kelapa saat sakit tbc, boleh saja asalkan batuknya sudah reda, dan di jeda 1 jam setelah minum obat. Justru kandungan nutrisi di dalamnya seperti karbohidrat yang tinggi, protein, magnesium, serat, vitamin B6 dapat membantu proses penyembuhan.

Kandungan mineral, dan elektrolitnya juga bagus untuk tubuh.

Sejauh ini belum ada penelitian yang mendalam, tentang hubungan air kelapa terhadap bakteri tb, ataupun pengaruhnya terhadap oat.

Namun karena adanya kandungan potasium yang tinggi, tidak disarankan untuk terlalu seirng meminum air kelapa, sebab dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.
"tbc boleh minum air kelapa"
air kelaopa segar

Manfaat:

1. Menaikan berat badan

Dalam satu buah kelapa, terdapat 45 kalori, dengan kandungan tertinggi ada pada, potasium, sodium, magnesium, karbohidrat, vitamin C, gula, serat dan protein sebesar 1,8 gram.
Kalori tersebut dapat membantu pasien mencukupi kebutuhan harian tubuh, sehingga membantu menaikan badan.

2. Membantu kerja otot

Potasium yang tinggi dalam air kelapa dapat membantu kinerja otot, saraf hingg jantung sehingga sel tubuh menjadi bekerja dengan baik, alhasil tubuh menjadi tidak mudah lelah, dan lemas yang sering dialami pasien tb asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Jika berlebihan, maka dapat menyebabkan otot tidak dapat bekerja dengan baik, terjepit makanya kadang ada orang yang merasa lemas setelah meminumnya.

3. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Saat sakit tuberculosis, kita membutuhkan gizi yang tinggi, dan air kelapa mengandung vitamin C, B, kalium, natrium, zat besi, fosfor serta magnesium untuk memenuhi nutrisi harian, dan menjaga kesehatan.

Pengalaman

Setelah saya menjalani pengobatan tuberculosis selama 2 bulan, ayah saya beli dua buah es kelapa dengan gula merah dan ditaruh di kulkas.

Awalnya, saya agak takut, namun karena sangat ingin sekali. Dan berfikir kelihatanya menyegarkan apalagi meminumnya ketika masih dingin di siang yang panas. 

Setelah dipertimbangan; batuk, demam, dan darah sudah reda. Saya diam-diam meminumnya. Jujur saya masih agak takut terjadi apa-apa. Namun setelah sejam. Alhamdulillah tak ada efek yang mengganggu kesehatan, dan tak menimbulkan batuk. Begitupun di hari berikutnya, dan sampai sembuh. Itupun hanya sekali.

Kesimpulan

Penderita tbc boleh minum air kelapa, asalkan tidak ada riwayat sakit ginjal terhadap pasien. Tidak dikonsumsi secara berlebih, diberi jarak satu jam setelah minum obat agar reaksi OAT bisa maksimal.

Namun saran saya sebagai mantan tb, jika belum menginjak 2 bulan pengobatan, berat badan naik, batuk reda, sebaiknya hindari dahulu terutama jika diminum dalam kondisi dingin.

Jika sudah terlanjur, lalu menyebabkan lemas, hal itu sekali lagi karena badan kelebihan potasium bukan karena bakteri menjadi ganas. Dan jika menyebabkan batuk sebaiknya hindari terlebih dahulu.

Sebab batuk yang keras dan sering dapat menyebabkan iritasi pada paru. Semoga bermanfaat.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu