Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

.
kementriankesehatan.com - Seorang penderita tbc paru disarankan untuk minum susu secara rutin karena baik untuk membantu proses penyembuhan, dan menaikan berat badan. Sebab dalam segelas susu murni mengandung vitamin D, A, protein, kalsium, lemak dan karbohidrat.

Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, kita harus mengkonsumsinya secara rutin, dan memilih jenis susu yang tinggi protein, daripada kandungan lemak, dan gulanya. Dari pengalaman saya, ada berbagai faktor dan jenis mana yang baik bagi penderita tbc paru, tergantung pada kebutuhan gizi, faktor ekonomi, namun ada juga yang sudah mendapatkan subsidi gratis dari pemerintah lewat puskesmas.
susu untuk penderita tbc
susu murni

Alasannya:

1. Menaikan berat badan.

Mengkonsumsinya secara rutin akan mencukupi kebutuhan gizi harian protein, yang membantu menambah berat badan, serta vitamin D, dan kalium untuk membantu pertumbuhan tulang.

2. Menjaga berat badan

Bisa dikonsumsi dengan praktis, tidak harus menunggu lapar. Dalam segelas susu terdapat sekitar 8 gram protein yang mencukupi 10 Kg kebutuhan berat badan kita.

3. Menjaga tidur lelap

Apabila dikonsumsi sebelum tidur, maka zat triptofan yang terkandung di dalamnya berubah menjadi hormon melatonin yang membantu tidur menjadi nyenyak.

Belum ada penelitian secara mendalam tentang susu bisa memabantu memulihkan kesehatan paru. Semua itu hanya ansumsi. Namun kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan paru. Bukan memulihkan, atau menyembuhkan penyakit tuberculosis.

Dosis

Dalam sehari kita membutuhkan sekitar 0,8 gram protein dalam setiap kg berat badan kita. Jadi misalkan berat badan kita 50 kg, maka 50 x 0,8 = 40 gram. Dalam segelas susu murni terkandung sekitar 8 gram. Jadi 8 x 5 = 40. Maka, setiap hari meminumnya 5 gelas.

Namun proetin tidak hanya didapat dari susu, bisa dengan daging ayam, atau jagung. Sehinga umumnya 2-3 gelas sehari.

Susu yang baik

Ada berbagai macam merk yang beredar di masyarakat mulai dari berbentuk bubuk, cair, hingga kalengan. Namun pada dasarnya secara gizi ada 3 macam, yaitu susu murni, rendah lemak, dan bebas lemak. Apa beda dari semua itu, dan bagusan yang mana?
susu penderita tbc
minum susu

1. Susu beruang

Atau yang biasa disebut bear brand, adalah susu murni yang diolah dengan sangat baik, yaitu menggunakan suhu panas hingga mendidih, sehingga bakteri, atau kuman yang terkandung di dalamnya mati, lalu diolah dengan teknologi canggih, dan kemasan steril. 

Oleh sebab itu, di dapatilah produk terbaik dengan kandungan vitamin, protein, kalsium, dan zat gizi maksimal.

2. Susu dancow

Setiap gelasnya mengandung 6 gram protein, yang mampu membantu memenuhi kebutuhan 7,5 kg dari berat badan anda. Saya sendiri mengkonsumsinya saat sakit hingga sembuh karena berbagai alasan yang saya ceritakan di bawah.

3. Susu Cair

Kandungan protein di dalamnya sebesar 1 gram. Sangat kecil, lebih tinggi kandungan gula 19 g, lemak jenuh 4 g, sedangkan bahan kimia seperti natrium sebesar 25 mg. Tidak direkomendasikan terutama yang juga memiliki riwayat diabetes.

Pengalaman
Saat pengobatan saya selalu mengkonsumsi susu dancow 3 kali sehari, pada pagi, siang, dan malam.
Karena tidak bisa makan banyak, dan malah mual, maka saya makan sedikit namun 4-5 kali. Setiap selesai makan selalu minum susu, jadi 4 kali. Dan segelas lagi sebelum tidur. Total 5 kali.

Alasannya pertama, karena harganya terjangkau. Waktu itu saya sudah berhenti bekerja karena sakit tbc, dan dokter menyarankan untuk rutin minum susu.

Bayangkan bila saya mengkonsumsi susu beruang atau bear brand 5 kali sehari, setiap kalengnya seharga 10ribu. Maka membutuhkann biaya 50.000. Satu bulan 1,5 juta untuk susu saja. Kalau 3 kali sehari berarti 900 ribu sebulan.

Tapi untungnya berat badan saya naik 4 Kg walaupun sedang sakit, setelah 2 bulan pengobatan.

Belum lagi saya harus mengkonsumsi protein lain seperti, daging, ikan, atau telur setiap hari. Saat itu saya sadar bahwa untuk makan makanan bergizi agar cepat sembuh membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jikalau memang ekonomi anda memadai, tak ada yang melarang. Pilihan lain seperti pasien lain, ada yang mengkonsumsinya seminggu sekali. Gimana? Sudah ada gambaran?

Berita bagus lain, sebagian ada yang mendapatkan subsidi susu dari pemerintah jika berobat di puskesmas. Namun tidak semua, tapi boleh ditanyakan kepada petugas. Jika tidak, ya berarti memang di tempat situ tak ada subsisi seperti kasus saya. Hehe. Kalau masih mampu ya gak usah minta, berikanlah kepada yang lebih membutuhkan. :)

Kesimpulan

Susu yang baik dikonsumsi untuk penderita tbc adalah susu bear brand atau beruang karena mengandung nutrisi yang tinggi. Namun untuk menaikan, dan menjaga berat badan perlu diminum secata rutin. Pilihan kedua pada susu bubuk seperti dancow. Dan pilihan terakhir susu cair, namun sangat tidak direkomendasikan terutama bagi yang juga ada riwayat diabetes karena kandungan gizi protein yang di dapat rendah yaitu sebesar 1 g, sedangkan gulanya tinggi sebesar 19 g.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu