Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

.
Susu beruang atau bear brand adalah susu murni steril yang diolah dengan suhu mendidih sehingga sangat bagus untuk membantu pemulihan penderita tbc.

Produk buatan nestle tersebut diolah dengan teknologi canggih, dan dikemas dengan bahan yang steril, sehingga di dapatilah produk susu murni modern dengan nutrisi yang terjaga.

Karena tak menggunakan bahan pengawet, makanya mudah basi. Oleh sebab itu sebaiknya segera diminum, dan dihabiskan sewaktu di buka.

Nutrisi:
Penderita tbc sarankan untuk minum susu, terutama yang memiliki protein tinggi. Contohnya dalam satu kaleng susu bear brand (189) ml, mengandung kalori sebanyak 120 kal. Dengan rincian:
  • Karbohidrat 9 gram
  • Lemak 7 gram
  • Protein 6 gram
susu beruang untuk penderita tbc
susu murni

Manfaat

Sebenarnya, susu beruang memiliki banyak manfaat untuk penyakit tbc yang sedang dalam masa pemulihan, dan pengobatan, terutama pada 2 bulan awal.

Saat itu, kita sangat memerlukan asupan protein tinggi untuk membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh, dan menaikan berat badan. Satu kaleng susu tersebut memiliki jumlah protein yang sama dengan 1 butir telur loh.

Yang dengan demikian memenuhi 7,5 KG kebutuhan harian berat badan kita.

Pengalaman

Beberapa pasien tuberculosis ada yang mengkonsumsinya sehari sekali. Satu kalengnya sekitar 10ribu. Jadi jika mengkonsumsinya selama satu bulan maka pengeluarannya sebesar 300ribu.

Saran saya sebagai orang yang sudah sembuh dari penyakit yang banyak menginfeksi paru-paru tersebut. Mengkonsumsi sehari sekali, tidak akan cukup memenuhi kebutuhan protein harian.

Waktu itu berat badan saya sekitar 51 KG, dan setiap kilogramnya membutuhkan 0,8 gram protein. Jadi 51 x 0,8 sekitar 40,8 gram.

Andaikan kita minum susu beruang sebanyak 3x dan setiap kalengnya terdapat 6 gram protein maka mendapatkan 18 gram protein kurang 22 gram lagi. Nah ini biasanya bisa tertutupi dengan makan-makanan tinggi protein lain minimal 3x sehari seperti yang disarankan oleh dokter.

Pengalaman saya sendiri minum susu setelah makan. Karena saya tidak kuat makan banyak sehingga porsinya sedikit, namun 4 kali sehari, pada pagi, siang, sore, dan malam. Jadi 4 gelas, ditambah 1 lagi sebelum tidur. Maka dalam sehari saya minum 5 gelas, dan mendapatkan 30 gram protein. Kurang 10 gram lagi.

10 gram lagi dibarengi makanan tinggi protein lain, bisa telur 3 kali maka mendapatkan 18 gram protein. Itulah rahasinya berat badan bisa naik, pengobatan tbc hanya 6 bulan. Sebab dengan banyaknya protein, maka produksi sel darah putih meningkat.

Saya sendiri sebenarnya hanya kadang minum susu beruang sekali seminggu karena mahal jika harus mengkonsumsinya 5 kali sehari. Saya lebih memilih susu bubuk yang terjangkau, proteinnya sama 6 gram.

Namun jika kalian mampu silahkan saja. Susu beruang memang bagus terutama karena tingkat sterilisasi yang terjaga dengan pengolahan pada suhu panas hingga mendidik untuk memastikan bakteri mati, lalu dikemas dengan teknologi dan bahan steril sebelum diedarkan.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu