Pengertian Sehat Jasmani dan Rohani, serta Ciri-Cirinya

.
Menurut WHO pengertian sehat adalah kondisi yang baik dari jasmani, rohani, dan sosial, bukan hanya sekedar tidak memiliki penyakit (fisik). Sebab keduanya memiliki hubungan timbal balik, saling mempengaruhi satu sama lain.

Kenapa demikian, karena telah terbukti bahwa orang yang memiliki masalah atau gangguan pada mental atau kejiwaan seperti stres dan panik mampu menurunkan sistem imun, dan mengakibatkan meningkatnya resiko penyakit pada  fisik.

Contoh lain, orang yang memiliki penyakit darah tinggi cenderung mudah marah, dan tersinggung. Mereka yang ada gangguan jantung cenderung mudah kaget atau panik.

Pengertian sehat jasmani adalah kondisi seseorang memiliki kondisi fisik yang baik, entah dari dalam tubuh seperti organ pernafasan, sistem syaraf, sistem pencernaan maupun fisik luar seperti rambut, kuku, kulit hingga kepala.

Sedangkan pengertian kesehatan rohani, adalah kondisi seseorang yang mampu menyadari, dan mengendalikan keadaan psikologisnya yang meliputi emosional, mental, dan pikiran. Bukan hanya sekadar gangguan jiwa atau gila.
sehat jasmani dan rohani

Ciri-ciri orang sehat jasmani

1. Kondisi fisik yang baik
Kulit tidak mudah alergi, seperti berbintik hingga bengkak. Rambut tidak kusut, dan mudah patah. Gigi bersih, dan tidak berlubang. Cara berjalannyapun tegak, dan kecepatannya normal sesuai dengan usia.

2. Berat badan normal
Orang yang memiliki berat badan normal atau ideal memiliki skor IMT 18,5-25. Sedangkan yang kurus kurang dari 18,5, dan yang belerbih apabila di atas 25. Cara menghitungnya.
IMT = Berat badan kita (KG)  : (Tinggi badan kita (M) x tinggi badan kita)
Contohnya saya:
IMT = 55 : (1,7x1,7)
        = 55 : 2,89 
        = 19,3
Jadi berat badan saya sudah ideal. Namun jika anda seorang binaragawan perhitungan di atas tidak berlaku ya.

Banyak kasus membuktikan bahwa ada hubungannya antara orang yang kurus atau gemuk terhadap resiko penyakit. Misalnya, mereka yang memiliki berat berlebih cenderung beresiko terkena diabetes.

3. Menerapkan PHBS
Mereka yang sehat secara jasmani dalam kesehariannya menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Menajaga makanan yang alami, memiliki nutrisi tinggi seperti protein, mengurangi minyak berlemak jenuh. Dan rajin merawat dan membersihkan diri serta lingkunganya.

Ciri-ciri orang sehat rohani

1. Mampu mengendalikan emosi

Orang tersebut memiliki kondisi psikologis yang baik, tidak mudah tersinggung, yang menyebabkan marah, dan sedih. Dan tidak berlarut di dalam perasaan tersebut.

2. Waktu istirahat yang cukup
Pada kasus orang dewasa, biasanya yang menyebabkan seseorang tidak bisa tidur karena adanya pikiran yang mengganggu, seperti keresahatan akan hari esok, atau rasa takut yang sebenarnya kebanyakan hanyalah perasaan saja dan tidak benar-benar terjadi.

3. Bisa bergaul
Umunya psikologi seseorang terbagi akan introvert, ekstrovert, dan ambivert. Nah oang yang introvert biasanya sangat pendiam dan susah bergaul.

Hal ini bisa mempengarui kesehatan mental, sebab apa-apa dipendam sendiri bahkan untuk berinteraksi dengan keluarga dan kerabat, lama kelamaan bisa menyebabkan stress, buntu hingga terfikir bunuh diri.

Orang yang sehat rohaninya, mudah dalam bergaul, dan tahu betul mana yang perlu didekati, dan dijauhi.

Menjaga tubuh sehat secara jasmani dan rohani diperlukan penerapan pola hidup bersih dan sehat, serta latihan untuk mengontrol sikap, emosi dari pengalaman seiring bertambahnya usia. 

Ketika kecil kita tidak tahu mana makanan yang sehat, hanya mengikuti ego dan lidah asalkan enak. Sedangkan ketika remaja, umumnya perubahan emosi sesorang bisa berubah dengan cepat bahkan berlarut-larut. Setelah melewati masa itu, akan diperolah kedewasaan secara psikologis, dari cara berfikir, dan bersikap.

Demikian semoga bermanfaat.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli