Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli

.

A. Pengertian.

Keperawatan merupakan suatu layanan yang diberikan oleh profesi perawat kepada seseorang, atau kelompok yang sakit maupun sehat secara fisik, psikis dan sosial. Pekerjaan profesional ini didapat setelah seseorang menuntaskan pendidikan ilmu nursing.

Pengertian keperawatan terbaru menurut pandangan para ahli mulai dari Prof. Dr. Nursalam MNurs. Robert Priharjo, Betty Newman, Imoegene King, serta organisasi kesehatan negri hingga dunia, mulai dari Depkes, Florence Nightiangel, American Nurses Association hingga WHO anatara lain:

B. Menurut Para Ahli.

  • Prof. Dr. Nursalam (2008).

Menurut seorang profesor laki-laki pertama dalam bidang keperawatan di Indonesia, pengertian keperawatan adalah bentuk pelayanan profesinoal berupa pemenuhan kebutuhan dasar, yang diberikan kepada individu yang sehat maupun sakit, yang mengalami gangguan psikis, fisik, dan sosial agar dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal. (Dikutip dari digilib.unimus.ac.id)

Bentuk pemenuhan kebutuhan dasar dapat berupa meningkatkan kemampuan yang ada pada individu, mencegah, memperbaiki, dan melakukan rehabilitasi dari keadaan yang dipersepsikan sakit oleh individu. (Dikutip dari Kementrian Kesehatan RI)

  • Lokakarya Nasioanal Tahun 1983.

Adalah pelayanan professional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio psiko sosio spiritual yang komprehensif yang ditujukan kepada individu, kelompok, dan masyarakat baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia. (id.scrib.com)
Undang-Undang Dasar (UUD) No 38 tahun 20014.

Adalah kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok baik dari keadaan sakit maupun sehat. Sedangkan menurut perawat di artikan sebagai seseorang yang telah lulus pendidikan tinggi keperawatan baik itu di dalam maupun di luar negeri yang diakui oleh pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Florence Nightingale (1860).

Seorang perawat pertama dunia, dan beperan besar dalam perkembangan ilmu keperawatan mendefinsikan keperawatan sebagai tindakan memanfaatkan kondisi pasien, untuk membantunya dalam pemulihan.

American Nurses Association (2012)Adalah dalah perlindungan, promosi, optimasi kesehatan dan kemampuan, pencegahan penyakit, serta cedera, pengentasan penderitaan melalui diagnosis, dan perawatan respon manusia dan advokasi dalam perawatan individu, keluarga, komunitas, dan kelompok.

  • Chity (1997).

Pengertian keperawatan adalah pelayanan profesional yang bersifat humanis, holism, dan care.

  • Robert Priharjo (1995).

Pengertian keperawatan adalah uatu bentuk asuhan yang ditujukan untuk kehidupan orang lain

  • Betty Newman (2012).

Adalah suatu tindakan yang membantu individu, keluarga, dan kelompok untuk mempertahankan tingkat kesehatan maksimal, dan tujuannya adalah stabilitas sistem pasien, melalui intervensi keperawatan untuk mengurangi stress.

  • Imoegene King.

Keperawatan adalah proses suatu tindakan, reaksi, dan interaksi dimana perawat dan pasien berbagi informasi tentang presepsi mereka dalam keperawatan.


Untuk keperluan pendidikan terutama tugas silakan unduh file pdf nya di bawah ini

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)