Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

.
Ketika masih menjadi penderita tbc, orangtua melarang untuk mandi terutama dengan air dingin. Padahal, sebenarnya dibolehkan oleh dokter, hanya saja untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti kedinginan, yang memicu demam tinggi. Makanya sebaiknya di hindari dulu.

Dokter yang menangani saya tak melarang, selama badan tidak ngreges atau menggigil terutama dirasakan saat kita terkena hembusan angin, atau badan terkena air. Nah, karena merasa masih tak enak badan, pada 2 bulan pertama, saya masih mandi pakai air hangat.

Salah kaprah kalau tidak boleh mandi sama sekali, sebab akan menyebabkan gatal, dan mengganggu istirahat. Ingat ya, tb meruapakan penyakit dalam yang kronis, bukan penyakit kulit, yang kebanyakan menyerang paru-paru.
tbc mandi air dingin
mandi

Alasannya

  • Bakteri tuberculosis tak ada hubungannya dengan mandi.
  • Tak menyebabkan meningkatnya perkembangan bakteri
  • Bukan penyakit kulit.
Yang menjadi pertimbangan karena dapat memicu gejala demam atau panas.

Jadi sebaiknya, apabila seorang penderita tbc masih mengalami demam, jangan mandi air dingin dulu, gunakanlah air hangat. Pengalaman saya hanya mandi 1 kali sehari. Nah setelah 2 bulan, dan gejala batuk, demam, dahak reda, saya mandi pakai air dingin.

Itupun hanya sekali sehari. Dan dalam kasus saya, tidak ada efek samping yang membahayakan bagi pasien. Kalaupun ada, itu bukan karena mandi, melainkan pasien tersebut tidak patuh minum obat, jarang bejemur, dan lain sebagainya.

Namun akan lebih baik bila menggunakan air hangat, sebab dapat membantu penderita tbc dalam melemaskan otot, sehingga dapat mengurangi kelelahan, dan meredakan flue, serta batuk.

Kalau sudah sembuhpun, mau pakai air hangat atau dingin terserah. Pasalnya tak akan menyebabkan penyakit tersebut kambuh sebab tak ada hubungannya dengan meningkatnya bakteri tuberculosis.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli