Penderita TBC Harus Istirahat Total Agar Cepat Sembuh

.
Pada pemeriksaan ronsen dan uji laboratorium sampel dahak, saya dinyatakan positif tbc, dan harus istirahat total, dan menjalani 6 bulan pengobatan berturut-turut.

Kenapa?
Bakteri tbc akan melemahkan sistem imun kita, perlahan-lahan menyebabkan badan kurus, luka di paru-paru, batuk berat, dan demam tinggi yang menganggu waktu kerja dan istirahat. Kebanyakan juga ada yang mudah lelah walaupun sekadar pergi ketoilet untuk buang air. 

Untuk itulah penderita tbc harus istirahat total untuk menjaga sistem imun yang baik, sehingga obat yang diminum bisa bekerja lebih maksimal.
penderita tbc harus istirahat total
istirahat total
Apa yang terjadi bila kita tetap bekerja saat sakit tb?
Tubuh akan mudah lelah, dan menurunkan sistem imun. Tekanan pekerjaan juga bisa menyebabkan stres dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang ditakutkan akan memudahkan bakteri untuk berkembang, atau menyebabkan obat tidak bekerja secara maksimal.

Dari segi pekerjaanpun, produktifitas tidak maksimal karena gejala batuk berat, mudah cape, pusing, hingga demam

Dahulu saya juga berfikir karir saya telah hancur karena pekerjaan hilang, namun dalam kondisi sakit, bagi saya, kesehatan yang paling penting daripada uang. Makanya saya memutuskan untuk resign dari perusahaan karena alasan sakit.

Pada bulan ke 4, batuk sudah berhenti, saya ditawari pekerjaan oleh saudara, namun saya berkonsultasi dengan dokter yang menangani. Ia menyarankan untuk menunggu sampai sembuh total terlebih dahulu. 

Karena saya ingin cepat sembuh maka saya tetap istirahat di rumah, ditakutkan saat bekerja sampai lembur, imun menurun lalu tes dahak ke dua positif dan gejala muncul kembali, sehingga pengobatan menjadi 9 bulan atau lebih

Di sisi lain jika bekerja di luar kota, konsultasi jadi susah karena tidak bisa bertatap muka. Obatpun harus di kirim, karena saya tidak mau berganti dokter, karena dialah yang memahami, dan mengontrol kondisi kesehatan saya dari awal.

Jadi saya mengurunkan niat untuk bekerja saat belum selesai pengobatan tbc. Alhasil hanya 6 bulan minum obat, sudah dinyatakan sembuh total. Dan alhamdulillah sudah kembali bekerja. Pada beberapa bulan setelah pulih, gejala kelelahan, dan asam lambung akibat efek obat  masih muncul, namun setelah lebih dari satu tahun, beberapa kali lembur. Alhamduilllah, tak ada tanda-tanda kambuh.

Kesimpulannya, pada 2 bulan pertama setelah pengobatan jika memang gejala batuk, demam, keringat dingin, dan tidak mudah lelah hilang. Boleh saja bekerja, sebab walaupun dokter saya menyarankan untuk istirahat. Keputusan diserahkan pada pasein. Karena kebutuhan ekonomi apalagi bagi mereka yang menjadi tulang punggung keluarga. Namun bekerja yang dibolehkan adalah yang tidak melelahkan, menyebabkan stres sehingga menurunkan sistem imun, serta harus istirahat cukup. 

Adapun prosedurnya dengan selalu memakai masker.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli