Manfaat Bunga Telang (Obat Herbal)

.
Bunga telang sejak dulu telah digunakan sebagai obat tradisional, dengan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kembang ini biasanya tumbuh liar di pekarangan rumah dengan warna biru tua, atau ungu dengan sedikit putih di tengah nya.

Saat ini banyak produk kesehatan, maupun perawatan kecantikan dari rambut hingga kulit yang menggunakan bunga telang sebagai bahannya. Sebab ternyata tanaman ini merupakan obat tradisional Cina yang dikenal memiliki manfaat seperti menambah daya ingat, anti stres, kesuburan, rambut rontok hingga perawatan kulit.

Salah satu produk yang terkenal adalah teh biru, atau kupu-kupu. Lalu, apa saja sih kandungan yang terdapat pada kembang yang mungkin sekarang sudah jarang kita temukan ini sehingga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.
manfaat bunga telang
convolvulus pluricaulis

Kandungan

Ternyata yang menyebabkan bunga telang ini ajaib adalah kandungan antioksidan, flavonoid, quercetin, dan peptida yang telah dilakukan penelitian bahwa zat ini mampu membantu mengatasi berbagai keluhan kesahatan tubuh.

Sedangkan flavanoid, dan quercetin telah digunakan pada produk kecantikan yang mampu menjaga, memulihkan, dan merawat kesehatan kulit dan rambut kita. Begitu kak.

Manfaat:

1. Kesehatan mata
Kandungan antioksidan yang ada pada bunga telang bernama proanthocyanidin, weh susah ya bacanya.  Zat ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Seperti contohnya penyakit glaukoma, penglihatan buram atau kabur, kerusakan retina mata, hingga mata lelah.

2. Menjaga kesehatan jantung
Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa, bunga telang mampu menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol sebesar 500mg/Kg. Itu artinya memiliki efektifitas yang sama dengan obat statin atorvastatin dan gemfibrozil sebanyak 50mg/Kg. Lebih optimal lagi jika mengkonsumsi bagian akarnya.

3. Memperbaiki dan menjaga kesehatan kulit
Antioksidan pada kembang telang ternyata mampu merangsang sintesis kolagen, serta elastin yang berperan sebagai peremajaan kulit, kerutaan hingga penuaan dini.

4. Obat Perangsang
Bahan tradisional ini juga dikenal bersifat afrodisiak, atau membangkitkan gairah terutama bagi perempuan. Salah satu tumbuhan atau tanaman afrodisiak yang dikenal sejak jaman Yunani adalah bentuknya mirip dengan alat vital. 

Bukan hanya itu, ternyata kembang ini banyak digunakan untuk mengobati masalah menstruasi, atau keputihan. Cukup membantu bagi mereka yang ingin cepat hamil, dan mengatasi masalah kesuburan.

5. Anti Depresi
Flavanoid, antosianin, dan senyawa fenolik yang mampu mengaktifkan zat antioksidan ini dapat mengurangi stres oksidatif atau rasa stres akibat tidak seimbangnya radikal bebas dalam tubuh kita. Akibatnya oksidasi sel-sel tubuh meningkat, dan menyebabkan kerusakan sel lebih banyak.

Inilah alasannya kenapa banyak orang mengatakan kalau sedih atau marah jangan kelamaan nanti cepat tua, karena dapat meningkatkan penuaan dini dengan tanda kerutan di wajah. Oksidatif.

6. Mengurangi rasa sakit
Sejak jaman dahulu, bunga telang terbukti mampu membantu mengurangi peradangan karena kandungan flavonoidnya yang efektif, dan juga dapat menghilangkan rasa sakit sebab bersifat anestesi atau penghilang rasa sakit.

7. Menyembuhkan batuk, dan pilek
Bunga telang memiliki sifat ekspektoran yang mampu merangsang pengeluaran dahak termasuk dengan menurunkan tingkat kekentalan, sehingga bermanfaat bagi yang sedang batuk ataupun pilek.

8. Mencegah HIV
Kandungan cyclotides yang terdapat pada kembang telang telah dilakukan penelitian mampu mencegah resiko HIV. Nah cylotides ini biasanya ditemukan juga pada tumbuhan, pada bagian daun.

9. Mencegah tumor dan kanker
Cylotides juga dikenal kuat mampu menggangu integritas sel, sebab bila berlebihan akan menyebabkan benjolan berupa tumor dan zat yang terdapat pada bunga telang ini ternyata juga mampu membunuh sel kanker.

10. Mengurangi demam
Bunga berawarna biru cerah hingga tua yang dari luar nampak seperti kupu-kupu ini ternyata bersifat antipretik atau obat penurun panas alami, yang juga meredakan rasa menggigil, hingga nyeri kepala.

11. Mencegah dan mengobati kebotakan
Dalam pengobatan tradisional Thailand, digunakan untuk mengobati kebotakan khususnya pada pria, dan uban rambut prematur. Kandungan antycyanin yang terdapat dalam bunga ini diyakini mampu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, lalu menopang, dan meperkuat folikel rambut.

Penelusuran ilmiah
Bunga telang liar yang kadang tumbuh di pekarangan rumah ini, walaupun sudah terkenal sejak jaman dahulu dan memiliki manfaat mampu mengobati berbagai macam penyakit, hingga untuk kecantikan diri, ternyata mendorong tenaga medis untuk melakukan penelitian lebih lanjut secara ilmiah dan modern.

Studi terkahir membuktikan bahwa bunga telang memang mampu bereaksi terhadap beberap sistem dalam tubuh antara lain :

1. Sistem penernaan
Meliputi anti mual, gangguan pencernaan dan merangsang aliran empedu dari hari.

2. Sistem pernafasan
Meliputi mengurangi iritasi dalam organ pernafasan, membantu meredakan flue, batuk hingga asma.

3. Sistem peredaran darah
Meliputi menghentikan pendarahan, dan membersihkan aliran darah.

4. Sistem reproduksi
Memabantu meningkatkan produksi sprerma secara normal, karena bersifat spermatogenik. Sehingga baik untuk kesuburan terutama kaum pria.

5. Sistem Urin
Memperlancar buang air kecil.

6. Sistem integumentary
Meliputi mencegah penuaan dini karena kandunga flavonoidnya mampu meningkatkan produksi kolagen, dan meningkatkan elastisitas kulit.

7. Meningkatkan daya ingat
Penelitian terbaru dari Tiongkok yang mengklaim bunga telang mampu meningkatkan kemampuan kognitif atau otak kita, dalam daya ingat.
manfaat kembang telang
kembang telang

Cara penyajian

1. Siapkan 10 bunga atau kembang telang baik kering maupun segar.
2. Masukan ke dalam segelas air panas
3. Tunggu selama 15 menit sampai berubah warna indigo atau kebiruan.
4. Akan lebih bagus lagi dikombinasikan dengan madu asli.
5. Jangan pakai gula karena tidak baik untuk kesehatan terutama bagi mereka yang memiliki riwayat diabetes.
6. Minum selagi hangat.

Kesimpulan 
Bunga telang yang sering tumbuh liar di sekitar rumah kita memang telah diteliti mampu memberikan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya rutin mengkonsumsi atau menggunakannya. Namun apabila sebelumnya memiliki riwayat kesehatan, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter apakah ada efek samping terhadap sakit yang dimiliki.

Sumber :
https://www.majesticherbs.com/clitoria-ternatea-blue-butterfly-pea-flowers-benefits/
Diakses 20 Juli 2020 21:17 WIB.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu