20 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan (Penelitian)

.
Buah naga yang memiliki kulit dan daging merah, dengan isi berbintik ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Buah yang banyak tumbuh di daerah tropis ini, banyak sekali disajikan dengan berbagai olahan jus, puding, hingga dimakan secara langsung. Ada yang dagingnya putih, merah, sampai kehitaman. Yang mana yang baik untuk kesehatan tubuh?

Namun tahukah kalian, takaran nutrisi dari buah naga yang biasa kita konsumsi, selain kaya akan antioksidan yang baik untuk mencegah berbagai macam penyakit. Dalam satu porsi atau 227 gramnya terdapat 136 kalori. Dengan urutan kalori tertinggi yaitu:
  • Karbohidrat
  • Magnesium
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Serat
  • Vitamin E
  • Protein
  • Polifenol
  • Karotin
  • Betacyanin
manfaat buah naga
buah naga
Walaupun tidak mengandung lemak, buah naga memiliki kandungan gula yang tinggi. Namun apabila dikonsumsi dengan porsi yang cukup, akan mendapatkan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh antara lain:

1. Menurunkan Berat Badan
Kandungan karbohidrat, dan serat merupakan kombinasi yang komplex, yang terdapat dalam buah satu ini. Penelitian selama 2 tahun dilakukan oleh Univeritas Brigham Young, kepada para wanita paruh baya. Dan hasilnya mereka yang mengkonsumi karbohidrat komplex mengalami penurunan berat badan, dibandingan dengan mereka yang mengurangi serat.
Karbohidrat yang tinggi serat seperti dalam buah naga merupakan karbohidrat komplex yang sulit dicerna oleh tubuh.
2. Menjaga Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat sebanyak 5-10 gram perhari, dapat menurunkan kolesterol sebesar 5%. Sedangkan bagi mereka yang mengkonsumsinya secara rutin dapat mengurangi resiko kolesterol yang menyebabkan penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian yang banyak terjadi di seluruh dunia. Buah naga merupakan suplemen alami vitamin C yang terbukti mampu mengurangi penyebab penyakit jantung sebesar 25 persen.
Serat jenis ini biasanya terdapat pada buah yang kaya akan karbohidrat seperti dalam buah naga.
3.  Meningkatkan dan Menjaga Mood
Makan buah naga secara teratur dapat mengurangi rasa stres, depresi, dan marah, sebab kandungan karbohidrat dapat meningkatkan serotonin, suatu zat kimia dalam otak yang baik untuk meningkatkan perasaan senang.

Kandungan magnesium di dalamnya juga telah terbukti mampu menngurangi tingkat depersi. Dalam sebuah penelitian, mengkonsumi 450 mg magenesium setiap hari sama efektifnya dengan minum obat anti depresi.
Penelitian pernah dilakukan oleh Archieve of Internal Medicine, terhadap orang-orang yang melakukan diet rendah karbohidrat dan tinggi karbohidrat seperti yang terdapat pada buah naga. Hasilnya, mereka yang sedikit makan karbo memiliki tingkat kegelisahan lebih tinggi daripada yang tinggi karbohidrat.
4.  Mencegah Stroke
Lemak yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan rersiko stroke. Buah naga sama sekali tidak mengandung lemak. Sehingga baik bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Kandungan karbohidratnya yang tinggi juga terbukti mampu mengurangi lemak di dalam perut.

Sebuah peniltian yang dibuat oleh Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa karbohidrat seperti yang terdapat pada buah naga, dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak menjadi lebih maksimal. Jika dikonsumsi 3 jam sebelum berolahraga.

Karbohidrat alami tersebut, juga tidak berdampak pada peningkatkan kadar insulin yang tinggi, yang menjadi pendorong tubuh untuk menyimpan lemak.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dewasa yang mengkonsumi karbohidrat dalam setiap makan seperti buah naga, memiliki 2,4% lemak tubuh, dan 3,6% lemak perut yang lebih sedikit dibandingan mereka makan buah rendah karbohidrat.
5. Menjaga Kesehatan
Dalam buah naga terkandung nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh antara lain, karbohidrat, vitamin C, dan E, serta magnesium yang menjadi sumber energi dalam tubuh.

Faktanya vitamin C berperan penting dalam pembentukan sel darah putih yang bertugas melindungi tubuh terhadap infeski. Mengkonsuminya secara teratur dapat meningkatkan kinerja sistem imun.
Selain karbohidrat yang terdapat pada buah naga, kandungan magnesiumnya yang mencapai 24 gram per porsinya, telah diteliti dan terbukti mampu membantu penciptaan energi, pembentukan protein, pemeliharaan gen, gerakan otot, dan regulasi sitem syaraf.

6. Mencegah Diabetes
Penderita diabetes terutama tipe 2 umumnya memiliki kadar magnesium rendah dalam darah. Hal ini dapat mengganggu kinerja insulin dalam menjaga kadar gula darah.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan rendah magnesium memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena diabetes. Oleh sebab itu buah naga merupakan pilihan tepat untuk mencegah diabetes karena tinggi kalsium.

Pengolahan yang baik dan mudah bisa dengan di blender menjadi jus tanpa menambahkan gula. Namun hal ini mungkin tidak baik bagi yang sudah terkena diabetes karena kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi.
Sebuah penelitian pernah dilakukan selama 20 tahun terhadap 4000 orang dan membuktikan bahwa orang yang mengkonsumi maknan tinggi magnesium seperti buah naga memiliki resiko 47% lebih rendah terkena diabetes.
7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Orang yang mengkonsumi makanan yang mengandung magenesium seperti buah naga, membuktikan dapat menurunkan tekanan darah sitolik dan diastolik.

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya juga terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan dengan mengkonsumi vitamin C yang ada pada makanan segar seperti buah naga, mampu mengendurkan pembuluh darah yang membawa darah ke jantung.

Namun manfaat ini tidak berlaku atau berpengaruh terhadap mereka yang memiliki tekanan darah normal.
Sebuah penelitian pernah dilakukan terhadap orang yang mengkonsumsi 450 mg magensium perhari mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan. Karena buah naga memiliki kandungan 18% dari rekomendasi kebutuhan harian yang kita konsumsi. Maka sebaiknya jangan terlalu berlebihian memakannya. 
8. Anti Peradangan dan Asam Urat
Suplemen tinggi magnesium CRP, dan penanda peradangan lainnya pada orang dewasa,yang memiliki kelebihan berat badan, dan pradiabetes. Oleh sebab itu, buah naga yang kaya akan magnesium dapat membantu mencegah peradangan.

Buah naga juga baik bagi anak-anak, sebab dengan asupan magnesium di dalamnya, dapat mencegah tingginya tingkat peradangan. Kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya juga telah diteliti mampu mengurangi asam urat dalam darah.
Orang yang memiliki tingkat magnesium rendah juga menjadi faktor penyebab peradangan kronis yang menyebabkan penuan, obesitas, dan penyakit kronis lainnya. Sebuah penelitian membuktikan bawah mengkonsumi vitamin C alami seperti yang terdapat pada buah naga mampu mengurangi resiko asam urat sebesar 44%. 
9. Mencegah Migran
Para peneliti percaya bahwa kekurangan magnesium merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala atau migran. 

Faktanya, penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi magenesium seperti buah naga dapat mencegah dan mengobati sakit kepala.
Dalam sebuah studi menunjukan bahwa suplemen yang mengandung 1 gram magenesium, membantu lebih cepat serangan migran daripada obat biasa. Oleh sebab itu mengkonsumsi obat sakit kepala, ditambah dengan buah naga merupakan kombinasi yang baik untuk mengatasi migran.
10. Membantu Mengurangi Gejala PMS
PMS merupakan gejala yang sering di alami wanita subur, meliputi kram perut, kelelahan hingga mudah marah. Nah mengkonsumsi buah naga yang kaya akan magnesium, telah terbukti mampu meningkatkan dan merbaiki mood terutama tehadap gejala PMS.
Faktanya suplemen menstruasi yang memiliki kandungan magenesium mampu memperbaik gejala PMS pada wanita. Padahal kita bisa mendapatkannya dengan mengkonsumi makanan bermagenesium salah satunya buah naga.
11. Memperlancar Sistem Pencernaan
Dalam buah naga mengandung serat sebesar 7 gram persajian. Tahukah kalian, bahwa serat ini memberi makan bakteri baik yang sebagian besar tinggal di usus.

Dengan demikian bakteri baik tersebut bisa mendapatkan energi. Dan akhirnya bisa bekerja maksimal dalam mencerna makanan. Makanya, bisa memperlancar pencernaan.
Bakteri baik yang mendapatkan nutrisi dari serat seperti pada buah naga juga memiliki banyak peran selain memperlancar sistem pencernaan, namun juga menyebabkan pengurangan peradangan usus.
12. Membantu Diet
Buah naga sama sekali tidak mengandung lemak, namun tinggi akan vitamin, dan karbohidrat. Cocok bagi mereka yang menjalani diet detoks.
Kandungan kabohidrat, serat, dan berbagai vitamin juga baik untuk memenuhi kebutuhan kalori harian bagi yang menjalani diet.
13.  Mencegah Penyakit Kronis
Buah naga memiliki kandungan antioksidan kuat yanng diperoleh dari vitamin C sebesar 9% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan per porsinya.

Antikosidan ini berfungsi melindungi sel dari molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk maka seseorang akan mengalami stress oksidatif, yang menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Kandungan vitamin Enya yang bisa didapat dalam buah naga juga berfungsi sebagai antikosidan yang efektif sebab bisa larut dalam lemak. Artinya tubuh menyimpan dan menggunakan vitamin E sesuai kebutuhan.
Sebuah penelitian menunjukan bahwa mengkonsumi banyak vitamin C, seperti yang terdapat pada buah naga dapat meningkatkan antioksidan tubuh sebesar 30%. 
14. Mencegah dan Membantu Mengobati anemia
Dalam satu porsi buah naga mengandung 8% zat besi dari rekomendasi kebutuhan harian tubuh. Zat besi inilah yang berperan membuat sel darah merah, lalu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Uniknya juga terdapat vitamin C sebesar 9%. Nah fungsi dari vitamin ini adalah memproduksi zat besi, Jadi sudah dapat zat besi, ditambah lagi vitamin yang mampu memproduksi zat besi tersebut.

Namun bukan berarti meningalkan suplemen atau obat anemia, akan lebih baik juga ikut diminum namun dibantu dengan herbal seperti buah naga yang kaya akan zat besi dan vitamin C ini.
Mengkonsumsi 100 mg vitamin C perhari dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga 67%.
15. Mengurangi Kelelahan
Orang yang mudah mengantuk, kelelahan biasanya karena kekurangan zat besi yang menjadi faktor penting dalam pembuatan hemoglobin. Buah naga yang mengandung zat besi ini apabila dimakan secara rutin dapat mengurangi rasa lelah.
Buah naga bisa menjadi makanan yang mampu membantu mengurangi kelelahan. Terutama saat setelah berolahraga.
16. Mengurangi Memar
Umumnya memar yang lama sembuh disebabkan karena pembekukan darah yang tidak maksimal. Ini disebabkan karena produksi sel darah merah yang kurang. Faktornya karena kandungan zat besi yang tidak cukup.
Buah naga, mengandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi darah merah dalam tubuh.
17. Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Otot
Karbohidrat yang tinggi di dalam buah naga ditambah protein sebesar 3 gram persaijiannya dapat membantu meningkatkan masa dan kekuatan otot.
Penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsusmi karbohidrat cukup dan tinggi protein mampu mencegah kehilangan otot ketika mengalami penurunan berat badan. Namun buah naga saja tidak cukup, harus dibarengi dengan makanan tinggi protein. Jika anda berniat menaikan berat bdan, dan rutin berakitiftas berat dan ingin meningkatkan dan menguatkan otot.
18. Menjaga Kesehatan Tulang
Dalam buah naga juga terdapat kalsium sekitar 100 gram persajian yang mampu menjaga kesehatan, dan pembentukan tulang. Selain itu kandungan proteinnya yang lebih tinggi 3 gram. Jika dimakan secara rutin di barengi makanan tinggi protein lain, dapat menjaga massa tulang dalam jangka panjang.

Hal ini sangat baik terutama bagi usia paru baya, sebab dalam jangka panjang juga mengurangi tingkat resiko osteoporisis. Dengan catatan dibarengi makanan tinggi protein lain.
Protein hewani seperti yang tedapat dalam daging memang baik, namun biasanya juga diikuti kandungan lemak, dan kolesterol yang tinggi. Untuk itulah agar tidak berlebihan bisa dibantu dengan protein nabati yang bisa didapat dalam buah naga.
19. Menjaga Berat Badan
Pengurangan berat badan biasanya disebabkan oleh konsumi protein yang rendah. Namun buah naga memiliki kandungan protein sebesar 3 gram. Itu artinya jika mengkonsuminya 3x sehari mampu memenuhi dan menjaga 33 Kg berat badan kita.
Apabila kita kekurangan protein, maka bisa menurunkan berat badan yang cukup drastis.
20. Menjaga Kesehatan Ginjal
Buah yang mengandung karbohidrat berperan dapat membantu detoksifikasi atau pemberishan racun dalam tubuh. Kandungan karbohidratnya yang mencapai 29 gram persajian, ditambah protein sebanyak 3 gram.

Hal ini efektif pada orang yang memiliki ginjal sehat. Namun mungkin berdampak buruk pada mereka yang memiliki sakit ginjal.
Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumi makanan tinggi protein berdampak buruk terhadap mereka yang memilikir riwayat penyakit ginjal. Namun tidak ada hubungannya bagi mereka yang sehat.
Cara penyajian
Pilihlah buah naga dengan daging berwarna kemerahan. Sebab warna terseeut merupakan tanda akan kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi, terutama vitamin C.

1. Dimakan secara langsung dengan dikupas dahulu. Lalu dipotong kecil-kecil sebagai makanan penutup.
2. Dibuat jus dengan diblender tanpa tambahan gula. Pemanis boleh dengan tambahan madu asli.
manfaat buah naga
buah naga merah
Kesimpulan
Buah naga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kaya akan karbohidrat, vitamin C, E, magnesium, zat besi, serat, protein. Manfaatnya bisa dirasakan apabila dimakan secara rutin, dan sesuai porsi atau tidak berlebihan.

Bisa diolah dengan dijus, atau disajikan biasa seperti makan buah lain. Sebaiknya jangan tambahkan gula sebab sebenarnya sudah mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

Namun untuk lebih baik lagi, apabila sebelumnya memiliki riwayat penyakit lain, konsultasikan dahulu dengan dokter. Terutama bagi mereka yang memiliki riawayat diabetes, ataupun penyakit ginjal.
Semoga bermanfaat.

Sumber :
https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-magnesium-benefits
https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits
https://www.verywellhealth.com/iron-supplements-benefits-4178814
https://www.healthline.com/health/all-about-vitamin-e
Diakses tanggal 19 Juli 2020

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli