Tbc Tidak Menular Lagi, Setelah 2 Bulan Pengobatan

.
kementriankesehatan.com - Jika ada keluarga yang terkena tbc dan kita satu rumah dengannya, kapan penyakit tbc tidak menular lagi, sehingga membolehkan kontak fisik, seperti tidur, ciuman, atau melakukan hubungan intim dengan pasien? Seperti apa resiko penularan bila pasien sedang dalam pengobatan, atau malah baru sembuh?
kapan tbc tidak menular lagi
jabat tangan
Tuberculosis merupakan penyakit berbahaya dengan penularan yang cepat, yaitu melalui droplet atau cipratan dahak dan air liur yang keluar melalui aktifitas batuk, atau bersin. Droplet tersebut bisa bertahan di dalam udara terutama suhu kamar selama berjam-jam.

Resiko penularan pasien tbc dari yang masih dalam proses pengobatan, sampai sudah sembuh:
Pertama:
2 minggu setelah pengobatan bakteri tbc biasanya mulai melemah ditandai dengan sudah meredanya batuk, demam, dan nyeri dada. Di saat ini resiko penularan sebenarnya mulai berkurang namun masih tetap bisa menularkan.

Oleh karena itu, hindari kontak fisik yang berlebihan, jaga jarak aman, dan penderita, atau keluarga yang merawat wajib pake masker.

Kedua:
2 bulan setelah minum obat, berat badan mulai naik, dan bakteri tbc sudah menurun drastis, bahkan banyak pasien yang mendapatkan hasil negatif dari uji dahak di laboratorium. Kemungkinan tertularpun sangat kecil. Namun bukan berarti tidak ada sama sekali, bakteri tuberculosis kemunginan masih ada hanya sangat kecil sehingga tidak terbaca oleh alat.

Oleh sebab itu pengobatan di lanjutkan sampai 6 bulan secara rutin, untuk mencegah perkembang biakan bakteri yang cepat. Tes di lakukan kembali pada bulan ke 4, lalu ke 6. Di tes ketiga kalinya barulah kita dinayatakan sembuh atau masih melanjutkan minum obat kembali.

Ketiga:
Pada tahap ini, pasien dinyatakan sembuh total dari tbc dan tidak menular lagi. Namun ada salah satu pasien yang masih tetap menggunakan masker, karena sensitif terhadap asap rokok yang menyebabkan sesak nafas, dan debu yang menyebabkan bersin. Baru melepas masker setelah 3 bulan, setelah sembuh.

Kesimpulannya, kemungkinan terjadi penularan bakteri tuberculosis pada pasien yang telah minum obat selama 2 minggu, atau 2 bulan sangat kecil. Namun masih berpotensi menularkan.

Tbc tidak menular lagi setelah dinyatakan sembuh total melalui uji dahak ke 3 di laboratorium yang biasanya setelah melakukan  pengobatan selama 6 bulan / lebih bagi penderita tahap 1.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu