Berjemur Dapat Mempercepat Penyembuhan Tbc

.
Berjemur di pagi hari di bawah sinar matahari, ternyata dapat membantu mempercepat penyembuhan bagi penderita tbc, dan mengurangi efek samping obat. Kulit yang terkena sinar matahari akan menyerap, dan menyaring sinar ultraviolet lalu mengubah kolesterol yang ada dalam tubuh menjadi vitamin D. 

Selain vitamin D, sinar matahari juga bermanfaat membantu tubuh dalam penyerapan kalsium. Sehingga membantu perawatan, pembentukan, dan menjaga kesehatan tulang.

Banyak pasien yang mengalami rasa nyeri tulang khususnya bagian punggung, tangan, dan kaki. Hal ini merupakan efek samping dari zat dalam oat yang meningkatkan kadar asam urat.
pendeirta tbc berjemur
berjemur

Alasan

1. Membunuh bakteri
Dalam suhu kamar sekitar 20-25 derajat celcius, bakteri tbc bisa bertahan selama berjam-jam. Untuk itulah dokter menyarankan membuka pintu kamar setiap hari, agar terjadi pergantian udara, dan agar bakteri tersebut tidak bisa bertahan lama saat terkana sinar matahari.

2. Mengurangi nyeri akibat efek samping obat
Kandungan pyrazinamid dalam OAT memiliki efek samping meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, yang mengakibatkan rasa nyeri pada persendian tulang. Paling banyak pada punggung.

Namun saat kita terpapar sinar matahari, maka akan lebih banyak vitamin D yang didapat, serta penyerapan kalsium bisa lebih maksimal. Sehingga rasa nyeri tersebut bisa berkurang. Coba deh. Ntar pasti tahu sendiri.

3. Meningkatkan kualitas tidur
Apabila mata terkena sinar matahari, maka mampu membantu meningkatkan produsksi hormon melatonin yang menyebabkan rasa ngantuk. Saat malam tiba, tubuh akan memberikan respon rasa lelah, dan hormon mengantuk akan bekerja. Tidur menjadi lebih mudah, dan lelap.
 
4. Meningkatkan sistem imun
Sel darah putih yang menjadi sistem imun kita meningkat jika terkena sinar matahari. Itulah kenapa bisa membantu mengembalikan, memperbaiki, dan membantu proses penyembuhan.

5. Meredakan flue
Saat sakit tuberculosis, barangkali saya pasien yang memiliki riwayat flue lama Terutama saat cuaca dingin pada pukul 3-5 pagi. Selau bersin, dan pilek.

Namun saat saya berjemur, cairan yang ada di dalam hidung akan terpapar sinar matahari, perlahan-lahan lendir terebut akan mencair dan rongga hidung tidak lagi tertutup. Untuk bernafaspun jadi lega. Coba deh kalau kalian flue, rajinlah berjemur.

Faktor lain karena dengan meningkatnya kinerja sel darah putih akibat rajin berjemur, pilek akan lebih cepat sembuh.
pendeirta tbc berjemur
matahari

Pengalaman

Awalnya saya tidak terlalu peduli dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 7-10 siang. Saat masih terasa hangat, pengubahan kolesterol menjadi vitamin D akibat sinar ultraviolet yang disaring lewat pori-pori kulit lebih maksimal.

Minggu pertama, saya hanya melakukan sekitar 5 menit, kadang kelewat satu dua hari karena malas, yang penting, pikir saya tidak lupa minum obat. Namun lama-kelamaan terutama setelah 2 minggu pengobatan tulang punggung terasa nyeri pada saat bangun tidur, dan di sore hari, saat beberapa jam minum obat.

Ternyata, hal itu karena efek samping kandungan pyrazinamid, yang dapat meningkatkan asam urat. Oleh sebab itu terasa nyeri, pada persendian. Kadang malah ngilu di bagian punggung, tangan hingga kaki.

Ketika saya tanya ada pasien lain, juga mengalami hal yang serupa. Lalu saya mencoba berjemur sekitar pukul 8 selama kurang lebih 15 menit. Entah kenapa badan terasa nyaman, tulang-tulang saya terasa segar, dan rasa nyeri sedikit demi sedikit hilang.

Ketika suatu waktu, saya kesiangan, alhasil tidak berjemur. Sorenya setelah minum obat. Tulang punggung, tangan, dan kaki sakit semua. Saya pikir, mungkin, karena tidak berjemur.

Setelah bertanya pada dokter. Ternyata berjemur dilakukan selain untuk menjaga kesehatan, dengan memperoleh vitamn D, juga untuk mengurangi efek samping obat berupa kenaikan asam urat.

Setelah itu, walaupun kesiangan, saya tetap berjemur. Minimal 5 menit karena sangat panas. Bahkan setelah sembuh, saya masih menyempatkan diri berjemur dua atau tiga hari sekali. Sebab untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi flue atau pilek.

Kesimpulan

Berjemur merupakan salah satu cara untuk membantu mempercepat penyembuhan pada penderita tbc, karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga, merawat, kesehatan tulang, meredakan flue, dan membunuh bakteri yang menempel apabila dilakukan secara rutin dan teratur.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli