Batuk TBC Reda dalam 2 Minggu, dan Sembuh Selama 2 Bulan Pengobatan

.
kementriankesehatan.com - Batuk tbc biasanya mulai reda pada 2 minggu pengobatan, dan akan sembuh selama 2 bulan pengobatan. Hal ini karena bakteri tuberculosis mulai berkurang karena OAT. Namun bilamana masih juga batuk, mungkin ada berbagai faktor lain dari segi makanan yang dikonsumi penderita misal gorengan atau makanan berminyak, atau terlalu pedas.

Pengalaman saya sebagai mantan tb.
Pada 2 minggu pertama, batuk semakin parah, mungkin karena efek obat yang sedang berjuang melawan bakteri. Hampir setiap tengah malam, tak henti batuk. Apalagi waktu itu dahak keluar darah pekat, kental dan kehitaman. Kadang di sertai rasa pusing, nyeri hingga sesak nafas.
berapa lama batuk tbc sembuh
batuk tbc
Batuk kembali di rasakan setelah bangun tidur, ditambah juga keluar darah. Jika sama seperti yang saya rasakan. Tenang saja, sebab batuk dan keluarnya dahak adalah sebuah reflek atau proses alami tubuh karena kamasukan benda asing dalam hal ini bakteri.

2 Minggu kemudian, atau 1 bulan pengobatan, sudah mulai agak reda, namun masih keluar dahak disertai darah. Lebih parah lagi, saat batuk kering, sebab rasa nyeri dada, dan sesak nafas sangat terasa. Pada waktu itu saya tidak meminum obat herbal, karena sebenarnya dalam OAT tersebut sudah terkandung zat yang dapat meringankan batuk.

Setelah 2 bulan kemudian, batuk mulai reda, dan bisa dikatakan sembuh. Hal yang menyebabkan batuk biasanya karena ada yang mengganjal di tenggorokan karena faktor makanan seperti gorengan, atau sambal yang terlalu pedas, serta kurang minum air putih.

Uniknya selama itu saya tak pernah minum obat batuk cair, karena sebelum tahu terkena tbc saya sudah tiga kali ganti merek, dan habis berbotol-botol obat, tak ada yang ampuh.

Jika kalian sudah jalan pengobatan lebih dari 2 bulan, namun masih saja batuk. Perlu diperhatikan apakah makanan yang dikonsumi berminyak, atau terlalu pedas? Apakah karena faktor lain seperti sensitif terhadap asap rokok atau debu? Atau karena tenggorokan kering sebab kurang minum, Jika tidak, biasanya dokter akan merekomendasikan obat batuk cair tambahan untuk membantu meringankannya.

Kesimpulan:
Lamanya batuk seorang penderita tbc tergantung dari seberapa parah pasien tersebut saat mulai berobat, dan juga tergantung dari seberapa patuh penderita tersebut dalam hal makanan yang dianjurkan, dilarang, dan kepatuhan minum obat.

Saya, dan sebagian besar pasien juga kadang batuk,  walaupun sudah menjalani pengobatan selama 6 bulan, dan dinyatakan sembuh. Tidak serta merta penyakit tersebut kambuh. Selama tidak berlangsung terus menerus selama 2 minggu disertai demam di malam hari, tidak memiliki dahak berwarna, tidak berdarah, dan tidak menyebabkan berat badan turun. Tak masalah, sebab merupakan penyakit yang biasa selama bukan karena bakteri tuberculosis.

Akhir kata, batuk tbc tidak bisa disembuhkan dengan obat biasa yang berbentuk cair. Sebab, penyebabnya adalah bakteri tuberculosis bukan kebanyakan minum es. Meminumnya tanpa OAT justru malah akan memperparah, karena pada hakikatnya penderita tb aktif, pertanda sistem imun telah lemah, dan bakteri dengan mudah berkembang.

Terimakasih, semangat ya. Semoga cepat sembuh.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli