2 Minggu Minum Obat Tbc, Kemungkinan Menular Kecil

.
kementriankesehatan.com - Pengobatan tuberculosis minimal 6 bulan, dan pada 2-4 minggu setelah minum obat, bakteri tbc mulai melemah, dan kemungkinan menularnya kecil. Ditandai dengan batuk, dahak, darah, serta nyeri dada yang mulai reda.

Proses penularan tbc terjadi melalui droplet atau cipratan air liur atau dahak dari pasien yang mengandung bakteri tuberculosis, yang dibawah oleh udara melalu aktifitas seperti batuk atau bersin.
2 minggu pengobatan tbc
masker penderita tbc
Resiko kemunginan tbc menular setelah 2 minggu melakukan pengobatan sangat kecil, jika kita menerapkan prosedur kesehatannya, seperti selalu memakai masker, berjemur di pagi hari, menjemur tempat tempat tidur setiap minggu, mencuci seprai, membuka jendela kamar setiap pagi untuk pergantian udara baru sebab bakteri tbc bisa bertahan berjam-jam di udara terutama pada suhu kamar.

Walaupun demikian, dari pengalaman saya pribadi, kita tidak boleh menganggap enteng, sebab walaupun sudah 2 bulan minum obat dan dinyatakan negatif, kita tetap harus pakai masker, karena masih ada kemungkinan terdapat bakteri. Karena sangat sedikit maka tidak terbaca oleh alat.

Oleh sebab itu, keluarga yang merawat tidak perlu takut dengan menjauhi pasien, dan memperlakukannya dengan tidak layak. Kita tetap menjaga jarak, namun tidak usah menunjukan kesan sangat takut karena hal itu bisa membuat penderita sedih dan stress.

Alhadmulillah selama 6 bulan pengobatan, tidak ada keluarga saya yang tertular. Pada 2 minggu pengobatan memang awal penyesuaian, sebab mereka masih takut, lebih takut lagi saya sebagai orang yang terinfeksi karena darah yang selalu keluar setiap batuk di pagi hari, pusing, lemas, demam tinggi di subuh hari yang menyebabkan tak bisa tidur.

Namun lama kelamaan, terutama setelah 2 bulan pengobatan, berat badan mulai naik, dan agak mendingan, keluargapun sudah terbiasa merawat saya terlebih sudah tidak batuk darah, dan demam.

Kesimpulannya, entah berapa lama pengobatan selama belum dinyatakan sembuh total, penderita wajib memakai masker di luar ataupun di dalam rumah jika ada keluarga lain, demi kenyamanan dan keamanan bersama.

Adapun selama 2 minggu pengobatan, bakteri tetap ada dan beresiko bisa menular, hanya saja kadarnya sedikit sehingga kemungkinan menyebabkan yang sehat menjadi sakit, cukup kecil. Kecuali ada faktor lain, seperti sistem imunnya sedang lemah akibat kelelahan, stres atau makanan tidak bergizi.

Keluarga sayapun di 2 minggu pertama merawat saya dengan menggunakan masker. Baru setelah 2 bulan mereka melepas masker, dan hanya saya yang memakainya karena takut menulari keluarga terutama ibu.

Dari tahun 2018 kemarin sampai sekarang. Alhamdulillah semua keluarga sehat, tak ada yang tertular oleh saya. :)

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli