Penderita Tbc Bisa Gemuk Asalkan

.
Seorang penderita atau mantan tbc bisa gemuk asalkan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan bergizi, minum susu berprotein, dan istirahat yang cukup secara rutin. Walapun sedang terinfeksi bakteri, selama ia minum obat, maka rata-rata setelah menjalani 2 bulan pengobatan, berat badan mulai bertambah.

Hal itu menandakan bahwa bakteri sudah mulai berkurang, dan sistem imun mulai membaik. Jika  berat badan justru malah berkurang barangkali ada yang kurang tepat dengan pola makan, istirahat, dan pola hidupnya.

Memang beberapa pasien ada yang sejak awal sudah kurus seperti saya, adapula yang gemuk, lalu menjadi cungkring. Bagi yang susah menggemukan badan, dari pengalaman sendiri saat sakit tbc, dalam dua bulan hanya naik 4 Kg. Itu artinya setiap bulan hanya bertambah 2 Kg. Namun permanen.

Lalu bagaimana caranya agar seorang penderita tbc bisa gemuk atau minimal mengembalikan BB seperti dahulu lagi?


Prinsipnya sederhana, seorang penderita atau mantan tbc akan gemuk dengan tanda bertambahnya berat badan jika mengkonsumi makanan yang sesuai atau melebihi angka kebutuhan gizi harian sebesar 0,8 gram per Kgnya. Jadi misalkan BB kita 40 Kg. Maka dikali 0,8 membutuhkan 32 gram.

apakah tbc bisa gemuk

Makanan

Beberapa makanan dan minuman tinggi protein dari hewani dan nabati yang bisa membantu untuk menggemukan badan bagi penderita tbc antara lain :
  • 1. Susu (6 gram protein)
  • 2. Telur (6 gram protein)
  • 3. Tempe (7 gram protein)
  • 4. Tahu  (7 gram protein)
Karena kita membutuhkan 32 gram, misalkan dibagi 6 dari setiap lauk atau minuman di atas maka memerlukan 5,3 porsi.

Kita bisa mengkomibinasikan dalam pola makan dan minum sehari-hari seperti:
  • 1. Sarapan menggunakan telur
Karena menghindari hal yang memicu batuk, sebaiknya jangan gunakan minyak berlemak jenuh, bisa yang 0 kolesterol, atau paling murah , dimasak dengan direbus.
  • 2. Makan siang menggunakan tempe
Bisa dengan direbus atau dibikin bacem.
  • 3. Makan malam dengan lauk tahu.
  • 4. Minum susu 3 kali
Susu yang disarankan yang bubuk, bisa dancow fortigo karena proteinya 6 gram. Jika susu kental manis, kandunganya 1 gram, dan malah tinggi gulanya.
Diminum setelah sarapan, makan siang, dan makan malam atau menjelang tidur.

Buah

apakah tbc bisa gemuk

Jadi protein yang dibutuhkan tubuh perharinya tercukupi, ditambah dengan karbohidrat yang didapat lewat nasi. Untuk lebih membantu lagi bisa dibarengi makan buah-buahan yang berkarbohidrat atau protein tinggi setelah makan seperti:
  • 1. Pisang (2 gram protein)
Saya selalu makan pisang, setelah makan karena simpel namun mengandung protein dan karbohidrat yang membantu penggemukan, dan di Afrika sana pisang merupakan makanan pokok, layaknya nasi. Kita bisa mendapatkan tambahan 2 gram protein, dan 24 gram karbohidrat.

Setiap hari saya mengkonsumsi 1 buah pisang setelah makan.
  • 2. Jagung rebus (3,2 gram protein)
Kandungan 1 buah jagung rebus sebesar 3 gram protein, dan 18 gram karbohidrat. Saya sendiri, mengkonsumsinya 2-3 hari sekali.

Bagi beberapa penderita tbc akan cepat gemuk dengan cara di atas jika dilakukan secara teratur, namun bagi mereka yang susah gemuk seperti saya memang butuh waktu, dan kesabaran. Jika ingin naik 10 Kg. Berarti harus menerapkan pola makan di atas selama kurang lebih 5 bulan. 

Namun perlu diingat, hal di atas akan kurang efektif jika, pasien atau mantan tbc, juga menerapkan pola hidup tidak sehat seperti:
  • 1. Begadang
  • 2. Kurang minum air putih 8 liter perhari.
  • 3. Sering beraktifitas berat
  • 4. Banyak mengkonsumsi makanan rendah gizi seperti mie, atau camilan ringan.
  • 5. Minum alkohol

Jadi pola makan, atau lauk penderita tbc agar bisa atau cepat gemuk antara lain.
  • Nasi dengan telur, 1 buah pisang, ditambah minum susu.
  • Nasi dengan tempe 1 buah pisang, ditambah minum susu.
  • Nasi dengan tahu, 1 buah jagung atau pisang ditambah minum susu.
Setiap hari mengkonsumsi pola makan di atas kalau memang penderita tbc mau gemuk. Jika bosan bisa divariasikan dengan daging ayam, atau sapi, atau telurnya jadi 2 kali sehari.

Dengan cara di atas, kita mendapatkan asupan gizi karbohidrat, dan protein secara seimbang mulai dari hewani, dan nabati. Yang paling membantu proses di atas secara sederhana adalah minum susunya sebanyak 3x atau lebih dan buah sebagai penyeimbang. Jadi jangan sampai dihilangkan ya.

Hal di atas sudah saya praktekan, dan terbukti, silakan coba. Bandingan BB sebelum melakukan hal di atas, dengan sebulan kemudian setelah melakukan hal di atas. Jika ingin sampai gemuk, silakan lanjutkan.

Memang terlihat sederhana, dan mudah, tapi memerlukan kedisiplinan dalam pola makan. Semangat semoga segera menyusul untuk sembuh seperti yang lain.


Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu