10 Manfaat Melakukan Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh Kita

.
kementriankesehatan.com - Senam irama disebut juga senam ritmik adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan irama, atau ritme, diiringi musik, dengan menggabungkan unsur senam, balet, tarian atau alat tertentu yang biasanya dilakukan berkelompok dari anak-anak hingga orang dewasa. Pada prinsipnya senam irama melatih berbagai jenis ketangkasan, seperti kekuatan, kelenturan, keseimbangan, dan kekompakan. Yang beberapa di antaranya apabila melakukannya secara rutin, akan memberikan manfaat menjaga kesehatan tubuh kita.

Oleh karena manfaatnya tersebut, senam irama atau ritmik sudah dibiasakan sejak duduk di sekolah dasar. Dahulu seminggu sekali ketika masih duduk di sekolah dasar, ada waktu senam, yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 1-6, waktu itu masih jaman tape reccorder dengan radio.

Siswa kelas 5-6 biasanya berada paling depan, di teras depan kelas sebab mereka sudah hafal, sedangkan yang lain berada di halaman mengikuti di belakangnya. Dulu saya hanya tahu kalau hal itu menyenangkan, belum tahu kalau hal itu memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Adapun manfaat melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh kita adalah mengurangi tingkat cidera, mencegah penyakit, melenturkan tubuh, tulang kuat dan sehat, kesehatan mental, peningkatan konsentrasi, peningkatkan reflek, dan pengembangan kekuatan, dan kedisiplinan.
Manfaat Melakukan Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh Kita Adalah

1. Mengurangi tingkat cedera

Kelenturan adalah kemampuan yang harus dilatih dalam senam irama atau ritmik, apabila melakukan secara rutin maka tubuh akan lentur. Tubuh yang lentur dapat mengurangi tingkat cedera, atau sakit pada persendian karena pergeseran yang tidak disengaja atau berlebihan.

Kebiasaan gerak akibat senam juga mencegah terjadinya cedera akibat kurang olahraga. Umunya oranag yang kurang olahraga akan merasakan ngilu sakit pada persendian kaki terutama saat bangun tidur, atau setelah duduk lama.

2. Mencegah penyakit

Senam irama atau ritmik merupakan salah satu olahraga yang tidak berat, namun banyak gerak, sehingga menyebabkan keluar cukup banyak keringat. Dari keringat ini ikut keluar toksin atau zat yang tidak diperlukan tubuh yang dapat menyebabkan penyakit

Selain itu, olahraga rutin seperti senam telah terbukti mampu mencegah penyakit asma, obesitas, kanker, diabetes, dan jantung.

3. Menjaga kesehatan tubuh

Kebiasaan melakukan senam irama akan mendorong pola hidup sehat seperti makan-makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan minum air putih yang cukup, sehingga secara tidak langsung membantu menjaga kesehatan tubuh.

4. Melatih kekuatan tulang, dan kesehatannya

Gerakan yang ada pada senam irama melatih beban tulang, dan kekuatan tulang. Apabila melakukan senam ritmik pada saat masih anak-anak, dan kemudian menjadikan kebiasaan, dapat memabantu mencegah osteoporosis di masa tua. Sebab setiap tahun umumnya, seseorang akan mengalami pengurangan masa tulang.

5. Kesehatan mental

Sebuah penelitian yang dilaukan oleh sekolah kedokteran Robert Wood Johnson mengungkapkan bahwa nak-anak yang mengikuti senam irama atau ritmik memiliki perasaan harga diri yang tinggi. Harga diri yang tinggi akan memicu tingkat kepercayaan diri.

Anak yang memiliki kepercayaan diri, menandakan memiliki sosialisasi yang cukup. Yang pada akhirnya membantu meningkatkan kesehatan mental sang anak agar tidak minder, atau pemalu.

6. Meningkatkan konsentrasi

Otak yang sehat pada prinsipnya memiliki konsenttrasi yang baik. Senam irama yang menggunakan musik, serta hitungan yang akan melatih kinerja otak untuk melakukan gerakan tertentu pada hitungan sekian, sehingga melatih konsentrasi.

7. Melatih daya ingat

Kebanyakan senam irama, memiliki banyak sekali gerakan, dan musik yang bisa berbeda. Apabila dilakukan secara rutin, terutama pada awal, akan memancing daya ingat seseorang. Sebab otak akan menghapal gerakan tertentu di waktu tertentu dan dalam waktu tertentu. 

8. Melatih reflek

Beberapa gerakan pada senam irama terkadang hampir tanpa jeda, atau hanya dijeda beberapa detik untuk istirahat lalu lanjut lagi. Hal ini akan melatih gerakan tubuh terhadap reflek musi, atau bagi yang baru ikut biasanya akan reflek mengikuti depannya atau pemandu senam. Hal ini juga berlaku pada gerakan reflek terhadap bahaya yang mengancam kesehatan seperti apabila ada kendaraan yang rem blong yang akan mengarah padanya.

Karena kebiasaan reflek gerak, ia akan segera menghindar berbeda dengan yang jarang olahraga, baisany akan lambat dalam merespon.

9. Menurunkan berat badan

Senam irama melakukan banyak gerakan, dengan waktu yang cukup lama sekitar 30 menit, keringat yang keluar juga cukiup banyak, artinya terjadi pembakaran lemak dan kadar air yang berkurang. Hal ini dapat menurunkan berat badan, bagi yang obesitas, atau yang ingin memiliki tubuh langsing.

Olehsebab itu, banyak perkumpulan ibu-ibu yang melakukan senam sekitara seminggu atau 2 minggu sekali pada hari libur, seperti di balai desa, pusekesmas, kantor kepala desa, dan sebagainya.

10. Kebiasaan sehat untuk masa depan

Melakukan senam irama atau ritmik sejak anak-anak, akan mendorong orang melakukan kebiasaan olahraga di masa depan. Artinya secara tidak langsung akan membantu melatih seseorang untuk menjaga pola hidup sehat dengan olahraga.

Senam irama atau ritmik memiliki banyak kesehatan bagi tubuh ababila melakukan-nya secara rutin, oleh sebab itulah kebiasaan senam tersebut telah diajarkan atau dimulai sejak masih anak, di sekolah dasar, dan manfaat kesehatan lain seperti menurunkan berat badan juga baik khususnya untuk perempuan.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu