Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

.
Bolehkah penderita tbc minum susu?
kementriankesehatan.com  - Penderita tbc boleh minum susu, dan malah diharuskan. Sebab susu mengandung protein yang dapat membantu menaikan berat badan bagi penderita tbc. Beberapa teman kita ada yang mendapatkan susu gratis saat berobat di puskesmas, entah sampai sembuh atau hanya 2 bulan saya kurang tahu.

Namun saat saya berobat, tidak dikasih susu. Saya pun tidak mempermasalahkan. Mungkin memang di puskesmas tempat saya berobat tidak mendapatkan jatah subsisi susu gratis bagi penderita tbc oleh pemerintah, atau hanya kriteria tertentu yang mendapatkan susu gratis?.

Selama 6 bulan pengobatan saya selalu minum susu. Malah pada 2 bulan pengobatan saat mengkonsumsi obat berawarna merah sebesar kacang itu, saya meminum susu 3-5 kali sehari. 

Pertama, pagi hari sebelum makan, lalu kedua pada pagi hari sekitar pukul 10 setelah makan, ketiga setelah makan siang, keempat setelah makan malam, dan kelima sebelum tidur.

Oleh sebab itu, walaupun terkena tbc, berat badan saya naik 4 KG, pada 2 bulan pertama, walaupun ada faktor lainnya juga yang ikut berperan. Padahal saya termasuk orang yang kurus, dan susah sekali untuk menaikan berat badan.

Bagaimana bila minum susu sebelum atau sesudah minum oat (Obat Anti TBC)?
Dulu karena cara mengkonsumsi obatnya, harus sebelum makan. Jadi karena saya sok tahu dan keras kepala, saya pikir “tak baik, bila minum obat saat perut kosong, minum susu dulu tak apalah. Kan dokternya bilang tidak boleh makan, kalau minum susu berarti boleh.” Hal ini berlangsung selama kurang lebih 2 bulan pengobatan.

Sampai seorang teman mengatakan kalau ia meminum obat setelah makan walaupun di jeda selama 1 jam. Eh, ternyata tiap orang berbeda-beda, mungkin beberapa orang yang memiliki riwayat asam lambung, atau maag harus makan dahulu sebelum mengkonsumsi obat.

Nah ada seorang yang mengatakan bahwa itu tak apa, karena telah dijeda 1 jam, dan makanan tersebut telah dicerna tubuh. Sehingga tidak mengganggu pencernaan/penyerapan terhadap obat, atau efektivitas terhadap manfaat obat.

Tapi saya sudah terlanjur mengkonsumsi obat sebelum minum susu dan cuma dijeda beberapa menit atau malah langsung minum obat. Apa saya harus mengulang?, pertanyaan itu yang membuat saya hamper stress, saya bahkan lemes duluan karena bila hal itu benar, berarti saya harus mengulang 2 bulan lagi.

Namun setelah pengobatan 2 bulan selesai, dan tes dahak ternyata hasilnya negative. Saya senang sekali waktu itu, berarti saya tidak harus mengulang, karena obatnya efektive. Sebab dokter mengatakan seharusnya dan biasanya setelah 2 bulan pengobatan sudah negative.
Namun bukan berarti saya melanjutkan lagi minum susu sebelum minum obat. Sejak itu, karena saya sudah tahu, saya tidak lagi melakukannya. Sebelum minum obat saya hanya minum air putih, dan untuk memudahkan mengkonsumsinya dibantu dengan 1 buah pisang.

Dampak atau efeksamping minum obat tbc sebelum atau setelah minum susu:
1. Mengahalangi kinerja obat.
2. Menyebabkan efektivitas obat tidak maksimal.
3. Mengganggu tubuh dalam proses penyerapan obat.
Kenapa obat tbc tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan susu?
Hal ini karena obat tbc termasuk dalam golongan antibiotik. Jika obat tersebut golongan anti-inflamasi justru malah disarankan dengan susu, karena membantu kinerja obat.

Susu apa yang baik untuk penderita tbc?
"tbc boleh minum susu"
Kalau saya sendiri minum susu dancow bubuk. Saya tidak terlalu suka yang berbentuk cair karena kandungan gula yang tinggi yang tidak baik apalagi saya mengkonsumsinya 3-5 kali sehari. 

Bayangkan bila satu gelas 1 sendok. Jadi 5 sendok gula setiap hari hanya untuk susu. Walaupun minum susu bubuk, saya sekarang tidak memakai gula sedikitpun, karena bila takarannya sampai 1/3 gelas, minimal ¼ gelas kecil dengan air panas yang tidak berlebihan sudah cukup manis. Bukan karena saya kena diabetes, hanya karena tidak suka yang terlalu manis, dan sebagai upaya menjaga kesehatan saja.

Sedangkan yang mendapatkan susu gratis, itu bukan dancow, saya lupa mereknya. Nah sebenarnya susu yang baik karena steril dari kuman, dan memiliki manfaat kesehatan menurut penelitian, dan berbagai testimoni itu susu beruang atau bear brand. Namun bila dihitung, bagi saya terbilang mahal sebab sejauh yang saya tahu yang beredar di pasaran itu berbentuk jadi/cair, dalam botol kaleng seharga 8rb. Bayangkan bila saya mengkonsumsi 5 botol perhari, maka perlu 40rb sehari untuk susu saja.
Kesimpulan:
Penderita tbc boleh, dan diharuskan minum susu karena termasuk dalam salah satu jenis minuman yang kaya akan protein, susu juga dipercaya mampu membantu meregenerasi jaringan paru yang rusak. Namun penderita tbc tidak boleh mengkonsumsi susu sebelum atau setelah minum obat dengan jarak kurang dari 1 jam karena mengganggu efektivitas obat.
Semoga bermanfaat. Semangat!

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu