Apakah Tbc Boleh Minum Kopi? (Pengalaman Pribadi)

.
Apakah tbc boleh minum kopi?
kementriankesehatan.com - Pada 2 bulan pengobatan tbc, saya sempat minum kopi, karena sebenarnya kata dokter boleh selama tidak terlalu sering. Sebab biar seenak apapun, kopi dapat menyebabkan batuk, dada berdebar, kadang efeknya menyebabkan dada terasa sakit.
Salah satu efek minum obat oat adalah asam lambung naik, jadi minum kopi bisa menyebabkan perut perih. Apalagi bagi mereka yang juga memiliki riwayat maag. Sebaiknya jangan dahulu.

Saya sendiri, sempat beberapa kali meminum kopi di 2 bulan pengobatan tbc, dan hal itu memicu batuk. Karena itu, saya mulai menguranginya perlahan, dan meninggalkannya karena rasa perih di perut yang luar biasa, dengan pusing hebat, dan keringat dingin yang terus keluar.

Apa kata dokter?
Dokter yang menangani saya memang mengatakan penderita tbc boleh minum kopi, namun jangan terlalu sering, dan akan lebih baik tidak minum kopi dahulu sampai pengobatan selesai. Pernyataan ini tidak bisa disamaratakan pada setiap pasien, bagi yang memiliki riwayat maag, atau asam lambung biasanya tidak boleh minum kopi.

Bagaimana dengan saya?
Saat pengobatan:
Sejak saya tahu bahwa kopi dapat menyebabkan jantung berdebar, dada sakit, nyeri, dan perih di perut. Saya sudah tidak lagi mengkonsumsi kopi sampai pengobatan selesai. Sebab setiap kali minum kopi tenggorokan terasa ada yang mengganjal, dan itu menyebabkan batuk. 

Setelah sembuh:
Saya hampir tiap hari minum kopi, yang berbentuk saset atau kemasan, seperti kopi kapal api. Sempat beberapa kali minum kopi robusta di kedai seperti Tana Karo, atau Gayo, dan entah kenapa di dada terasa sakit, berdebar, dan perut perih, pusing, dan keluar keringat dingin. Ya mungkin tidak selalu, namun sering mengalami perut perih setiap minum kopi jenis itu, saya juga tidak tahu kenapa, kemungkinan karena kandungan asam yang tinggi. Jadi saya beralih ke kopi kemasan. Efek yang ditimbulkan bisa berbeda pada setiap orang tergantung kondisi kesehatan penderita tbc itu sendiri, apakah memiliki riwayat asam lambung atau maag, atau bagaimana kondisi paru-parunya.

Setiap hari saya mengkonsumsi 2 kali. Pada sore dan malam. Dan pada awalnya dada masih terasa berdebar, dan kadang nyeri. Namun lama kelamaan efek samping itu hilang.

Bagaimana dengan orang lain?
Beberapa teman kita ada yang mengatakan bahwa sehari bisa minum 3-5 gelas kopi, karena kalau belum minum kopi terasa lemas, dan mungkin malas berativitas. Ada yang malah mengkonsumsi es kopi cappuccino cincau. Sebagian ada yang tidak suka kopi, jadi tidak masalah boleh atau tidak boleh. Sebagian yang mengalami riwayat maag, dan asam lambung tidak mengkonsumsinya, karena walaupun ia belum kena tbc, ia dilarang minum kopi.

Tips: 
"penderita tbc boleh minum kopi"
Bagi yang ingin mengkonsumsi kopi, namun ragu karena masih dalam masa pengobatan, sebaiknya jangan dahulu sampai 2 bulan pengobatan pertama selesai. Nah kalau mau coba, cobalah satu gelas, apabila tak menyebabkan dada khususnya paru-paru sakit, dan perut perih, terasa pusing, dan terus berkeringat karena asam lambung akibat mengkonsumsi obat naik. Sebaiknya berhenti minum kopi.
Apabila tidak ada efek samping yang membahayakan, jangan lupa sehabis minum kopi juga minum air putih yang cukup untuk menetralisir.

Bahaya kopi?
Selain itu, mungkin Anda perlu mempertimbangkan efek samping atau bahaya kopi untuk kesehatan:
1. Menaikan asam lambung. Inilah sebabnya perut terasa mual, dan kadang perih.
2. Menaikan detak jantung, inilah alasan kenapa detak jantung berdebar kencang saat minum kopi.
3. Gangguan pencernaan. Itulah sebabnya kenapa kadang, termasuk saya lambung terasa perih, dan kadang sakit, dan seringnya mules.

Kesimpulan:
Penderita tbc boleh minum kopi, asalkan jangan berlebihan, dan ia tidak memiliki riwayat penyakit asam lambung dan maag.

Demkian, semoga bermanfaat, dan cepat sembuh. Salam TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) TBC.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu