Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

.
kementriankesehatan.com - Pada dua bulan pengobatan tbc, ayah saya membeli 2 buah es kelapa muda, dimasukan di dalam kulkas. Melihat itu saya jadi ingin minum es, namun kemudian terpikir kalau waktu itu sedang sakit tbc. Lama saya terdiam karena ragu, dan setelah diingat kembali, dokter tak mengatakan bahwa apakah penderita tbc boleh minum es. Karena saya pikir itu hanya sekali, jadi saya nekad minum es kelapa muda tersebut.

Saya minum es tersebut sampai habis, rasanya segar sekali, karena biar bagaimanapun itu kelapa muda yang dicampur dengan gula merah, dan pasnya siang hari, sedang hawa gerah. Dan setelah meminumnya, tak ada efek samping yang membahayakan, dan sebenarnya, menurut dokter tak ada larangan minum es kelapa muda.

Pernah juga ada yang tanya, bolehkah saat masih pengobatan minum es cappuccino cincau ? Soalnya saya suka banget es cappuccino cincau.
Sebagian para pendeirta tbc menjawab boleh asalkan jangan berlebihan. Kenapa? Nanti saya jelaskan.

Sejauh yang saya tahu, dokter hanya mengatakaan kalau kita tidak boleh minum soda. Artinya selama es tersebut bukan jenis soda tak masalah.
Pertanyaanya, kenapa tidak boleh minum soda? Saya kurang tahu pasti. namun yang jelas, saat saya sakit, pada minggu pertama, setelah didiagnosis, artinya sebelum pengobatan dimulai, saya sempat minum es bersoda (saya belum tahu tidak boleh), dan efeknya dada terasa ada yang menusuk-nusuk, dan perih, jadi tidak saya habisakan. Singkatnya, minuman soda memiliki efek pada paru-paru kita yang sakit.
"tbc boleh minum es"
Walaupun tbc boleh minum es selain jenis soda, namun ada efek samping yang ditimbulkan, yaitu:
1. Batuk
Ya, es memang menjadi salah satu penyebab orang batuk yang mungkin banyak dialami orang.
Padahal dokter, menyarankan untuk menjauhi segala hal yang dapat menyebabkan batuk.
Artinya: kalau minum es sekali seminggu atau duaminggu, hal itu tidak menyebabkan batuk. Dan yang menyebabkan batuk itu minum es setiap hari. Itu dilarang karena dapat menyebabkan batuk.
2. Flu
Biar bagaimanapun, flu sangat mengganggu, karena saat sakit tbc kita saja sudah agak susah nafas atau sesak nafas apalagi bila ditambah dengan flu yang menyumbat hidung. Rasanya mengganggu pernafasan kita yang sedang kesusahan.
3. Bersin
Nah biasanya para pendrita tbc termasuk saya, jadi sensitif, untuk hawa dingin di pagi hari, kadang sampai bersin-bersin, apabila kita banyak minum es juga bisa menyebabkan bersin.
Baca ya:
Kesimpulannya :
Tbc boleh saja minum es, selama itu bukan jenis soda, dan frekuensi minumnya tidak berlebihan atau setiap hari. Sayapun waktu itu bisa dibilang jarang minum es. Paling 2 minggu sekali. Karena memang aslinya tidak terlalu suka es.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli