Penderita Tbc Boleh Makan Pedas, Asalkan

.
kementriankesehatan.com - Makanan pedas boleh dikonsumsi penderita tbc selama tidak berlebihan, banyak minyak, dan menyebabkan batuk pada pasien. Biasanya tidak dilarang setelah 2 bulan pengobatan, agar obat bisa bekerja maksimal untuk mempercepat proses penyembuhan.

Setiap penderita tuberculosis memiliki kondisi kesehatan yang berbeda, jadi tidak semua orang disamakan. Jika memang kondisi parah maka harus dihindari, namun bila tidak, tak apa, asal jangan memakan pedas setiap hari. Sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter yang menangani yang sudah memahami kondisi kesehatan anda.
"penderita tbc boleh makan pedas"
makanan pedas
Salah satu alasan kenapa tidak diperbolehkan karena terdapat kandungan kapsaisin yang bisa membakar, menyebabkan rasa panas selain di mulut juga di dalam tubuh. Jika dihirup akan menimbulkan rasa susah bernafas (tandanya kepedesan), tidak nyaman, batuk hingga iritasi.

1. Makanan pedas menimbulkan batuk.
Pada kondisi sakit tuberculosis, terjadi luka di paru-paru karena infeksi bakteri. Dari pengalaman saya sendiri, sangat sensitif terhadap cabai.

Pernah dua tiga kali, makan pedas, dan timbul batuk yang cukup keras dan menggangu. Batuk yang ditimbulkan pun berdampak pada rasa nyeri dada, dan sesak nafas padahal saya baru mulai makan sambal setelah 2 bulan pengobatan.

Sejak saat itu saya mengkonsumsinya tidak secara berlebihan.

2. Makanan pedas mengandung minyak
Kebanyakan sambal diolah dengan cara digoreng terlebih dahulu. Kandungan kapsaisin ditambah minyak merupakan kombinasi yang memicu batuk berlebih, dan berkepanjangan.

Bagaimana dengan saya?

Dokter yang menangani saya, mengatakan boleh makan pedas. Asalkan gejala tuberculosis yang dialami sudah reda seperti batuk, gatal di tenggorokan, demam tinggi, keringat dingin, sakit lambung.

Ia melanjutkan untuk melihat dahulu perkembangan kondisi kesehatan saya apakah membaik, atau tidak ada perubahan selama 2 bulan. Kalau membaik silahkan asal jangan berlebihan, atau setiap hari,  dan tidak terlalu banyak minyak.

Kenapa di awal pengobatan dilarang?

Karena di situlah pasien mengalami gejala batuk keras, bayangkan bila dibantu dengan makanan pedas yang bisa memicu batuk tersebut? Saya sendiri, saat batuk, sangat menyika, selalu terasa nyeri, sesak nafas, apalagi waktu itu masih terus keluar dahak bercampur darah.

Goncangan batuk keras dan lama juga memungkinan paru-paru iritasi.

Bagaimana makanan pedas yang diperbolehkan untuk pasien tb?

Dari pengalaman saya, setelah 3 bulan pengobatan, sejujurnya saya hampir tiap hari makan sambal, namun tidak berlebihan, dan itupun batuk, dan nyeri dada sudah reda.
1. Tidak banyak minyak.
2. Tidak berlebihan.
3. Bukan saos.

Makanan pedas yang tidak diperbolehkan

1. Nasi goreng
Karena ada berbagai faktor lain yang menyebabkan batuk selain cabai, yaitu kandungan minyak yang banyak, dan merica.
2. Oseng pedas baik lauk atau sayur mayur.
Alasannya sama seperti yang ada di atas.
3. Saos
Hal ini karena rendahnya nutrisi yang di dapat daripada manfaatnya, ditambah bahan kimia yang terkadanung di dalamnya.

Kesimpulannya:

Pada intinya makan pedas dilarang karena dapat menimbulkan batuk yang menyiksa pasien, dan menggangu proses penyembuhan.

Sama sekali tidak mengkonsumi pedas merupakan pilihan pertama dan terbaik, karena menghindari penyebab batuk.

Dari kasus saya, dokter membolehkan setelah 2 bulan pengobatan, beberapa pasien yang juga ada yang dibolehlan selama tidak berlebihan, dengan syarat pasien tidak lagi batuk, keluar darah, nyeri dada, perut perih akibat efek obat.

Sebelum memutuskan untuk melakukannya sebaiknya berkonsulatasi ke dokter yang menangi anda selama ini.

Semoga cepat sembuh. Salam mantan tbc 2018.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu