Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan, Benarkah Bisa Mengobati Asma?

.

Apa itu kumis kucing?

kementriankesehatan.com - Saat mengikuti kegiatan pramuka, dari sekolah dasar, hingga SMA, saya sering mendengar pembimbing mengatakan bahwa ada banyak sekali tanaman obat di lingkungan sekitar rumah, salah satunya tumbuhan kumis kucing yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan karena sifat diuretik, anti-inflamasi/peradangan, dan anti-hipertensi/tekanan darah tingginya selain bisa mengobati asma, juga dapat membantu menghilangkan gejala rematik, dan asam urat. Saat ini ada berbagai macam bentuk olahan dari tanaman kumis kucing yang memudahkan dalam mengkonsumsi sebagai obat herbal: teh daun kering, esktrak, hingga kapsul. Berikut manfaat kumis kucing untuk kesehatan:
"manfaat kumis kucing untuk kesehatan"
source: pixabay

Manfaat kumis kucing:

  • Mengobati gangguan pernafasan
Saat masih sekolah dasar, tetangga saya memiliki sebuah tanaman kumis kucing di kebun, ia lalu bercerita bahwa tanaman itu bisa digunakan sebagai obat asma. Tak ada kejelasan zat apa yang bisa menyebabkan penyakit yang identik dengan sesak nafas itu sembuh. Mungkin ia juga diceritakan oleh orang, yang mengkonsumsinya secara rutin, artinya itu sebuah pengalaman. Pertanyaannya:
1. Apakah selain mengkonsumsi tanaman obat itu, dia mengkonsumsi obat lain?
2. Apakah memang benar, tanaman ini yang mengobatinya, zat apakah yang bisa mengobatinya, dan apakah ada penelitian yang telah menyatakan demikian?
3. Apakah penyakit itu benar-benar sembuh, atau hanya gejalanya saja yang berkurang?
Sampai saat ini, setahu saya belum ada kepastian apakah kumis kucing terbukti secara ilmiah mengobati asma. Hal itu masih sebatas katanya, dan dipercaya.
  • Tekanan darah tinggi
Sifat anti-peradangan dan anti-oksidan karena kandungan zat kimia methylripariochromene pada tanaman kumis kucing secara teroritis mampu mengurangi tekanan darah sistolik. Namun belum ada penelitian lebih mendalam/khusus anatara tumbuhan kumis kucing terhadap hewan atau mansuisa. Artinya ini merupakan alternatif pengobatan, dan seeprti kebanyakan obat herbal perubahan akan terasa apabil dikonsumsi secara rutin, dan teratur.
  • Antijamur
Tanaman kumis kucing memiliki sifat anti-jamur, karena terdapat beberapa senyawa yang mampu mencegah pertumbuhan penyakit dan insang asing dalam tubuh, dengan cara memotong rantai nutrisi ke jamur. Hal ini tentu bisa mencegah penyakit infeksi.
  • Sifat Diuretik
Yang dimaksud diuretik adalah zat yang dapat meningkatkan aliran urin, dalam kumis kucing zat tersebut anatara lain sinensetin dan tetramethoxy flavones yang bekerja melemaskan otot-otot dinidng pembuluh internal.
  • Menyembuhkan masalah kandung kemih
Kumis kucing bekerja dengan membersihkan traktat, dan memudahkan sistem tubuh, yang berdampak mencegah, dan mengobati infeksi pada kandung kemih.
  • Gangguan ginjal
Kumis kucing juga dikenal di masyarakat Jawa dapat menghilagkan batu ginjal hingga 5 CM, hal ini telah dibuktikan lewat beberapa penelitian klinis. Teh kumis kucing ini bisa mengobati infeksi ginjal, infesikandung kemih, dan seirng buang air kecil.

  • Detoksifikasi
Teh kumis kucing telah dikunakan sejak lama, karena bersifat membersihkan tubuh dari racun, atau benda asing karena sifat antijamur, antibakteri dan antioksidannya.

  • Mengatur gula darah
Beberapa penelitian ilmiah menunjukan bahwa kumis kucing cukup efektive dalam mengatur gula darah, yang bermanfaat untuk mengobati diabetes. Namun penggunaan obat utama kumis kucing untuk mengobati diabetes perlu berkonsutasi dengan dokter, begitupun bila dijadikan sebagai obat alternatif.
  • Penurunan berat badan
Beberapa produk kumis kucing dari teh, pil dan ekstrak menyebutkan mampu menurunkan berat badan, namun tak ada penelitian yang membuktikannya, dan ini hanya sebatas dipercaya.

  • Mengobati masalah gusi
Beberapa menyebutkan kumis kucing mampu mengobati gusi bengkak, tak ada peneltian yang mendukungnya namun mungkin sifat pemberihnya mampu menjaga kebersihan mulut.

  • Antibakteri
Senyawa fenol, dan asam caffenic mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Jadi bisa diterpkan pada kulit untuk luka, memar dan berbagai infeksi lain.

  • Mengobati asam urat
Kandungan flavanoid, dan asam alami mampu mengurangi rasa sakit yang mampu mengurangi rasa sakit akibat radang sendi pada asam urat. Hal ini hanya sebatas mengruangi gejala, namun tidak mengurangi kandungan asam urat.

Kesimpulan

Kumis kucing merupakan tanaman hias yang biasa tumbuh di pekarangan rumah, dan memiliki manfaat bagi kesehatan.
referensi: organicdelivery. Organis Misai Kuching Tea 16x3g. 08-02-2019. 11:39 W.I.B.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli