Wah! Ternyata Kayu Cendana Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

.

Tentang

kementriankesehatan.com - Kayu cendana memiliki banyak manfaat karena memiliki sifat antiseptic, antiinflamasi, antiphlogistic, antispasdomic, astringent, cictrizant, karminatif, diuretik, desinfektan, emolien, hipotensi, ekspetoran, penambah daya ingat, tonik, dan penenang.
Sehingga banyak produk menggunakan kayu cendana untuk digunakan sebagai obat-obatan, perawatan kulit, dan kecantikan, penyegar mulut, penyegar ruangan, deodoran, parfum, sabun, lotion hingga cream. Dan yang penyebab kayu cendana wangi adalah dua komponen aktive, alfa dan beta sntanol.
Pemanfaat kayu cendana agar dapat memiliki manfaat kesehatan biasanya dijadikan dalam bentuk minyak, melalui proses penyulingan uap kayu yang berusia 40-80 tahun, semakin tua, semakin banyak minyak, dan kuat aromanya.
Kayu cendana berasal dari India, dan di sanalah yang memiliki kualtias bagus, namun harganya mahal, karena sangat langka, dan hampir punah, sedangkan yang banyak diguanakan dari Autralia, sedangkan di Indonesia banyak ditemukan, dan dihasilan dari daerah NTT.

Manfaat

"manfaat kayu cendana untuk kesehatan"
source: pixabay

1. Antiseptik
Minyak maupun pasta kayu cendana sangat efektif digunakan sebagai antiinflamasi/radang. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Journal of Herbmed Pharmacology, kayu cendana memilik efek pendinginan yang baik, dan membantu dalam semua jenis peradangan di otak, sistem pencernaan, saraf, peredaran darah, demam, efeksamping antibiotik, keracunan, gigitan seranggga, luka hingga infeksi.
2. Menyembuhkan kejang
Minyak kayu cendana dapat membantu menyembuhkan kejang. Sebuah peneltian yang dilakukkan oleh Departemen Biologi, Universitas Florida dan lainnya, miyak kayu cendana dapat melemaskan otot, pembuluh darah yang dapat mengakhiri kejang atau kontraksi. Sehingga bisa juga digunakan untuk kram, nyeri, dan batuk.
3. Memperkuat otot, gusi dan kulit.
Sebuah penelian pada tahun 2010, mengungkapkan bahwa minyak kayu cendana memiliki sifat astrigent, yang berarti bermanfaat sebagai desinfektan,  sehingga bermanfat untuk memperkuat gusi, otot hingga kulit.
4. Mengobati luka dan bintik pada kulit
Minyak kayu cendana telah digunakan lama sebagai penenang kulit, yang membantu mempercepat penyembuhan luka, dan bintik. Seakarang ini banyak produk dari sabun, lotion, hingga krim perawatan yang menggunakan kayu cendana.
5. Relaksasi
Minyak kayu cendana memiliki sifat relaksasi, yang menyebabkan rasa rilek pada usus, dan otot perut sehingga memperlancar pengeluaran gas.
6. Memperlancar buang air
Minyak kayu cendana memiliki sifat relaksasi dan antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan pada sistem urin, hal ini menyebabkan bersifat diuretik atau mampu membuang kelebuhan garam dan air. Alhasil buang air besar ataupun kecil jadi lebih mudah, dan teratur.
7. Mencegah infeksi
Salah satu yang paling dikenal dari kayu cendana karena bersifat disinfektan, atau bisa mencegah infeksi dengan cara menjaga mikroba dan serangga kecil, maka tak heran sejak dahulu sering digunakan untuk dupa, semprotan. Sebuah studi pada tahun 2017, oleh Jurnal International Ilmu Farmasi, mengungkapkan bahwa minyak ini disinfektan terhadap selaput lendir, genator, urinaria, dan bronkial. Biasanya bisa dicampur ke dalam bak mandi, dengan menteteskannya, atau mengoleskannya. Selain itu, ternyata juga aman apabila dicampur dengan minumam seperti susu untuk menyembuhkan infeksi dalam tubuh, seperti tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus, dan saluran pembuangan.
8. Perawatan kulit
Minyak kayu cendana dapat menyembuhkan iritasi dan peradangan. Penelitian yang dilakukan oleh Corey Levansons, menyatakan bahwa minyak kayu cendana cukup efektif untuk mengobati jerawat, hingga kutil.
9. Mengobati batuk
Karena minyak kayu cendana bersifat ekspetoran, atau meredakan lendir, dan membantu pengeluaran dahak, sehingga bisa mengobati batuk. Banyak obat batuk yang menggunakan sifat ekpetoran di apotik
10. Menurunkan tekanan darah
Minyak kayu cendana yang dijadikan campuran pada susu, dapat mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi.
11. Antidepresan
Minyak kayu cendana bersifat sedatif, yang artinya menenangkan kecemasan, stress, ketakutan hingga kegelisahan.
12. Tonik/cairan kesehatan
Minyak kayu cendana juga baik untuk tonik kesehatan terutama bagi anak karena dapat menenangkan lambung, peredaran darah, sistem pencernaan, sistem saraf, 
13. Meningkatkan konsentrasi
Karena minyak kayu cendana bersifat menenangkan  dan mendinginkan otak, maka bisa meningkatkan konsentrasi.
14. Deodoran
Beberapa orang, dan produk menggunakan kayu cendana untuk deodoran, dengan harapan menghilangkan bau badan.
15. Aromaterapi
Di India, dan berbagai rittual kepercayaan, seprti doa, dan meditasi kayu cendana banyak dijadikan dupa. Menurut sebuah penelitian, minyak kayu cendana dapat meningkatkan suasana hati, dan perhatian/konsentrasi yang artinya bereperan sebagai aromaterapi.
16. Meningkatkan gairah
Suatu pengobatan tradisional yang dilakukan praktisi ayuverdic menggunakna minyak kayu cendana untuk meningkatkan libido, dan membantu mengobati imotensi pada pria. Caranya bisa dengan menggunakan beberapa tetes dan dioleskan sebagai minyak urut.
17.  Mengobati pilek
Minyak kayu cendana dapat meredakan selaput lendir, dan mengeluarkan dahak yang aryinya bisa memabantu penyembuhan pilek. Caranya bisa dnegan menambahkan beberapa tetes minak ke pada tisu untuk dihirup.
18.Mencegah kanker kulit
Sebuah studi yang diujicobakan pada hewan menunjukan bahwa komponen aktive dari kayu cendana yaitu alfa santalol, dapat mencegah kanker kulit akibat dari induksi senyawa kimia lain.
19.Parfum badan
Minyak cendana apabila dikombinasikan dengan minyak lain bisa menjadi parfum yang memiliki aroma kejantanan.
20. Mencegah ketombe
Karena bersifat antiinflamasi, dan antiseptik yang dapat mencegah ketombe, dan penyakit dikulit kepala. Caranya bisa menjadikan kayu cendana sebagai kondisioner rambut.
Efeksamping: Tidak ada efek samping yang parah apabila digunakan dalam batas wajar, dan selama tidak digunakan dalam kondisi mentah pada kulit. Oleh karena itu saat digunakan pada kulit harus dicampur dengan minyak lain. Efek samping ringan biasanya hanya berupa iritasi kecil. Untuk itu gunakanlah sedikit dahulu sebagai ujicoba pada kulit seperti tangan.
Peringatan: Minyak cendana tidak boleh digunakan secara internal/diminum oleh orang yang memiliki penyakit ginjal, bayi, dan anak-anak. Namun kalau untuk penggunaan luar, seperti kulit boleh. Dan apabila sedang hamil, menyusui, atau sedang meminum obat lain sebaiknya konsultasikan pada dokter.
Semoga bermanfaat.
reference: (1) organicfacts. 15 Amazing Benfits of Sandwood Essential Oil. 17-02-2019 13:54 WIB. (2) draxe. Sandalwood Essential Oil Benefits$ Uses. 17-02-2019. 15:12 WIB.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli