Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan, ASI Banyak

.

Tentang?

kementriankesehatan.com - Jantung pisang yang sering digunakan sebagai sayuran lodeh ini rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mencegah infeksi, mengurangi pendarahan akibat menstruasi dan sebagainya. Pohon pisang merupakan tumbuhan serbaguna, sebab hampir semua bagiannya seperti buah, batang, daun, hingga bunganya bisa dimanfaatkan. Di Indonesia, dan Asia Tenggara jantung pisang difungsikan sebagai sayuran, maka tak jarang tersedia berbagai macam olahan mulai dari ditumis, lodeh, hingga sambel. Berikut manfaat jantung pisang untuk kesehatan:
"Manfaat Bunga Pisang Untuk Kesehatan"
source: pxhere

Manfaat: 

Dalam 100 gram jantung pisang terdapat 51 kkal, yang terdiri dari:
- 1.6g protein
- 0,6g lemak
- 9,9g karbohidrat
- 5.7 serat
- 56 mg kalsium
- 73,4 fosfor
- 56,4 mg zat besi
- 13 mg tembaga
- 553,3 mg kalium
- 48, 7 mg magnesium
- 1,07 mg vitamin
Manfaat jantung pisang bagi kesehatan anatara lain:
  • Mencegah infeksi
Kandungan zat etanol dalam jantung pisang dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen, seeperti bacillus subtalis, bacillus cereus, escherechia coli. Sedangkan menurut penelitian jantung pisang juga bisa menghambat pertumbuhan parasit malaria plasmodium falciparum.
Keterangan : Hanya sedikit yang melakukan penelitian bahwa bunga pisang bisa menghambat pertumbuhan parasit malaria, sehingga tak ada kepastian, pembenaran, valid, klaim dari organisasi kesehatan. Artinya masih berupa semacam tesis.
  • Menangkal radikal bebas
Ekstrak metanol yang terdapat pada jantung pisang memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, yang menjadi penyebab kerusakan tubuh, penuan dini dan pertumbuhan sel kanker. Sehingga jantung pisang juga bisa digunakan sebagai suplemen herbal kesehatan.
Keterangan : Sifat antioksidan yang terdapat pada jantung pisanglah yang mencegah kanker, dan penuaan dini.
  • Mengurangi pendarahan akibat menstruasi
Beberapa wanita mengalami rasa sakit yang tak wajar saat menstruasi atau PMS parah, sedangkan yang lain mengalami pendarahan berlebih. Mengkonsumsi daun pisang secara rutin dipercaya bisa meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh dan mengurangi pendarahan.
Keterangan: Hal ini hanya sebatas dipercaya, atau pengalaman seseorang. Namun untuk penelitian serius secara khusus mengenai ini belum dilakukan.
  • Membantu penyembuhan diabaetes, dan anemia
Jantung pisang dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Namun efek hiplogemik yang dimiliki daun pisang ini belum dibuktikan secara klinis.
Keterangan : Belum ada penelitian yang membenarkan kepercayaan di atas.
  • Kaya nutrisi
Dalam jantung pisang terdapat vitamin A, C, E, kalium dan serat yang baik dijadikan sebagai sumber nutrisi tubuh untuk dijadikan energi.
Keterangan : Nutrisi yang terdapat pada jantung pisang baik untuk kesehatan.
  • Antidepresan
Apabila Anda sedang sedih, mengkonsumsi antidepresan bisa menyebabkan efek samping berbahaya bagi tubuh terutama otak. Jangtung pisang juga mengandung magnesium, yang merupakan antidepresan alami yang cukup aman, sehingga bisa meningkatkan mood seseorang. 
Keterangan : Magnesium merupakan antidepresan alami, yang bisa ditemukan dalam jantung pisang.
  • Membantu produksi asi ibu
Beberapa ibu hamil atau menyusui mengalami kesulitan terutama karena kadar asi yang sedikit. Mengkonsumsi jantung pisang dipercaya bisa meningkatkan produksi susu yang tentu saja bisa memberikan pasokan nutrisi yang cukup bagi anak.
Keterangan : Manfaat dia atas hanya sebatas dipercaya atau mungkin pengalaman orang, tidak ada penelitian khusus yang membenarkannya. Namun secara teoritis hal itu disebabkan nutrisi yang terdapat pada jantung pisang. Sebab apa yang ibu makan, nutrisnya biasanya ikut terbawa oleh ASI.
  • Mengobati diare
Jantung pisang merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat hingga 5,7. Bagi yang memiliki masalah pencernaan khususnya diare, apabila tidak ingin meminum obat karena efek samping terhadap penyakit lain, bisa memakan sayuran jantung pisang dengan catatan sayuran tersebut tidak pedas.
Keterangan : Serat telah terbukti mampu mengobati diare.
Demikian manfaat jantung pisang bagi kesehatan, semoga bermanfaat.
reference: stylecraze. 7 Amazing Health Benefits Of Banana Flowers.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu