Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan, Tumbuhan, dan Manusia

.

Tentang

kementriankesehatan.com - Energi matahari secara tidak langsung memberikan manfaat bagi makluk hidup: hewan, tumbuhan dan manusia karena berperan sebagai sumber energi, dan makanan. Kekurangan sinar matahari bisa menyebabkan kematian pada hewan, tumbuhan, yang pada akhirnya berdampak pada sumber makanan manusia. Jadi singkatnya, jumlah energi matahari yang ada di suatu tempat menentukan keberlangsungan populasi makhluk hidup, dan menentukan makhluk hidup seperti apa yang ada di sana.
"manfaat energi matahari"
source: flickr

Manfaat

Karena sinar matahari adalah makanan bagi makhluk hidup maka memiliki manfaat bagi hewan, tumbuhan dan manusia.

Manfaat energi matahari bagi hewan anatara lain:

1. Sumber vitamin D
Sinar matahari merupakan sumber alamai vitamin D yang baik untuk proses pembentukan tulang, hewan yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari akan menyebabkan tulang rapuh, dan lemah, dan berdampak pada berkurangannya daya tahan tubuh terhadap alam yang bsia mengakibatkan kematian.
2. Sumber panas
Beberapa hewan berdarah dingin yang kebanyakan dari jenis repitil atau bertulang belakang berjemur menghangatkan tubuhnya dengan berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil, dan membantu proses pencernaan makanan. Sebab bagi reptil atau hewan berdarah dingin, makanan mereka akan disimpan dalam tubuh dan salah satunya dijadikan sumber panas. Contohnya ular, dan buaya.
3. Arah mata angin
Beberapa hewan terutama jenis burung menggunakan matahari sebagai acuan untuk bermigrasi mencari sumber mata air.
4. Sumber cahaya
Meskipun ada beberapa hewan yang menggunakan pendengaran, dan sensor untuk bergerak, beberapa hewan yang aktive di siang hari menggunakan sinar mataharai untuk mencari makanan.
5. Antibakteri, antijamur, dan antivirus
Beberapa jenis bakteri,  jamur, dan virus mati apabila terkena sinar matahari dalam suhu dalam rentang waktu tertentu. Hewan yang hidup di alam liar, terutama pada bagian bulu, dan mulut mereka rentan dihinggapi bakteri, jamur, dan virus. Berjemur di bawah sinar matahari yag dilakukan oleh burung, kucing atau anjing merupakan salah satau upaya untuk menghilangkan bakteri, jamur, dan virus dengan tujuan mencegah infeksi penyakit.

Manfaat energi matahari bagi tumbuhan anatara lain:

1. Sumber cahaya dan energi
Beberapa tanaman memperoleh energi dari sinar matahari, karbondioksida, dan air untuk diubah menjadi glukosa sebagai sumber energi. Tidak seperti hewan dan manusia, yang mencari makanan, tanamana dalah makhluk autotrof, atau menciptakan makanan sendiri. Proses pengubahan energi matahari, gas, dan air menjadi energi biasa kita kenal dengan fotosintesis. Jadi matahari berperan untuk membantu proses fotosintesis. Apabila kekurangan energi mathari maka proses fotosintesis akan lambat, oleh karena ini beberapa orang menggunakan tambahan cahaya berupa lampu pada tanaman. Dan apabila terlalu banyak energi matahari, maka proses fotosintesis menjadi terlalu cepat, dan bisa menyebabkan layu.

Manfaat energi matahari bagi manusia anatara lain:

1.  Mencegah kanker
Hampir mirip dengan tumbuhan, tubuh kita memproses sinar matahari dan mengubahnya menjadi vitamin D. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas of California, mengungkapkan bahwa penderita kanker usus 3x lebih besar di New York, daripada di New Mexico. Hal ini karena kekurangan sinar matahari, mengakibatkan kurangnya vitamin D. Penelitian lain, untuk mendukung hipotesa di atas dilakukan oleh 1.179 wanita pasca yang mengkonsumsi suplemen vitamin D mengungkapkan terjadi resiko penurunan kanker, terutama kanker usus dan payudara.
2. Membantu proses penyembuhan alzheimer
Sebuah penelitian menunjukan bahwa penderita alzheimer, atau yang mengalami gangguan pada otak, apabila terkena paparan sinar matahari sepanjang setiap hari, dan mendapat kegelapan di malam hari, akan meningkatkan efefisien, dan efektivitas tidur.
3. Meredakan depresi
Suatu penelitian menunjukan bahwa sinar matahari dapat memicu peningkatan kadar antidepresan alami pada otak. Pada hari yang cerah atau mendapatkan sinar matahari kadar serotonin yang berperan meningkatkan suasana hati lebih banyak daripada saat hari mendung.
4. Sumber vitamin D
Vitamin D menyerap kalisum sebagai penguat tulang. Ketika sinar matahari menyentuh kulit, 7-dehydrocholesterol berubah menjadi vitamin D3. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa kadar D3 dalam darah yang tinggi menjadi indikasi kepadatan tulang, atau tulang kuat.
5. Meningkatkan kualitas tidur
Saat sinar matahari mengenai mata, saraf optik mengirim pesan ke kelenjar otak untuk memproduksi melatonin atau hormon yang membantu tidur. Hal ini akan membantu bagi mereka yang susah tidur, yang biasanya terjadi pada orang dewasa.
reference:

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli