(Ssst...) Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh, Rambut, dan Kulit

.
Latar belakang:
kementriankesehatan.com - Sirsak atau yang dikenal dengan graviola anyak dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatankesehatan, tumbuhan yang banyak tumbuh di Amerika Selatan, Afrika, dan Asia Tenggara. Tanaman berdaun lebar ini, dipercaya memiliki khasiat obat. Walaupun dikenal karena mmeiliki sifat anti kanker, rupanya juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.
"Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan"
source: flickr
Tentang:
Selain daging, daun sirsak memiliki senyawa yang mengandung acetoginin, meliputi bulatacin, asimisin, squamosin, yang bersifat antimakan, sehingga sering digunakan untuk membunuh serangga. Sebuah peenlitian yang dilakukan oleh The National Cancer Institute, membutktikan bahwa tanaman ini mampu menghancurkan sel-sel kanker.
Manfaat:
Ada banyak sekali manfaat kesehatan apabila kita mengkonsumsi daun sirsak secara rutin, meliputi tubuh, rambut, dan kulit. Hal ini disebabkan kandungan senyawa termasuk protein, fruktosa, lemak, kalsium, vitamin A, B, dan lainnya. Maka, tak heran bila banyak produk herbal, yang dijual di apotek dengan bahan ini, karena kandungan diatas bersifat obat.
  • Mengobati kanker
Sebuah penelitian menunjukan bahwa daun sirsak memiliki bahan aktive 10.000x lebih kuat dibandingkan kemoterapi, dalam memerangi kanker prostat, paru-paru hingga payudara. Ini bisa dijadikan pilihan kedua atau alternatif, bila melihat tentang biaya, efeksamping, dan keampuhan. Apabila, ingin menecgah kanker, daun sirsak juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
Caranya:Siapkan 10 lembar daun sirsak, dan 3 gelas air mineral. Rebus dalam panci, hingga mendidih, dan air berkurang menjadi 1 gelas. Tunggu hingga dingin air rebusan tadi. Minumlah setiap hari sekali pada pagi hari, selama minimal 3 minggu untuk merasakan perbedan kesehatan. Apabila tubuh jadi lebih sehat, lanjut hingga sembuh.
  • Perawatan asam urat
Beberapa obat alternatif asam urat menggunakan daun sirsak sebagai bahannya, sebab dapat membantu, dan mengobati nyeri sendi.
Caranya:
Siapkan 6-10 lembar daun sirsak hijau, tidak terlalu muda, dan tidak terlalu tua. Siapkan 2 gelas air minum. Rebus daun sirsak dengan ari tadi hingga terisa 1 gelas. Biarkan dingin, dan minumlah pada pagi, dan sore hari (2x sehari) agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
  • Mengobati nyeri punggung
Apabila anda sering mengalami sakit punggung saat berolahraga atau bangun tidur. Mengkonsumsi obat kimia mungkin akan mengakibatkan efek samping terhadap penyakit lain. Obat sirsak bisa diguankan untuk mengobati nyeri punggung.
Caranya:
Siapkan 20 lembar daun sirsak, 5 gelas air mineral. Rebus hingga tersisa 3 gelas, jadikan dalam satu cangkir. Lalu dinginkan, minumlah 1/3 cangkir setiap hari.
  • Mengobati rematik
Penyakit yang seirng diderita oleh orang tua ini, bisa dioabati dengan daun sirsak, apabila ingin mendapatkan obat yang mudah, dan murah.
Caranya:
Tumbuk daun sirsak hingga halus, dan oleskan pada bagian sendi yang terserang rematik/terasa nyeri. Lakukanlah 2 kali sehari pada pagi, dan malam, serta lihatlah perubahaannya.
  • Mengobati diabetes
Kadar gula darah normal umumnya 70-120. Daun sirsak memiliki nutrisi yang dapat menstabilkan kadar gula darah penderita diabetes. Namun harus diminum secara rutin.
Caranya:
Anda bisa membeli ekstraknya yang biasanya berbentuk pil, dan dapat dengan mudah ditemukan di apotik terdekat. Atau bila memang banyak daun sirsak di lingkungan sekitar, bisa dengan cara direbus seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya.
  • Meningkatkan sistem imun
Apabila anda orang yang mudah sakit, seperti terkena angin sedikit, hujan, atau perubahan cuaca. Zat dalam daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Caranya:
Siapkan 4-5 lembar daun sirsak, dan 5 gelas air mineral. rebus hingga tersisa 1 gelas. Minumlah setelah ramuan dingin. Lakukan setiap hari, selama kurang lebih 1 bulan.
  • Mengobati bisul
Sifat antibakteri, dan antiperadang pada daun sirsak bisa digunakan untuk mengobati bisul, bahkan jerawat pada kulit.
Caranya:
Tempelkan daun sirsak pada bagian tubuh yang terkena bisul atau bisa juga dengan menumbuknya terlebih dahulu.
  • Menyingkirkan kutu
Daun sirsak memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiperadangan, dan antimakan yang dapat digunakan untuk membunuh hama. Hal ini juga efektive membunuh kutu pada rambut, dan menghentikan pertumbuhannya.
Caranya:
Rebusan daun sirsak yang telah dingin dioleskan pada rambut yang berkutu. Lakukanlah setiap hari selama minimal 1 minggu, dan lihatlah perbedaannya.
Kesimpulan:
Daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mampu membunuh bakteri, jamur, virus, dan perkembangan tumor.
referensi: stylecraze. Top 10 Surprising Benefits And Uses Of Soursop Leaves For Skin, Hair, And Health. 04-02-2019. 10:39 W.I.B.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu