Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Bisa Mengobati DBD, dan Nyeri Haid

.
Latarbelakang:
kementriankesehatan.com - Hampir setiap bagian pepaya bisa digunakan untuk kesehatan, dan bagian daun memiliki manfaat kesehatan yang bisa mengobati DBD.
"Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan"
source: pixabay
Tentang:
Pepaya merupakan buah yang tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia, dengan daging berbentuk orange, atau kekuningan dengan banyak biji kecil di dalamnya. Dari sebuah buku Pengobatan Makanan, pepaya bersifat antibakteri, dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Seperti halnya dagingnya yang kaya akan vitamin C, E, betakarotin, menyebabkan ia kaya akan antioksidan. Sedangkan bijinya memiliki asam lemak, dan minyak, yang memiliki rasa tajam, dan bisa dijadikan pengganti rempah-rempah. Daunnya, kaya akan enzim, vitamin, A, C, E, K, B, dan mineral dapat membantu menjaga, mengobati, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.
Manfaat
Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya bagi kesehatan bisa dengan cara dijadikan jus, atau dengan cara direbus.
  • Mengobati demam berdarah
Salah satu obat demam berdarah yang direkomendasikan adalah jus daun pepaya. Sebab nyamuk pembawa penyakit tersebut menyebabkan penurunan jumlah trombosit darah, dan daun pepaya mampu meningkatkan jumlah trombosit.
  • Mencegah malaria
Zat acetogenin yang terdapat dalam daun pepaya mampu mengobati penyakit berbahaya seperti DBD, dan malaria.
  • Menyembuhkan penyakit hati
Ketika diokonsumsi daun pepaya menajdi agen pemberish yang ampuh untuk hati, sehingga mampu mengobati penyakit kuning, dan sirositis.
  • Mengobati masalah pencernaan
Enzim yang terdapat pada daun pepaya mampu mencegah penyakit sembelit, membersihkan usus besar, dan mengobati sakit maag. Protease dan amilase, juga mampu membantu memecah protein, karbohidrat, dan mineral. Sifat antiinflamasinya juga mampu mengobati peradangan lambunb dan usus besar.
  • Menurunkan kadar gula darah
Jus daun pepaya membantu penderita diabetes, karen mampu mengatur kadar insulin. Sifat antioksidan yang dimilikinya juga dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti krusakan ginjal, dan hati berlemak.
  • Menyembuhkan nyeri haid
Pernahkah anda mengalami kram, dan rasa sakit pada bagian perut selama haid? Jus daun pepaya mampu memperlancar aliran menstruasi dan mengurangi rasa sakit. Dengan mengkonsumsinya secara tepat, mampu menyeimbangkan hormon, dan mengatur siklus datang bulan. Caranya dengan mencampur satu daun pepaya, sedikit garam, dan asam yang didihkan dalam satu gelas, untuk diminum.
  • Mengatasi masalah kulit
Kandungan vitamin A, dan Cnya juga mampu meningkatkan kesehatan kulit, sehingga terlihat bercahaya. Nutrisinya akan menekan radikal bebas, sedangkan karpain membersihkan racun pada kulit, dan mencegah jerawat.
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut
Beberapa produk sampo bahkan menggunakan pepaya, dan saya memakainya. Sebab, daun pepaya mengandung enzim karpain, dan komponen alkaloid mampu memberishkan minyak kulit kepala. Sehingga mampu meningkatkan pertumbuhkan, mencegah kerontokan, dan penipisan rambut. Apabila sering menggunakan sampo pepaya pasti akan merasakan rambut nampak lebih berkilau.
  • Mengurangi resiko kanker
Senyawa acetogenin dalam daun pepaya sangat ampu mencegah kanker. Menurut sebuah penelitian senyawa tersbut mampu mencegah kanker pankreas, hati, paru-paru, dan payudara. Sifat antiinflamasinya juga dapat membantu mengurangi peradangan dan efek kemoterapi.
Kesimpulan:
Jus daun pepaya memang pahit, namun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Untuk mengurangi rasa pahit, bisa dicampur dengan air kelapa, atau madu. Atau memakan daunnya dengan direbus, seperti lalaban.
referensi : Food.ndtv. 9 Incridible Benefits of Papaya Leaf Juice. 02-02-2019 11:34 W.I.B.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli