Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Insomia

.

Tentang:

kementriankesehatan.com - Daun pandan memilikibanyak manfaat untuk kesehatan seperti mengobati darah tinggi, mencegah ketombe dan rambut rontok. Daun pandan yang merupakan pewarna hijau dan pe-wangi alami makanan, dan banyak digunakan untuk campuran minuman seperti es campur, bahkan adapula yang berbentuk teh. Tumbuhan ini sekilas mirip dengan rumput liar, karena masuk dalam jenis semak-semak, banyak orang termasuk keluarga saya yang menaman daun pandan di halaman rumah, karena seringnya digunakan dalam masakan lokal. Selain memiliki aroma wangi menyengat dan membangkitkan selera makan orang, daun pandang juga memiliki banyak manfat untuk kesehatan.
"manfaat daun pandan untuk kesehatan"
source: wikipedia
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rohmawati pada tahun 1995, daun pandan mengandun senyawa kimia polifenol, flavanoid, saponin, dan alkaloid, yang berperan sebagai antibakteri.

Manfaat:

1. Mengobati tekanan darah tinggi
Penyakit yang disebabkan karena tekanan darah di atas normal yang biasanya dipicu oleh usia, gaya hidup, stress hingga obesitas. Apabila meminum teh daun pandan 2 kali sekari, dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. 
Caranya: 3 gram daun pandan direbus dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air tinggal 1 gelas. Diamkan sebentar, dan minumlah saat masih hangat.
Keterangan: Berbagai sumber menyebutkan hal itu bisa mengobati tekanan darah, namun tidak ada penelitian yang membenarkan, hanya sebatas kepercayaan atau pengalaman.
2. Memberishkan dan mencegha ketombe
Secara umum, ketombe merupkan pengeluasan kulit kepala yang terjadi secara berlebihan, biasanya disebabkan oleh jarang keramas, atau terlalu sering, stress, hingga ketidakcocokan menggunakan sampo. Vegetafruit mengungkapkan bahwa daun pandan baik untuk kulit kepala serta rambut, artinya dijadikan semacam sampo.
Caranya: 10 daun pandan ditumbuk hingga halus, lalu campurkan sedikit air hingga menjadi pasta/kental. Lumuri ke rambut yang berketombe.
Keterangan: Selain menghilangkan ketombe, hal penting yang perlu diperhatikan adalah memberikan nutrisi pada rambut, bisa dengan memakan buah, dan sayur yang kaya akan vitamin. 
3. Mencegah rambut rontok
Kerontokan rmabut biasanya disebabkan karena efek samping obat, stress, gizi buruk, usia hingga kemoterapi. Namun apabila anda penyebabnya bukan di atas, berarti rambut tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.
Caranya: sama dengan no 2. Lakukanlah 2-3 kali dalam seminggu.
Keterangan: Tak ada penelitian ilmiah yang mendukung bahwa daun pandan bisa mencegah rambut rontok hanya sebatas keyakinan atau pengalaman.
4. Antikanker
Teh daun pandan apabila dikonsumsi secara teratur, 2 kali sehari dapat menangkal racun dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
Keterangan: Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Raj. et al. mengungkapkan bahwa air dari ekstrak akar, dan daun pandan mengandung sitotoksik, antimiotik, antiploriferatif, dan apoptosis yang berguna dalam terapi kanker.
5. Meningkatkan nafsu makan
Beberapa orang yang mengalami masalah dengan indra penciuman memiliki masalah dengan nafsu makan. Namun daun pandan memiliki aroma wangi yang bagi sebagian ornag dapat meningkatkan selera makan.
Caranya: Minum teh daun pandan 1-2 kali sehari.
Keterangan: Hal ini disebabkan karen aroma daun pandan, dan tidak berlaku untuk semua orang, mungkin bagi yang tidak memnyukai daun pandan, malah menurunkan nafsu makan.
6. Mengobati insomia
Bagi yang kesulitan tidur, mengkonsumsi daun pandan bisa dijadikan obat herbal sebab mengandung senyawa alkaloid yang bisa menenangkan.
Caranya: 1 lembar daun pandan direndam dalam 1 gelas air panas, tunggu hingga dingin, atau berubah warna, akan lebih baik bila dicampur dengan sesendok madu.
Keterangan: Senyawa alkaloid terbukti mampu memberikan efek tenang pada tubuh, jadi membantu mereka yang insomnia.
7. Ramah diabetes
Bagi yang memiliki penyakit gula darah tinggi, tidak diperbolehkan mengonsumsi gula. Nah, daun pandan memiliki rasa manis dan harum yang ramah bagi penderita diabetes.
reference: the-benefits. 19 Health Benefits of Pandan Leaves that You Might Not Aware. 12-02-2019. 13:41 W.I.B.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan