Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Stres

.

Apa itu kemangi?

kementriankesehatan.com  - Kemangi yang sering digunaakan sebagai lalaban ini rupanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Tumbuhan berdaun hijau kecil bergerombol, memiliki rasa pedas, dan bau yang khas. Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara. Dahulunya, tanaman ini telah digunakan oleh orang India sebagai obat penyakit mata hingga kurap, dan yang paling sering kita dengar bisa mengobati bau badan. Benarkah?
"manfaat kemangi untuk kesehatan"
source: pxhere
Beberapa orang percaya setiap bagian kemangi memilik manfaat berbeda bagi kesehatan, seperti contohnya pada bagian:
-bunga digunakan untuk mengobati bronkitis
-daun dan bijinya untuk mengobati malaria
-seluruh tanaman untuk diare dan muntah
Peneletian dilakukan untuk mencari tahu apakah daun kemangi benar memiliki manfaat untuk kesehatan, dan ternyata tanaman ini memiliki efek teraputik atau penanganan medis yang sesuai dengan yang diharapkan, juga mengandung nutrisi: vitamin A, C, kalsium, seng, zat  besi, dan klorofil.

Manfaat:

Berikut ini manfaat daun kemangi untuk kesehatan:
  • Mengurangi stress dan kecemasan
Beberapa orang percaya daun kemangi bersifat adaptogen, zat alami yang membantu tubuh beradaptasi dengan stress, dan meningkatkan keseimbangan mental. Namun penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa daun kemangi bersifat farmakologis, artinya membantu pikiran mengatasi banyak stress.
Penelitian:
Hewan: Suatu penelitian yang dilakukan pada hewan yang memakan ekstrak daun kemangi menunjukan peningkatan daya tahan terhadap resiko stress akibat lingkungan.
Manusia: Sedangkan penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan yang mengkonsumsi daun kemangi menunjukan penurunan stress, masalah seksual, susah tidur, kelupaan, dan kelelahan.
Pendapat:
- Berdasarkan Journal of Ayurveda daun kemangi memiliki sifat antidepresan dan antikecemasan. Sebuah studi dilakukan pada orang yang mengkonsumsi 500 mg daun kemangi setiap hari, dan menunjukan penurunan tingkat kecemasan, stres, dan depresi. Para ahli Ayurverda menyarankan mengkonsumsi daun kemangi dalam bentuk teh setiap hari, namun apabila ingin mengkonsumsinya dalam bentuk alami lebih disarankan.
Kesimpulan : Daun kemangi mampu mengurangi stress dan kecemasan, terbukti secara ilmiah dengan melakukan penelitian kepada manusia dan hewan. Hal ini karena daun kemangi bersifat anti-depresan, anti-kecemasan, dan efek teraputik.

  • Membersihkan tubuh dari racun
Daun kemangi tinggi akan antioksidan yang berguna untuk membersihkan tubuh dari toksin/racun. Sehingga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.
  • Mencegah infeksi, dan membantu menyembuhkan luka
Daun kemangi memiliki kandungan anti-bakteri, anti-jamur, anti-virus, anti-inflamasi, obat penghilang rasa sakit, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan, dan mencegah infeksi.
Penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi mamp mengobati jenis luka seperti sariawan, jerawat, dan keloid.
  • Menurunkan gula darah
Sebuah penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi daun kemangi secara rutin dapat mencegah gejala diabetes meliputi pertumbuhan berat badan, kelebihan insulin, kolesterol tinggi, resistensi insulin, dan tekanan darah tinggi.
Penelitian:
-Hewan: Penelitian yang diujicobakan pada tikus yang mengkonsumsi ektrak kemangi berdampak pada penurunan gula darah sekitar 24% hanya dalam waktu 30 hari.
  • Menurunkan kadar kolesterol
Suatu penelitian yang diujicobakan pada kelinci menunjukan bahwa mereka memiliki LDL atau kolesterol jahat lebih rendah dibandingkan dengan HDL atau lemak baik. Hal ini karena kandungan minyak daun kemangi menurunkan kadar kolesterol akibat stress metabolik.
  • Meringangkan peradangan dan nyeri sendi
Adaptogen dalam daun kemangi bersifat anti-inflamasi, dan anti-oksidan, yang dapat meringankan rasa sakit akibat peradangan.
  • Menjaga kesehatan pencernaan
Daun kemangi dapat mencegah efek uklus akibat induksi stress sehingga mengurangi asam lambung, meningkatkan sekresi lendir, meningkatkan dan memperpanjang hidup sel lendir. Apabila obat farmasi lambung yang dikonsumsi malah mendapatkan efek samping terhadap penyakit lain, daun kemangi bisa dijadikan pilihan alternatif karena lebih aman.

Cara pengguanan: 

Saat ini daun kemangi telah dikemas untuk memudahkan dalam mengkonsumsi dalam bentuk: teh, pil, ekstrak yang bisa didapat dengan mudah di online shop atau apotik terdekat. Atau bisa juga dengan mengkonsumsinya sebagai lalaban. Yang paling mudah mungkin dengan merebusnya air panas sekitar 5 menit, sebagai teh lalu diminum saat hangat atau dingin.

Dosisnya:

Untuk teh masukan 2-3 sendok teh dalam segelas air panas, sedangkan untuk kapsul sekitar 600-1800 mg perhari.

Efek samping

Sejauh ini belum ada efek samping yang berbahaya bagi manusia. Namun tidak disarankan bagi yang mau hamil, ibu hamil, dan menyusui karena dapat mempengaruhi tingkat kesuburan dan merangsang konstraksi rahim. Apabila anda memiliki riwayat kesehatan kronis, sebaiknya konsultaasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Kesimpulan:

Daun kemangi memiliki banyak manfaat bagi kesehtaan karena bersifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-virus, dan efek teraputik serta mengandung nutrisi yang bagi untuk tubuh.
reference: (1) Healthline. Holy Basil: Benefits for Your Brain and Your Body. 09-02-2019. 14:25 W.I.B.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu