Kulit Halus dengan Manfaat Buah Pisang

.
Latarbelakang:
kementriankesehatan.com - Buah Pisang memiliki manfaat untuk kulit karena kaya akan potasium sekitar 467 mg, selain berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dan khususnya bermanfaat untuk kecantikan kulit.
"manfaat pisang untuk kulit"
source: flickr
Tentang:
Selain dari kandungan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, folat, niasin, asam pantotenat, pyridoxine, riboflavin, thiamin, elektrolit, mineral, dan nutrisi nabati, kulitnya juga mengandung vitamin B6, B12, magnesium, kalium, protein, dan serat. Bahkan di beberapa negara kulitnya ikut dimakan.
Manfaat:
Untuk kesehatan kulit, pisang memiliki berbagai manfaat, antara lain:
1. Memperhalus kulit
Kandungan vitamin A dalam pisang, membantu menjaga kelembaban, dan memperbaiki kulit yang rusak, kusam, ataupun kering.
Caranya:
Tumbuk/haluskan pisang hingga lembut, lalu oleskan ke bagian kulit yang ingin anda haluskan, bisa ke wajah dijadikan masker. Tunggu 15-25 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Apabila kulit sanga kering, dan kusam, bisa ditambahkan 1-3 sendok madu murni, ke dalam ramuan masker tadi. Penggunaaan pisang, dan madu mampu menghilangkan pigmentasi kulit. Lakukanlah secara rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Mencerahkan kulit
Vitamin C dalam pisang membantu mencerahkan, membuat kulit nampak awet muda.
Caranya:
Haluskan 1/2 buah pisang, dan campur bersama 1 sendok makan minyak cendana, dan 1/2 sendok makan madu. Aduk bahan tadi hingga merata, lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Tunggu 15-25 menit.
Minyak cendana sangat bagus untuk menghilangkan minyak berlebih, dan pisang berperan untuk menjaga kelembaban kulit.
3. Mencegah penuaanNutrisi dalam pisang memabantu mencega penuaan, dan menjaga kulit tetap awet muda.
Caranya:
Halusakan satu buah pisang, dan satu buah alpukat matang. Campur hingga rata. Oleskan ke wajah hingga rata. Diamkan selama 15 menit agar nutrisi menyerap ke dalam kulit. Lalu bilas dengan air dingin.
Kandungan vitamin A dalam pisang, dan vitamin E dalam alpukat membantu menangkal radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan kulit, yang menyebabkan mudah keriput. Biasanya walau baru mencoba sekali, kulit akan terasa lebih halus, dan lembut, serta kencang.
4. Perawatan kaki
Pisang merupakan buah yang memiliki manfaat sebagai pelembab alami kulit sehingga bisa digunakan untuk mengatasi kulit pecah yang biasanya terjadi pada telapak kaki.
Caranya:
Blender 2 buah pisang sampai halus, dan oleskan ke telapak kaki yang pecah. Diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Nutrisi pisang dapat menembus ke dalam poru-pori kulit, memudahkannya memperbaiki kerusakan kulit.
5. Menghilangkan sel kulit mati
Kandungan anti oksidan dalam pisang membantu menghilangkan sel kulit mati sehingga kulit nampak baru, dan halus.
Caranya:
Tumbuk pisang hingga halus, dan campurkan dengan 1 sendik gula. Lalu gosoklah ke kulit yang terlihat akan mengelupas. Gula membantu mengelupas kulit, sedangkan pisang membantu menjaga kelembaban. Apabila tidak ingin menggunakan gula, bisa diganti dengan gandum.
6. Mengobati Jerawat.
Kulit pisang kaya akan vitamin, dan berguna untuk mengobati jerawat.
Caranya:
Ambilah secuil kulit pisang yang segar, atau baru dimakan. Lalu gosoklah pelan bagian dalam kulit pisang ke bagian yang berjerawat kurang lebih 5 menit. Biarkan lagi sekitar 5 menit, agar nutrisinya menyerap. Lalu bilas dengan air hangat. Lakukanlah secara rutin, 2-3 kali sehari.
Kesimpulan:
Selain bermanfaat untuk kesehatan, perwatan rambut, pisang juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.
referensi : Stylecraze. 33 Amazing Ways Banana Benefits Skin, Hair, And Health. 01-02-2019 08:27 W.I.B

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan