Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Meningkatkan Nafsu Makan

.
kementriankesehatan.com - Bawang merah, yang menjadi rempah-rempah pokok rupanya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan seperti mencegah kanker, dan sumber nutrisi kulit dan rambut. Tanaman yang termasuk ke dalam keluarga allium sayuran, satu keluarga dengan seperti bawang putih, bombay, sebenarnya tanaman ini telah dibudidayakan berabad-abad karena memiliki ciri khas pedas, bersifat obat, dan mengandung nutrisi berupa vitamin, mineral, dan antioksidan.
Bawang memiliki berbagai macam jenis, ukuran, warna dan bentuk yaitu merah, kuning dan putih. Rasanya bisa pedas, berair, hingga agak manis, dan biasanya itu tergantung cuaca, dan tanah yang menjadi media tanam.
Beberapa orang percaya bahwa bawang merah memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit, dan rambut, mengurangi resiko diabetes, hingga jantung.
Manfaat
"manfaat bawang merah"

source: maxpixel
1. Cancer
Sayuran allium telah banyak diteliti terhadap pencegahan resiko kanker lambung, dan kolorektal, hal ini karena kandunga orgonsulfur yang tinggi. Bagaimana senyawa ini bisa menghambat kanker tidak diketahui secara pasti, namun sebuah hipotesis mengatakan bisa menghambat tumor. Dan yang pasti bawang merah kaya akan antioksidan vitamin C yang telah terbukti mampu menangkal radikal bebas penyebab pertumbuhan sel kanker.
Kanker usus besar
Sebuah peneltian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi 7 buah/siun bawang merah terutama mentah, bisa menurunkan resiko kanker usus besar.
Kanker prostat
Journal of National Cancer Institute, menerbitkan sebuah makalah yang berisi penelitian tentang hubungan sayuran jenis allium seperti bawang merah dengan kanker. Hasilnya, pria yang paling tinggi mengkonsumsi sayuran allium memiliki resiko kanker prostat paling rendah.
Kanker Kerongkongan dan lambung
Beberapa penelitian telah dilakukan pada manusia tentang bawang merah yang terbukti mampu mencegah kanker kerongkongan dan lambung. Sedangkan yang diujicobakan pada hewan, allium mampu menghambat pertumbuhan tumor.
2. Meningkatkan Mood
Folat yang terdapat pada bawang merah membantu mengurangi depresi. Sebab depresi, nafsu makan atau stress disebabkan karena kelebihan homocysteine, yang menjadi penyebab kelebihan hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Fungsi folat adalah mencegah penumpukan bahan kimia homocysteine.
3. Kesehatan kulit dan rambut
Dalam bawang merah mengandung vitamin C yang berfungsi memelihara kolagen, untuk pertumbuhan struktur kulit dan rambut
4. Sumber nutrisi
Bawang merah mengadung vitamin, antikosidan dan mineral, serta sedikit kalsium, zat besi, folat, magenesium fosfor, dan kalium yang dibutukhkan tubuh sebagai sumber energi setiap harinya.
Resiko
Mengkonsumsi bawang merah berlebihan mungkin bisa menyebabkan alergi, dan dikonsumsi dalam bentuk mentah bisa menyebabkan seseorang mual. Untuk itu akan lebih baik bila dijadikan toping atau tambahan makanan.
Bagi yang sering mengupas bawang merah, mungkin pernah menangis. Hal ini disebabkan oleh kandungan gas syn-prpanethial-S-oxide. Sebaiknya masak bawang merah jangn terlalu matang agar tidak banyak mengurangi nutrisinya.
Sekian, semoga bermanfaat dan sehat selalu.

reference: medicalnewstoday. Onion: Health benefits, nutrition risks, and dietary tips. 14-02-2019. 16:43 WIB.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli