Ciri-Ciri Rumah Sehat, dan Bersih, Sirkulasi Udara yang Baik

.
Latarbelakang:
kementriankesehatan.com - Rumah sehat memiliki ciri-ciri sirkulasi udara dan cahay ayang baik. Rumah bukan sekedar tempat yang bisa kita tinggali untuk istirahat, bersantai, namun juga sebagai tempat membangun kehidupan keluarga. Seringnya kita menghabiskan waktu di rumah, terkadang tanpa sadar ada beberapa hal yang menyebabkan penghuninya sakit. Sebab orang yang sehat cerminan dari rumah yang sehat. Rumah yang sehat tidak harus selalu mewah, yang penting layak dihuni, dengan memperhatikan kriteria berupa fisik, kimia, biologi, dan lingkungan.
"ciri-ciri rumah sehat"
source: pixabay
Tentang:
Salah satu ciri rumah yang sehat secara umum yaitu:
1. Sirkulasi udara yang bagus
Di dalam rumah terkadang terdapat gas yang berbahaya entah itu dari gas untuk memasak, atau lainnya, agar terjaid pergantian udara yang baik untuk paru-paru yang di dapat dari luar rumah maka perlu ventilasi, bisa dari pintu tang terkadang menjadi satu, jendela, atau roof vent.
2. Pencahayaan yang memadai
Kelembaban bisa memunculkan lumut serta jamur yang perlahan membahayakan bagi kesehatan. Sinar matahari juga terbukti mampu mencegah resiko penularan penyakit seperti tbc.
3. Air bersih terpenuhi
Setiap hari kita membutuhkan air untuk mencuci, atau memasak. Sebelum memilih atau membuat rumah, akan lebih baik bila memperhatikan apakah tanah di sana memilik sumber ari bersih, atau belum tercemar. Sebab apabila tidak, akan mendatangan masalah kesehatan bagi kulit seperti gatal-gatal.
4. Pembungan air limbah diatur baik untuk lingkungan
Saat proses pembuatan rumah, sebaiknya diperhatikan antara tempat spiteng, dan sumur, sebab bila terlalu dekat air kotor akan meresap ke air bersih sebab lebih dalam. Pembuangan air kotorpun sebaiknya tidak mengarah ke sungai, irigasi, sebab suatau saat akan membahayakan bagi lingkungan, dan masalah kesehatan tanpa kuta sadari.
5. Lantai dan ruang dinding tidak lembab
Apabila lantai lembab, terutama bagi yang belum dikeramik, amak air akan mudah tergenang, dan menyebabkan resiko penyakit. Dinding yang basah karena keslahaan plumbing atau kebocoran pipa air, atau atap yang didesain tidak baik menyebabkan dinding mudah retak, hancur karena sering terkena air.
Ciri-Ciri:
Secara garis besar rumah yang sehat dan bersih memiliki ruang terpisah dengan ukuran yang memadai seperti kamar mandi, ruang makan, dapur, toilet. Namun sebenarnya hal itu telah diatur oleh Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no 829, tentang Persyaratan Kesehatan Rumah Tinggal, antara lain:
1. Bahan Bangunan
Bahan bangunan yang digunakan tidak membahayakan kesehatan terutama bila dihirup, atau menyebabkan pertumbuhan microorganisme patogen. Zat tersebut antara lain, debu (tidak boleh lebih dari 150g/m3, asbes (tidak lebih dari 0,5 serat/m3), dan timbal (tidak boleh lebih dari 300mg/kg.
2. Komponen spasial rumah
Komponen rumah harus mememnui persyaratan fisik dan biologis meliputi:
lantai anti air dan mudah dibersihkan,  dinding kamar tidur harus dilengkapi dnegan ventilasi yang cukup, di dapur juga harus dilengkapi pembuangan asap yang memadai.
3. Pencahayaan
Pencahayaan alami ataupun buatan mampu menerangi seluruh ruangan secara langsung maupun tidak dengan tingkat kesilauan 60lux.
4. Kualitas udara
Kualitas udara tidak boleh melebihi:
Suhu udara normal 18-30C
Kelembaban 40-70C
5. Ventilasi
Sirkulasi udara permanen setidaknya 10% dari luas lantai,
6. Penyakit yang ditularkan oleh hewan
Tidak ada sarang tikus
7. Air
Minimal terdapat 60liter air/hari/orangnya.
8. Ketersediaan penyimpanan makananm, dan kebersihan yang aman bagi kesehatan.
9. Limbah
Limbah air kotor yang dihasilkan dalam rumah tidak mencemari air bersih/sumber air/sumur yang disebabkan karena jarak yang terlalu dekat, lingkungan, atau permukaan tanah.
10. Kepadatan hunian kamar
Kamar tidur berukuran minmimal 8m2 tidak disarankan untuk menggunakan lebih dari 2 orang.
Peraturan perumahan bahkan telah dibuat, dan diatur yang menyebutkan bahwa, setiap warga negara memiliki hak untuk menempati atau memiliki rumah yang layak dan lingkungan yang sehat, harmonis, dan tertib.
Kesimpulannya:
Rumah yang sehat dan bersih merupakan rumah yang tidak mendatangkan penyakit, dan kecelakan, namun memberikan rasa aman, dan nyaman.
referensi : birinkua. Characteristics of a Healthy Home. 07-02-2019. 09:29 W.I.B.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli