Buah yang Baik Untuk Penderita Tbc, Agar Cepat Sembuh

.
kementriankesehatan.com - Di luar manfaat tersebut, pisang juga membantu dalam menelan obat yang sebesar kacang dengan kulitnya itu. Dahulu, saya selalu mengkonsumsi obat dengan sebuah pisang. Biasanya 1 buah pisang uter, entah nama lainnya apa.

Saat saya masih menjadi penderita tbc, dokter puskesmas yang menangani saya mengatakan untuk banyak mengkonsumsi buah. Sebab selain kaya akan antioksidan, serat yang mampu memperlancar pencernaan, juga kaya akan vitamin, dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk membenuhi kebutuhan energy harian si pasien agar cepat sembuh.
Sebenarnya tak ada kewajiban harus mengkonsumsi buah ini itu oleh dokter bagi penderita tbc, hanya saja yang direkomendasikan oleh dokter saya adalah pisang. Saya sendiri selalu memakan pisang hampir 3 buah tiap hari saat pengobatan, sedangkan buah lainnnya meliputi: anggur, apel, dan jeruk.

1. Pisang
Pisang merupakan buah yang baij untuk penderita tbc, karena selain mudah didapat, dan harganya murah juga kaya akan protein hingga 1 gram dalam 126 gramnya, dan kaya akan vitamin B6 hingga 0,5 gram. Oleh sebab itu pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Nah, protein ini berguna untuk membantu sel darah putih melawan bakteri dan virus, itulah sebabnya penderita tbc disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, dan salah satu protein nabati terdapat pada pisang. Sedangkan fungsi vitamin B6, mengubah protein menjadi energi, dan menjaga saluran pencernaan sehingga mencegah perut sakit atau mual saaat mengkonsumsi obat.
"buah untuk penderita tbc"
Pisang tersebut berukuran kecil, sebesarnya seperempat dari pisang ambon. Setengah buahnya saya makan, lalu setengahnya lagi untuk membantu menelan obat. Hal ini juga saya lakukan saat berganti obat, tepatnya di bulan ke tiga dimana kita hanya mengkonsumsi 3 kali dalam seminggu.
2. Anggur
Saya hanya mengkonsumsinya paling seminggu 1 sampai 2 kali karena harganya bagi saya cukup mahal, dan saya sempat ragu apakah boleh makan anggur. Kemudian setelah dipikir, dan dicaritahu tak apa yang tidak dibolehkan itu anggur yang telah difermentasi yang telah mengandung alcohol. 

Faktanya, anggur kaya akan antioksidan, dan berperan sebagai antiinflamsi atau peradangan yan biasanya disebabkan oleh bakteri atau obat kimia. Bagi sebagian orang mungkin, termasuk saya obat tbc terkadang mengakibatkan alergi seperti radang, atau ruam pada bagian tubuh, saya sempat mengalami di tangan, dan perut. 
"buah untuk penderita tbc"
Awalnya saya pikir, itu karena faktor makanan seperti telur, namun beberapa teman kita ternyata juga mengalaminya. Nah mengkonsumsi buah anggur baik untuk penderita tbc, karena berperan mencegah alergi.

Salah satu teman kita juga ada yang rutin mengkonsumsi anggur saat pengobatan, dan bahkan merekomendasikan pada penderita yang lain.

3. Apel
Apel juga kaya akan vitamin, terutama vitamin C. Buah apel baik untuk penderita tbc karena kaya akan vitamin B6. Fungsi vitamin B6 sendiri berfungsi menyerap vitamin B12, apabila kekurangan vitamin B6, maka tubuh kesulitan memproduksi sel kekebalan tubuh, dan sel darah merah.
"buah untuk penderita tbc"
Oleh sebab itu, beberapa teman kita juga mengkonsumsi suplemen vitamin B, dan disarankan oleh dokter. Saya tidak mengkonsumsinya karena tidak disarankan. Jadi mengkonsumsi apel merupakan alternatif, suplemen alami B6. 

4. Jagung
Jagung baik untuk membantu penyembuhan penderita tbc sebab mengandung karbohidrat yang mampu mencukupi hingga 7% kebutuhan harian. Selain itu juga kaya akan protein, dan vitamin B.
"buah untuk penderita tbc"
Saya dahulu waktu pengobatan, hampir setiap sore memakan satu buah jagung manis. Mungkin karena itu berat badan naik 4 KG, sebab selain dapat protein dari makan pagi, siang, dan malam walaupun telur sebagai menu penderita tbc. Saya juga mendapatkan protein, dari mengkonsumsi pisang, dan jagung.

Kesimpulan: Pada prinsipnya, tidak ada buah khusus yang diharuskan dimakan oleh penderita tbc. Namun beberapa kriteria tertentu ada yang disarankan mengkonsumsi buah yang kaya akan zat besi karena si pasien ada riwayat anemia. Beberapa pasien yang ada asam lambung, tidak disarankan mengkonsumsi buah yang masam seperti jeruk. Dari semua itu, kita diharuskan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, dan dalam buah juga terdapat kandungan protein, seperti contohnya pisang dan jagung.

Semoga bermanfaat dan cepat sembuh.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu