Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

.
2 bulan lebih saat pengobatan TBC, saat tengah malam, saya tiba-tiba ingin sekali makan mie instan. Namun kemudian teringat bahwa penderita TBC diharuskan mengkonsumsi makanan tinggi protein.

Dan mie bukanlah makanan yang tinggi akan zat yang bisa membantu menambah berat badan itu. Hal itu mengingatkan saya pada salah satu group FB: Peduli TB yang kebanyakan adalah penderita tbc kategori 1. 

Walaupun sekarang sudah sembuh, saya kadang memantau, untuk melihat perkembangan, dan sengaja tidak keluar agar menjadi pengingat/alaram kesehatan saya, ternyata ada banyak anggota baru yang berdatangan setiap minggu.

Bahkan terus bertambah, agak senang sekaligus sedih. Senang karena ada orang lain yang memiliki penderitaan yang sama, ada ikatan kepedulian berupa empati. Sedihnya, karena itu menandakan bahwa para penderita TBC terus bertambah. 

Pada waktu itu, salah satu anggota ada yang menanyakan: Bolehkah penderita tbc makan mie instan ? Ya, sesekali tak apa, selama sudah 2 bulan pengobatan, dan ditambah telur sebagai sumber protein.

Beberapa orang lagi mengatakan boleh, asalkan tidak terlalu sering.

Bagaimana menurut saya?
Saya sendiri, sebenarnya pada 2 bulan pertama tidak pernah makan mie instan, karena saya disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein.

Namun setelah berat badan saya naik 4 KG, dan tubuh sudah agak enakan. Saya jadi sering makan mie. Entah kenapa, kalau malam, karena saya bukan orang memiliki nafsu makan dengan porsi banyak, saya lebih memilih mie instan sebagai gantinya.
"penderita tbc boleh makan mie"
Mungkin, selama beberapa minggu itu, setiap malam, saya hampir selalu makan mie instan, dan ditambah telur. Sejauh itu tidak ada efek samping yang berbahaya, kecuali bahaya dari mie instan itu sendiri yang bisa menyebabkan pusing, lemas, dan menurunkan berat badan.

Saat saya menimbang lagi berat badan saya tidak naik. Jadi saya mulai menguranginya, mungkin seminggu 2 atau 3 kali. Intinya boleh saja makan mie, selama itu tidak setiap hari.

Misalnya kita hanya mengkonumsinya di waktu makan malam, dan lebih baik lagi bila ditambah telur. Dan lebih baik jangan makan mie pada 2 bulan pengobatan.

Karena tahap itu kita membutuhkan nutrisi yang tinggi, dan pengobatan sedang gencar-gencarnya, minum obat setiap hari, untuk melawan bakteri tbc. Nah makanan yang tinggi gizi itulah yang membantu kita meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu