Ternyata Makanan yang Sering Kita Konsumsi Ini Dapat Memicu Kanker

.
kementriankesehatan.com - Ada beragam makanan yang sering kita konsumsi, dan ternyata banyak yang beresiko tinggi menjadi penyebab kanker. Makanan tersebut adalah makanan yang diolah dengan cara dibakar seperti sate ayam, kambing, ikan dan ayam bakar. Sebab dari proses pembakaran akan memunculkan senyawa PAH yang biasanya diakibatkan asap bertemu dengan bumbu, minyak, atau cairan lainnya.
"makanan penyebab kanker"
Sumber : pxhere (CC)
Senyawa HCA akan muncul disebabkan karena protein yang terkena suhu panas yang berlebihan. Lalu apa sih bahaya senyawa PAH, dan HCA.
Senyawa PAH merupakan pemicu terkena kanker paru-paru, sedangkan senyawa HCA merupakan pemicu terkena kanker usus besar, dan prostat.
Tapi saya suka sate, atau yang dibakar-bakar, bagaimana?
Berikut tips mengolah daging bakar yang sehat:
  • Jangan menggunakan asap yang banyak, akan lebih baik bila membakar tanpa menggunakan arang bisa menggunakan kompor atau peralatan lain.
  • Jangan terlalu banyak air, minyak, dan margarin.
  • Pilihlah daging yang rendah lemak.
  • Apabila menggunakan ayam, buanglah kulitnya terlebih dahulu sebelum dibakar.
  • Gunakan api yang kecil atau tidak langsung terkena makanan.
  • Jangan bakar hingga daging kehitaman.
  • Potonglah daging kecil-kecil agar cepat matang, sehingga terhindar dari tektur kehitaman/gosong dan terlalu lama terkena panas.
  • Rendamlah dahulu daging yang akan dibakar dalam bumbu seperti bawang merah, putih yang menjadi antioksidan. Hal ini bisa mengurangi 90% resiko kanker.
Dengan melakukan tips sederhana di atas maka akan mengurangi resiko terkena kanker. Lalu bagaimana bila diolah dengan cara digoreng. Faktanya makanan yang dibakar lebih sehat daripada yang digoreng. Sebab minyak mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi yang memicu berbagai macam penyakit kolesterol.
Sebenarnya senyawa HCA yang menjadi pemicu kanker usus besar dan prostat itu muncul karena pemanasan berlebihan protein, jadi entah dibakar atau digoreng senyawa itu bisa muncul bila menggunakan suhu yang tinggi atau dimasak terlalu lama.
Baca Ya :
1. Pengertian, Gejala, dan Penyebab Terkena Kanker Serviks
2. Cara Ampuh Mencegah Kanker Serviks
Jadi selama proses pembakarannya sehat maka tidak perlu khawatir akan resiko kanker. Dan yang menjadi catatan apabila kita makan sate ayam misalnya tidak serta merta besok terkena kanker, untuk itulah perlu menjaga frekuensi makannya, tidak berlebihan. Akan lebih sehat lagi bila daging sebelum dibakar direndam, atau direbus terlebih dahulu sampai setengah matang sehingga saat proses pembakaran tidak terlalu lama.
Suka bakar-bakaran dengan keluarga atau teman di akhir pekan atau tahun baru? Tidak usah takut bila prosesnya benar. Selamat bakar-bakaran!
Semoga bermanfaat dan sehat selalu.
Sumber : Ayo Hidup Sehat TV One, Narasumber dr. Haekal Anshari, M Blomed, dan Dr. Marya Haryono, SpGK.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu