Jangan Diabaikan Apabila Telinga Berdenging Bisa Jadi Tanda Penyakit Kanker Nasofaring

.
kementriankesehatan.com - Telinga berdenging atau berdengung terus menerus, atau menetap bisa jadi gejala akan adanya pertumbuhan kanker nasofaring, yang biasanya terletak di belakang hidung. Jika diibaratkan seperti orangyang baru saja landing pesawat. Kadangkala telinga terasa penuh, dan bila diobati dengan obat biasa tidak sembuh, malah semakin parah. Bila masih tahap ini biasanya baru stadium 1 atau dua, sehingga memiliki kemungkinan sembuh yang tinggi sekitar 80%. Untuk itulah segera memeriksakan diri.
"gejala kanker nasofaring"
sumber : commons.wikimedia
Kanker nasofaring banyak menyerang pria, sebab kanker ini menyerang saluran nafas. Laki-laki yang merokok, atau sering berada di luar ruangan memiliki resiko besar terkena penyakit ini. Penyakit kanker nasofaring tidak menular, yang menular adalah virus estenbar yang menyebabkan kanker tersebut.
Artis korea Kim Woo Bin juga terkena penyakit yang sulit dideteksi ini.
Baca Ya:
Makanan ikan asin, apalagi yang olah dengan cara dijemur, dan diberikan garam yang tinggi, menimbulkan zat nitrosamin, yang bersifat karsinogenic yang dapat memicu kanker. Untuk itu wajarnya konsumsilah ikan satu atau dua kali sebulan, jangan terlalu sering.
Nasofaring berada di belakang hidung, perbatasaan anatara hidung dan tenggrokan. Sehingga sulit dideteksi dengan mata, karena tidak bosan dilihat dari hidung ataupun telinga.
Gejala lain kanker nasofaring antara lain:
  • Mimisan berat ataupun ringan
Apabila anda usaia dewasa dan seirng mimisan, sebaiknya periksa diri ke dokter.
  • Sakit kepala sebelah
Migran, atau sakit kepala sebalah kanan, atau kiri, dan berlangsung lama.
  • Pilek berpanjangan
Pilek yang dirasaakan biasanya terus menerus, disertai ingus, dan berbau hingga mimisan sebab adanya sumbatan di bagian pernapasan.
Kanker nasofaring merupakan kanker ganas, dan penyebarannya cukup tinggi, di sekitarnya, seperti leher dan menimbulkan kelenjar, otak, dan mata.
Apabila menyebar ke mata maka akan mengakibatkan penglihatan ganda, hingga mata salah satu mata tidak bisa bergerak mengikuti mata sebelahnya. Dan ini sudah masuk stadium 4.
Kanker nasofaring walaupun ganas, namun respon terhadap radiasi cukup tinggi, sehingga apabil masih stadium satu atau dua, segeralah ke dokter. Semakin cepat dideteksi amakn semakin besar kemungkinan sembuh.
Sekian, semoga bermanfaat, dan sehat selalu.
Narasumber : dr. Vito Damay Sp.JP (K) M.Kes, FIHA,FICA, dr. Sheila Salsabila, BMedSc, dan dr. Syahrial MH.Sp.T.H.T.K.L.(K)
Sumber : Ayo Hidup Sehat

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli