Anak Muda Rentan Terserang Tbc, Ketahui Solusinya.

.
kementriankesehatan.com - Bagi yang sedang mengalami gejala tbc mungkin bertanya, apakah bisa saya terkena penyakit yang serius ini? Atau mungkin karena masih muda, mana mungkin terkena, itu hanya menyerang orangtua dan sebaginya. Faktanya semua orang bisa terkena tbc, namun beberapa kelompok cenderung rentan tertular sebab tbc cenderung menyerang bayi, anak kecil dan remaja bila berdasarkan umur, sedangkan bila berdasarkan kerja, rentan menyerang mereka yang berada diluar ruangan, dan bila berdasarkan lokasi, menyerang kota padat penduduk. Berikut penjelasananya.
"tbc menyerang"
source: pixabay
Umur :
  • Bayi
Saat terkena tbc, dokter berkata pada ayah saya, apakah ada bayi rumah? Ayah saya mengatakan tidak ada, saya anak terakhir mereka. Ia juga bertanya dengan tetangganya ada yang memiliki bayi? Tidak, memangnya kenapa dok?, tanya ayah saya. Kalau bayi biasanya mudah tertular, jadi kalau ada usahakan dijauhkan dulu. Sebab tubuhnya masih dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan sehingga sistem imunnya masih lemah. Solusinya, apabila anda atau saudara ada yang terkena usahkan membatasi komunikasi demi kebaikan bersama. Bila memang anda seorang ibu, usahakan selalu memakai masker saat berkomunikasi, atau momong anak.
  • Anak kecil
Anak kecil di sini mereka yang masih sekolah dasar. Biasanya mereka suka sekali makan, minum bekas orang lain/teman yang kita tidak tahu kalau ia menderita tbc entah tertular dari keluarga atau sebagainya. Sistem imun mereka juga belum sempurna, sehingga rentan tertular. Solusinya, bila memiliki anak, perhatikan juga kesehatannya, kalau perlu ajarkan pola hidup bersih dan sehat. Kenapa tidak boleh makan bekas gigitan teman, atau minum bekas gelas teman.
  • Remaja
Pada saat ini, mereka biasanya sedang aktive bermain, dan memiliki banyak teman. Dan biasanya juga karena solidaritas tersebut mereka sering makan dan minum bekas orang lain. Solusinya, jagalah pola makan, agar memiliki berat badan yang ideal sehingga tidak mudah terserang penyakit. Sebab sebenarnya bila saat tertular sistem imun kita kuat, hal itu bisa dilawan karena jumlah bakteri yang sedikit. Yang membahayakan ketika sisitem kekebalan tubuh tidak mampu melawan, lalu bakteri berkembnag-biak, dan menyebabkan penyakit bertambah parah.
Kerja :
  • Di luar ruangan
Bagi mereka yang kerja di luar ruangan seperti pekerja proyek dan sebagainya mengharuskan mereka bertemu dengan banyak orang. Kurangnya pengetahuan tentang tbc, menyebabkan masih banyaknya orang yang batuk tidak ditutupi, meludah sembarangan atau bersin tidak ditutup tangan. Apabila dihirup bakteri bisa berpindah ke paru-paru kita. Yang miris, kebanyakan penderita tidak menyadari kalau sebenarnya ia sedang terkena tbc, dan baru sadar saat batuk darah. Untuk itulah, penting menggunakan masker di luar ruangan, untuk pencegahan.
  • Di dalam ruangan
Salah satu hal yang mampu mengobati tbc adalah berjemur di bawah sinar matahari, sebab dapat membunuh bakteri. Orang yang sepanjang waktu menghabiskan waktu di dalam ruangan untuk kerja, jarang terkena sinar matahari. Akibatnya bakteri jadi betah tinggal di dalam tubuh. Solusinya, sebelum berangkat kerja usahakan untuk berjemur di bawah sinar matahari sebentar, atau saat akhir pekan gunakan untuk olahraga sembari berjemur.
Wilayah :
  • Padat penduduk
Jakarta adalah kota terpadat di Indonesia, kebetulan saya tertular saaat tinggal di Jakarta. Banyaknya orang yang kita temui, dan lagi-lagi ketidaktahun akan tbc menyebabkan banyak oranag yang meludah semabrangan, batuk tidak ditutupi hingga, dan sebagainya. Solusinya, gunakanlah masker untuk melindungi dari penyakit. Orang pake masker itu karena mencegah dari penyakit, bukan pas sakit baru pakai masker.
Kesimpulan:
Dari pengalaman pribadi, dokter, dan orang lain, saat ini kebanyakan tbc menyerang orang diusia produktive, 20-40 tahun.
Semoga bermanfaat, sehat selalu, dan panjang umur :)

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu