Batuk Lama! Awas Gejala Tbc

.
kementriankesehatan - Banyak orang yang tidak tahu tentang gejala terkena tbc, alhasil mereka mengabaikan penyakit yang dianggap kecil seperti batuk, sering berkeringat, sesak nafas, hingga demam. Besarnya kesembuhan penyakit yang identik dengan batuk darah sebenarnya ada pada seberapa cepat terdeteksi. Artinya makin cepat, makin mudah untuk ditangani. Berikut gambaran tentang tbc dan gejalanya.
    "tbc gejalanya"
    source: pixabay
  • Batuk lebih dari 2 minggu
Sebelum saya menyadari bahwa penyakait yang saya miliki ini tbc. Saya mengalami batuk yang aneh. Beberapa minggu batuk lalu sembuh, lalu batuk lagi, begitu seterusnya hingga kurnag lebih 3 bulan. Nah di bulan ke tiga itulah, tenggorkan terasa ada yang mengganjal, sepertia da pasir yang menempel, mengganggu sekali. Dan akhirnya saya meminum berbagai jeni obat batku cair, dari yang berbentuk saset hingga botol. Nah yang dari botol, telah habis 1. Namun batuknya tidak sembuh. Saya pikir, ini kenapa, biasanya sembuh, bahkan biasanya bila batuk sembuh sendiri. Karena saya ingin sekali sembuh, karena ya sangat mengganggu terutama untuk kerja, saat meeteng, berdiskusi dengan rekan kerja, atau owner. Saya minum lagi, 1 botol. Selalu saya bawa hingga ke kantor, jadi hampir pagi, siang, dan malam saya meminumnya. Tapi, Sudah habis masih saja tidak sembuh. Saya beli 1 botol lagi, dan tetap tidak sembuh sampai di jaam makan siang, saya batuk darah. Dari situlah saya curiga, ini pasti penyakit serius.
Pertanyaaanya:
Berapa lama anda batuk?
Kesimpulannya :
Bila kita batuk lebih dari 2 minggu. Sebaiknya periksalah ke dokter. Bisa melakukan pengecekan dahak. Sayapun agak menyesal seharusnya bisa dideteksi tanpa harus berdarah terlebih dahulu. Karena saat keluar darah pusing, sesak nafas, dan lemas.
  • Berkeringat di malam hari
Saya merasa ini gejala yang lumayan aneh. Sebab setiap saya pulang kerja, dan tidur sebentar, baju dan kasu basah kuyub. Bukan karena ngompol. Entah kenapa badan rasanya panas, gerah. Hal ini disebabkan jaringan paru-paru diserang bakteri, dan tubuh kita berusaha melawan. Bisa juga karena paru-paru kita tidak berfungsi maksimal karena terjadi kerusakan akibat bakteri MTb.
Pertanyaanya :
Apakah anda sering berkeringat terutama di malam hari/saat tidur?
Kesimpulannya :
Berkeringat memang bagus, karena mengeluarkan toksin/zat yang tidak diperlukan tubuh. Namun bila berkeringat tanpa melakukan aktivitas, seperti tidur, atau duduk, patut dicurigai mungkin ada yang salah dengan sistem tubuh kita.
  • Dada terasa sakit, kadang sesak
Sebelumnya didiagnosis Tbc saya merasa dada sebelah kanan ada yang menusuk, hal itu berlangsung sebentar. Namun hampir terjadi di setiap hari. Hal ini karena bakteri mulai merusak jaringan paru.
  • Demam
Saya masih ingat, waktu itu saya tidak bisa tidur karena batuk keras, dan badan panas. Hingga akhirnya saya tidak masuk kerja. Setelah demam itu, entah kenap tubuh saya jadi tidak enak badan, walaupun tubuh tidak lagi panas. 
  • Berat badan turun
Saya tidak pernah menimbang berat badan, namun hampir semua orang, rekan kerja, keluarga, gingga teman mengatakan saya kurus. Apa mereka yang aneh, sejak dulu saya memang kurus. Jadi mungkin mereka sedang mengejek. Namun lama kelamaan mereka bilang, kamu kok makin kurus ya. Banyak sekali yang mengatakan demikian. Akhirnya saya mencoba mengaca, ya rupanyaa setelah diperhatikan mereka benar, rusuk saya kelihatan. Hal ini karena nutrisi yang kita makan digunakan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang kewalahan menghadapi bakteri. Saat meningmbang cuma 51,9 KG. Itu termasuk kategori kurang gizi untuk ukuran 170CM.
  • Lapar
Setiap kali saya merasa lapar, entah ditengah malam saya selalu keluar. Karena saat itu, saya pasti batuk, dada terasa ada yang menekan, lalu gemetar, dan berkeringat. Aneh, bukan perut yang sakit atau pusing. Nah hal itupun terjadi setelah saya sadar terkena tbc, setiap lapar/telat makan, saya batuk-batuk terus. Ini sebenarnya salah satu tanda orang yang kurang gizi/malnutrisi.
  • Batuk darah
Kebanyakan orang awam tahu kalau batuk darah itu identik dengan tbc. Memang salah satu tanda yang paling mudah adalah batuk darah. Namun tidak semua penderitanya sampai batuk darah beruntunglah bagi yang tidak. Karena saya sampai batuk darah. Saat itu saya tidur sebentar di jam istirhat siang, dan waktu bangun tenggorokan saya terasa ada yang mengganjal sehingga saya ke toilet dan membuangnya, ternyata itu darah. Dan hidung saya keluar darah juga. Sekita badan saya lemes, dan sesak nafas. Itu berarti paru-paru kita telah luka. Saya sempet mikir, apa bisa diobati?
Demikian, semoga bermanfaat.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli