Kanker Nasofaring yang di Derita Ustaz Arifin Ilham Ternyata Sering Menyerang Pria Berikut Penjelasannya

.
kementriankesehatan.com - Kanker nasofaring adalah kanker ganas yang tumbuh di ruang nasofaring (rongga belakang hidung / balik langit-langit). Kanker ini banyak menyerang ras mongloid: cina bagian selatan, hingga Indonesia. Ustaz Arifin Ilhampun tak lepas dari cengkeraman penyakit yang biasanya diawali dengan gejala mimisan. Walaupun penyakit ini jarang terjadi, namun apabila tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian karena menyerang bagian pernafasan.
"ciri-ciri kanker nasofaring"
sumber : wikipedia
Lalu apa saja gejala atau ciri-ciri, dan penyebab kanker nasofaring?
Menurut data yang dirilis WHO ada sekitar 80.000 kanker nasofaring baru setiap tahunnya. Dan faktanya kebanyakan penderitanya adalah pria. Salah satu faktornya adalah perokok.
Ciri-ciri atau Gejala Kanker Nasofaring Anatara lain :
  • Bengkak Bagian Leher
Hal ini biasanya terjadi di leher bagian samping, namun benjolan ini bukan kankernya namun efeknya.
  • Keluhan pada telinga
  • Mimisan
Biasanya berlangsung terus-menerus, berulang-ulang, datang sembuh begitu seterusnya.
Apabila memiliki riwayat keluarga yang pernah mengidap kanker nasofaring, sebagiknya rutin melakukan pemeriksaan. Penyakit ini bisa disembuhkan, dan presentas persembuhannya mencapi 80 dengan catatan masih stadium awal. Sehingga apabila mengalami tanda-tanda di atas segera datang ke dokter.
Penyebabnya:
  • Sering Makan Ikan Asin
Ikan asin biasanya dioleh dengan memberikan garam yang tinggi, dan dijemur di bawah sinar matahari cukup lama, hal ini menghasilkan suatu zat yang siebut nitrozamin, yang bersifat karsinogenic, atau merangsang tumbuhnya sel kanker. Untuk itu kurangilah makan ikan asin..
  • Faktor Keturunan
Apabila ada orangtua, atau keluarga yang pernah mengidap kanker nasofaring maka bisa menurun secara genetik.
  • Virus Estenbar
Merupakan virus yang sering menyerang saluran nafas, dan sering menetap di saluran nasofaring. Virus ini bisa menyebar lewat udara.
Pengobatan biasanya dilakukan dengan dua cara yaitu radiasi dan kemoterapi. Apabila masih dalam stadium dua, bisa dilakukan dengan metoder radiasi selama 35 kali. Setiap hari 5 kali, selam 7 minggu. Apabila sudah stadium lanjut dilakukan dengan kemoterapi.
Jadi kabar bahwa Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia ternyata tidak benar. Beliau saat ini sedang di rawat di rumah sakit, karena mengidap kanker Nasofaring. Para sahabat, seperti Ustaz Yusuf Mansyur hinggga Presiden Joko Widodopun telah mengunjungi beliau. Namun rupanya selain beliau ada beberapa artis yang pernah mengidap penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini.
1. Kim Woobin
Salah satu aktor, dan model asal Korea Selatan,. Bagi penggemar drama korea tidak asing. Ia mengidap pada bulan Mei 2017 lalu. Untungnya sakit yang dideritanya masih ringan. Ia juag talah menjalani 3 kali kemoterapi dan 35 terapi radiasi, dan semuanya berjalan baik.
2. Babe Ruth
Pemain baseball asal Amerika. Atlit yang berbakat, dan telah menekuni dunia basball sejak muda ini didiagnosis kanker nasofaring pada tahun 1946 tepat setahun sebelum masa pensiunnya. Pada tahun 1948, beliau akhirnya menyerah terhadap penyakit ini. Diduga karena penggunaan tembakau yang berat seperti cerutu, serta alkohol.
sumber : Ayo Hidup Sehat TV One. Kanker Nasofaring.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli