Penting! Sebelum 3 Jam Setelah Gejala Stroke Ringan atau Berat Harus Dibawa Ke Rumah Sakit

.
kementriankesehatan.com - Stroke bisa menyerang siapa saja mulai yang paling sering terjadi pada usia lanjut hingga usia muda yang beresiko, karena memiliki kelainan jantung yang tidak tertangani dengan baik. Stroke adalah penyakit berat yang disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah ke otak.
"gejala stroke"
Source : flickr
Resiko atau penyebab usia lanjut dan usia muda bisa terekna stroke juga bisa karena:
  • Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok. Kebiasaan ini meruapkan penyebab utama usia muda terkena stroke
  • Kurang olahraga.
  • Riwayat penyakit lain seperti hipertensi dan jantung.
  • Gula darah tinggi
  • Infeksi kronis 
  • Kurang istirahat
Ada mitos yang beredar di masayarakat bahwa pertolongan pertama seorang terkena stroke adalah dengan menusukan jarum ke ujung-ujung jari. Ini merupakan tindakan yang tidak berguna, dan malah menyakiti si pasien. Penanganan pertama yang harus dilakukan apabila keluarga, teman, atau orang terdekat kita mengalami gejala stroke adalah dengan membawanya ke rumah sakit. Sebab ada golden periode selama 3 jam, dimana saat itu masih bisa ditolong dengan menyuntikan obat untuk menangani sumbatan pembuluh darah tersebut. Semakin cepat ditangan semakin besar kemungkinan sembuhnya.
Sebenarnya stroke merupakan penyakit yang berat, jadi entah gejalanya ringan seperti hanya bisa mengangkat tangannya atau berat yang tidak bisa menggerakan hampir seluruh bagian tubuhnya, harus segera ditangani.
Untuk itu perlu diketahui gejala-gejala stroke:
  • Kesemutan
  • Lumpuh sebelah badan
  • Gangguan bicara
Jadi apabila ditusuk, dipijat, atau diusap-usap tidak akan menyembuhkan stroke. Hal lain yang tidak dibolehkan adalah memberikan air minum, sebab pada beberapa kasus terjadi kelumpuhan saraf, sehingga apabila penderitanya minum akan tersedak, dan mengakibatkan air masuk ke paru-paru, dan bisa menyebabkan infeksi.
Namun tenang, stroke bisa dicegah dengan cara menjaga pola hidup sehat, dan apabila anda memiliki penyakit lain yang beresiko stroke sebaiknya rutin dilakukan pengontrolan. Stroke juga bisa disembuhkan, dan kembali normal apabila pasien segera ditangani oleh tenaga medis.
Sumber : Ayo Hidup Sehat TV One, pembawa acara; dr. Reinita Arlin, dr Vito Damay, SpJP (K) M.Kes, FIHA, dan bintang tamu; dr. Tafik Mesiano SpS (K).

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli