Kabar Gembira! Manfaat Pete Untuk Kesehatan

.
kementriankesehatan.com - Pete walaupun berbau menyengat memiliki manfaat untuk kesehatan anatara lain untuk depresi, PMS, anemia, tekanan darah, daya tahan otak dan lainnya. Pete yang memiliki nama latin parkia speciosa merupakan sejenis tanaman kacang yang sering tumbuh di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Filipina, hingga Thailand ini selain terkenal aromanya yang bisa menyebabkan bau mulut, dan rasanya agak pahit rupanya memiliki banyak khasiat. Sebab memiliki protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat 2 kali lipat, fosfor 3x, 5x vitamin A dan zat besi bila dibandingkan dengan buah apel. Berikut manfaat pete untuk kesehatan tubuh kita:
"Manfaat Pete Untuk Kesehatan"
source: commons.wikimedia
1. Depresi
Menurut penelitian yang dilakukan oleh MIND beberapa orang yang memiliki gangguan depresi, banyak yang merasa lebih baik setelah mengkonsumsi pete. Hal ini disebabkan kandungan triptopan, sejenis protein yang diubah menjadi serotonin yang bisa menyebabkan rasa rileks, dan nyaman. Nah, udah diteliti nih, jadi bagi yang sering galau karena si dia. Dia siapa, pokonya sia dia. Segerala makan pete. Hehe.
2. PMS
Apabila anda sadar sedang marah pada orang yang disayangi pada masa mens, segeralah makan pete. Lalu marahlagi lagi padanya, dijamin ia akan pergi karena baunya yang semerbak wangi, dan pada akhirnya pertengkaran berakhir. (Becanda:v) Jadi kandungan vitamin B6 yang terdapat pada pete bisa mengatur kadar gula dalam darah, dan kadar gula darah yang stabil, bisa mempengaruhi susana hati orang tersebut. Nah loh. Ini baru bener.
3. Anemia
Zat besi yang 5x lebih banyak dibandingkan apel, membantu dalam produksi hemoglobin/sel darah merah dalam darah. Jadi sangat bagus bagi yang kekurangan darah.
4. Tekanan darah
Dalam pete terdapat kalium yang rendah garam, zat ini sangat bagsu dalam mengatur tekanan darah. Bahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika, mengizinkan penggunaan untuk mencegah tingginya tekanan darah dan stroke karena manfaat yang luar biasa ini.
5. Daya tahan otak
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah yang mengandung potasium dapat membantu siswa belajar, karena bisa membantu orang fokus, dan meningkatkan daya ingat. Pete merupakan kacang-kacangan yang mengandung potasium.
6. Sembelit
Pete kaya akan serat yang membantu mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan. Mengkonsumsi pete secara teratur merupakan obat alami sembelit.
7. Mabuk
Membuat milkshake pete, yang dicampur dengan madu dapat mengobati mabuk, sebab dapat menenangkan perut, ditambah bantuan madu yang menumpukan kadar gula darah yang habis, sementara susu dapat menenangkan usus, dan mengisi kembali nutrisi yang hilang akibat mabuk. Bagi yang mabuk, sedialah pete sebelum berangkat.
8. Mules
Pete bersifat antasida yang dapat melegakan perut. Apabila perut mules cobalah mengkonsumi pete.
9. Gigitan Nyamuk
Beberapa orang percaya, dan merasakan bahwa kulit bagian dalam pete yang dioleskan pada bengkak akibat gigitan nyampuk mampu meredakan, dan mengurangi rasa tidak nyaman.
10. Saraf
Kadar vitamin B yang tinggi mampu melemaskan saraf pusat.
11. Obesitas/Kegemukan
Penelitian yang dilakukan di Autralia pada 5000 orang di rumah sakit menyimpulkan bahwa keinginan untuk makan banyak, disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi. Nah untuk mengurangi keinginan makan banyak maka harus mengatur kadar gula darah terlebih dahulu. Salah satunya dengan mekan pete karena mengandung vitamin B6 yang efektive dalam mengatur kadar gula.
12. Bisul
Pete selain memiliki tekstur lembut dan halus yang mampu dicerna oleh usus dengan mudah juga bisa menguarangi tingkat keasaman dan iritasi dengan melapisi lapisan perut.
13. Kontrol suhu
Di Belanda, ibu hamil mengkonsumi pete karena mampu mengontrol emosi, dan suhu tubuh. Hal ini bertujuan untuk memastikan bayi dalam suhu dingin saat dilahirkan.
14. Merokok
B6, 12, kalium, dan magnesium yang tinggi di dalam pete mampu membantu tubuh dalam mentralisir nikotin.
15. Stress
Kalium adalah mineral yang penting bagi tubuh sebab mampu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseibangan air dalam tubuh. Di saat cemas, secara otomatis laju metabolisme meningkat, dan menurunkan kadar kalium. Untuk itu diperlukan camilan pengisi kalium.
16. Stroke
Menurut penelitian jurnal kesehatan Inggris, mengkonsumsi pete setiap hari mampu menurunkan resiko kematian akibat stroke sebesar 40%.
17. Kutil
Beberapa orang menggunakan pete sebagai obat alternatif alami kutil.
18. Kesehatan mata
Pete memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, yang baik bagi kesehatan kornea mata.
"Manfaat Pete Untuk Kesehatan"
source: flickr
Ada berbagai cara untuk memakannya, bisa dengan mengupas kulitnya, lalu dimakan secara langsung, dioseng, disemur, dicampur dengan makanan seperti nasi goreng, oseng kentang, tempe, semur ikan dan sebagainya sesuai selera.
Ruapanya selain memiliki bau yang tajam karena kandungan asam amino, dan dapat mempengaruhi air kencing, dan ketut juga memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan beberapa dipercaya dan digunakan sebagai obat tradisional diabetes, kudis, edema, tekanan darah tinggi, radang ginjal, kanker, hepatalgia, nefritis, kolik, kolera hingga cacing.
Sekian, semoga bermanfaat dan sehat selalu. Salam oseng pete.
source: healthbenefitstimes. Health benefits of petai. 21 Januari 2019 04:13 WIB

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu