Sedikit yang Tahu! Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita

.
kementriankesehatan.com - Ketumbar memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita, yaitu mencegah dan mengobati peradangan kulit, mengobati kolesterol, diare, menstabilkan tekanan darah dan sebagainya. Ketumbar yang termasuk ke dalam rempah-rempah, dan sering digunakan sebagai bumbu masak rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti untuk pengobatan peradangan kulit, kolesterol tinggi, diare, sariawan, anemia, dan gangguan pada pencernaan. Hal ini disebabkan karena kandungan minyak esensial, 6 jenis asam, dan mineral seperti fosfor, kalsium, kalium, magnesium, natrium serta vitamin A, B, C dan. Berikut manfaat, dan penjelasan kenapa ketumbar baik untuk kesehatan tubuh kita, terutama jantung, kecantikan, diabetes, kolesterol dan masalah kesehatan wanita.
"Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita"
source: commons.wikimedia
  • Mencegah, dan mengobati peradangan kulit
Kandungan cineole yang termasuk dalam 11 kelompok minyak atsiri, dan asam linoleat terdapat dalam ketumbar, zat ini bersifat antirematik, dan antiarthritik yang mempu mengurangi pembengkan/radang pada kulit.
  • Mengobati gangguan kulit
Sifat disinfektan, detoksifikasi, antiseptik, antijamur, antioksidan sangat efektife untuk mengatasi gangguan kulit seperti eksim, kekeringan, dan infeksi jamur. Sehingga kulit tetap halus, karena terjaga kesehatannya.
  • Menurunkan kadar kolesterol
Asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat, dan asam askorbat yang terdapat dalam ketumbar sangat efektife dalam mengurangi kadar kolesterol darah, mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam arteri dan vena yang menyebabkan masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke.
  • Mengobati diare
Minyak atsiri yang terdapat dalam ketumbar seperti borneol, dan linalool mampu mengobati diare akibat mikroba sebab zat tersebut bersifat antibakteri. Bahkan juga bisa membantu mencegah berbagai macam masalah pencernaan seperti mual, muntah, dan gangguan lambung.
  • Menstabilkan tekanan darah
Pada penderita hipertensi ketumbar mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena meningkatkan interaksi ion kalsium, dan asetilkolin yang merupakan neurotransmitter dalam sistem saraf perifer dan pusat yang dapat meredekan tegangan pembuluh darah.
  • Mengobati bisul dan bau mulut
Citronellol yang merupakan minyak esensial terdapat dalam ketumbar, sangat baik sebagai antiseptik. Sifat antimikroba yang terdapat dalam kandungan ketumbar juga dapat menyembuhkan luka dan bisul di mulut. Ketumbar juga bisa digunakan sebagai pencegah bau mulut. Dalam sejarah, sebelum pasta gigi ditemukan, orang akan mengunyah ketumbar. Sehingga tak heran bila dalam pasta gigi mengandung ketumbar.
  • Mencegah anemia
 Ketumbar kaya akan zat besi, sehingga bermanfaat untuk penderita anemia. Sebab apabila kekurangan zat besi bisa menyebabkan sesak nafas, jantung berdebar, kelelahan ekstrim, dan penurunan fungsi kognitif. Selain itu zat besi juga berkhasiat untuk meningkatkan energi, dan meningkatkan kesehatan tulang.
  • Anti alergi
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ketumbar memiliki sifat antihistamin yang kuat yang dapat mengurangi alergi musiman, dan demam. Minyak ketumbar juga bisa digunakan untuk alergi terhadap serangga, tanaman, makanan dan lainnya.
  • Melindungi dari salmonella
Ketumbar memiliki sifat dodekenal, suatu senyawa alami yang lebih kuat duakalilipat dari antibiotik dari serangan salmonella.
  • Meningkatkan kesehatan tulang
Kandungan kalsium dan mineral bermnafaat untuk pertumbuhan, dan daya tahan tulang seperti mencegah osteoporosis.
  • Melancarkan pencernaan
Minyak essensial yang terdapat dalam ketumbar membantu sekresi enzim yang dapat merangsang pencernaan dan gerakan peristaltik. Sebuah penelitian mengungapkan bahwa mengkonsumsi ketumbar secara teratur mampu mengurangi gangguan penceranaan yang sering menyerang anak.
  • Mengobati cacar
Minyak essensial juga bersifat antimikroba, antioksidan, antiinfeksi, dan detoksifikasi. Kandungan vitamin C, dan zat besi di dalam ketumbar juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga bisa mencegah, mengurangi rasa sakit, hingga menyembuhkan penyakit cacar.
  • Mencegah gangguan menstruasi
Ketumbar merupakan stimulan alami, dan dapat mengatur sekresi yang tepat dari kelenjar endokrin yang dapat mengatur siklus menstruasi, dan mengurangi rasa sakit selama datang bulan.
  • Perawatan mata
Antioksidan, vitamin A, C dan mineral bermanfaat untuk mencegah gangguan penglihatan, seperti ketegangan, dan tekanan pada mata. Beta karoten yang terdapat pada daun ketumbar juga mampu mengembalikan efek penurunan kesehatan mata pada manula.
  • Mengobati konjungtivitas
Ketumbar merupakan disinfektan  yang sangat baik, dan bersifat antimikroba yang melindungi mata dari penyakit menular seperti konjungtivitas.  Sehingga tak heran bila minyak ketumbar banyak digunakan untuk produk perawatan mata.
  • Mengontrol diabetes
Ketumbar mampu merangsang kelenjar endokrin, akibatnya sekresi insulin dari pankreas meningkat yang kemudian meningkatkan kadar insulin dalam darah. Sehingga dapat mengatur asimilasi, dan penyerapan gula yang tepat dan maksimal alhasil kadar gula darah turun. Untuk itu ketumbar sangat baik untuk penderita diabetes.
Ketumbar memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti jantung, kecantikan, darah tinggi, kolesterol. Walau begitu juga memiliki efek samping, beberapa orang mengeluh terhadap sensitvitas sinar matahari.
Sebuah penelitian menunjukan bahwa ketumbar tidak baik untuk ibu hamil, namun sebagian mengatakan bahwa ketumbar bagus untuk meningkatkan produksi ASI. Untuk itu, bagi ibu hamil sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
Sekian. Semoga bermanfaat, dan sehat selalul. Salam ketumbar bubuk.
referensi: organicfacts. 16 Amazing Benefits Of Cilantro Or Coliander 19 Januari 2019 23:34 WIB.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli