Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Menurut Penelitian

.
kementriankesehatan.com - Kapulaga merupakan bumbu masak yang memiliki rasa yang cukup tajam, namun memili manfaat untuk kesehatan. Kapulaga memiliki rasa yang mirip dengan daun mint, berasal dari India namun telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Biji, minyak, dan ekstraknya telah dipercaya, dan digunakan sejak jaman dahulu sebagai obat tradisional. Di Indonesia sendiri, digunakan sebagai jamu. Berikut manfaat kapulaga untuk kesehatan:
"manfaat kapulaga untuk kesehatan"
source: pixabay
  • Menurunkan tekanan darah
Dalam sebuah penelitian, yang dilakukan pada 20 orang dewasa yang memilki tekanan darah tinggi. Mereka diberi 3 gram bubuk kapulaga sehari. Setelah 12 minggu, dilakukan pengecekan dan hasilnya tekanan darah menjadi normal. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam kapulaga, sebab dalam pengecakan tersebut antioksidan para peserta meningkat 90%. Selain itu juga karena sifat diuretiknya yang dapat meningkatkan buang air kecil.
Manfaat ini juga telah dilakukan pada tikus, dan terbukti berhasil.
    "manfaat kapulaga untuk kesehatan"
    source: pixabay
  • Mencegah kanker
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, menunjukan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatkan akitivitas enzim tertentu yang dapat menangkal kanker. Penelitian lain dilakukan oleh dua kelompok tikus yang diberi senyawa penyebab kanker kulit, lalu memberikan 500mg kapulaga per KG berat badan. Setalah 12 minggu, hanya 29% yang terkena kanker. Sedangkan penelitian yang dilakukan dengan sel manusia menunjukan hasil yang tidak jauh beda, bahwa senyawa tertentu pada bumbu kapulaga bisa mengentikan kanker mulut.
  • Melindungi dari penyakit kronis
 Peradangan terjadi dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit kronis. Kandungan antioksidan pada kapulaga melindungi sel dari kerusakan dan mencegah peradangan. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus, 50-100 mg kapulaga per-KG berat badan efektive dalam menghambat 4 senyawa penyebab peradangan/infalamasi. Memakan bubuk kapula secara tertur juga mampu menurunkan efek inflamasi hati yang disebabkan makanan tinggi lemak, dan karbohidrat.
  • Membantu mengatasi masalah pencernaan
 Tahukah anda, kapulaga telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk bisul. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus. Kelompok 1 diberi kapulaga, kunyit dan daun sembung. Kelompok 2 diberi aspirin. Hasilnya borok pada keolompok 1 lebih sedikit darpipada kelompok 2. Bahkan ekstrak kapulaga dipercaya lebih efektive daripada obat maag umum. Penelitian lain menunjukan bahwa kapulaga dapat melindungi dari helicobacter pylori atau bakteri yang berkaitan dengan masalah kesehatan pencernaan.
  • Menghilangkan bau mulut
Kapulaga merupakan obat bau mulut yang kuno, bahkan beberapa produk permen karet menggunakan kapulaga, serta beberapa kebudayaan mengkonsumsi kapulaga setelah makan. Hal ini disebabkan rasa mint, dan kemampuannya dalam melawan bakteri yang biasanya ada pada mulut.
  • Antibakteri dan mengobati infeksi
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak kapulaga dan minyak essensial mengandung senyawa yang dapat melawan berbagai jenis bakteri umum. Penelitian yang lebih spesifik pada strain Candida yang kebal terhadap obat, sejenis ragi yang dapat menyebabkan jamur. Kapulaga mampu menghambat pertumbuhan jamur tersebut. Penelitian lain menunjukan bahwa minyak essensial pada kapulaga mampu melawan bakteri salmonella yang sering menyebabkan keracunan makanan, juga campylobackter yang dapat menyebabkan peradangan lambung.
  • Meningkatkan pernafasan
Senyawa yang terdapat pada kapulaga mampu meningkatkan aliran udara ke paru-paru sehingga meningkatkan kinerja pernapasan. Apabila digunakan sebagai aroma terapi, aroma menyegarkan tersebut mampu meningkatkan kemampuan tubuh menggunakan oksigen selama berolahraga. Sebuah penelitian dilakukan pada orang, 15 menit sebelum olahraga menghirup minyak essensial kapulaga selama 1 menit. Hasilnya mereka menyerap oksigen lebih banyak dibandingan yang tidak menghirup aroma terapi. Sedangkan penelitian yang dilakukan dengan menyuntikan ekstrak kapulaga pada tikus, dan kelinci menunjukan bahwa saluran udara tenggorokan menjadi lebih rileks. Hal ini tentu sangat baik bagi para penderita asma.
  • Menurunkan kadar gula darah
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dengan memberikan makanan tinggi lemak, dan karbohidrat menunjukan bahwa terjadi peningkatan gula darah dibandingan yang mengkonsumi makanan normal. Namun setelah diberi kapulaga, dan dilakukan pengecekan, justru gula darah tikus yang mengkonsumsi makanan normal lebih tinggi dibandingkan kelompok tinggi lemak, dan karbohidrat. Namun mungkin hal itu tidak terlalu berpengaruh bagi penerita diabetes tipe 2.
  • Mencega pembesaran hati
Ekstrak kapulaga dapat menurunkan produksi enzim hati, trigliserida, dan kadar kolesterol yang bisa menyebabka pembesaran hati, berat hati, dan hati berlemak.
  • Mengobati kecemasan
Sebuah penelitian menunjukan bahwa ekstrak kapulaga mampu mencegah kecemasan. Sebab secara medis, kecemasan dan gangguan mood lainnya, biasanya disebabkan karena kurangnya kadar antioksidan dalam darah.
  • Menurunkan berat badan
Sebuah penelitian yang diikuti oleh 80 orang wanita pradiabetes, dan obesitas menunjukan bahwa terjadi pengurangan lingkar pinggang walaupun sedikit. Penelitian yang dilakukan pada tikus terhadap berat badan tidak menujukan hasil yang memuaskan.
Sebagian besar penelitian tentang manfaat kapulaga dilakukan terhadap hewan. Walau begitu ada kemungkinan juga berlaku pada manusia, walaupun tidak pasti. Namun kapulaga merupakan makanan yang aman dikonsumsi, meskipun beberapa ahli tidak menyarankan untuk ibu hamil dan anak-anak. Cara terbaik memakan kapulaga adalah mencampurkannya ke dalam makanan sebagai bumbu atau rempah. Ingat! Kapulaga merupakan obat kuno yang memiliki banyak sekali manfaat. Tetapi tidak boleh sembarangan mengkonsumsinya, terutama secara berlebihan, akan lebih baik bila berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
Sekian, semoga bermanfaat dan sehat selalu. Salam kapulaga.
referensi :Healtline. 10 Health Benefits of Cardamom, Becked by Science.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu