Cewek Masuk! Eksperimen Saya Menggunakan Cuka Apel Untuk Rambut, dan Lihat Manfaatnya

.
kementriankesehatan.com - Sebelumnya saya menggunakan cuka apel untuk kulit, terutama wajah, namun setelah mengetahui hasilnya memuaskan, jerawat, serta noda hilang, saya pikir kenapa tidak menggunakananya untuk rambut, dan bukankah bagus menggunakan bahan herbal, dan meninggalkan berbagai perawatan bahan kima. Awalnya saya ragu, dan merasa aneh, itu berarti saya beraktivitas dengan rambut basah, dan bau apel. Berikut manfaat cuka apel untuk rambut berdasarkan pengalaman pribadi Noelle, praktisi terapi nutrisi.
manfaat cuka apel untuk rambut
source: pixabay
Cuka apel merupakan bahan perawatan alami rambut favorit saya. Mengapa? Rambut merupakan struktur dua bagian, terdiri dari folikel, suatu segmen seperti terowongan yang terletak di kulit dan batang serta tumbuh di atas kulit. Tepat di bawah kulit terdapat kelenjar sebaceous, yang dapat mengeluarkan sebum melalui folikel. Nah sebum/minyak inilah yang melumasi rambut serta kulit, sebab mengandung mantel asam. Fungsi minyak ini adalah menjaga dan melindungi kesehatan rambut dan kulit, termasuk membuat rambut nampak berkilau, halus, dan tetap lembab, tau tidak kering, dan mudah rusak.
Sayangnya, kelenjar sebaceous, mudah terganggu, akibatnya rambut menjadi rusak. Salah penyebabnya bisa disebabkan menggunakan sampo yang tidak berkualitas, atau pH mantel asam 7 ke atas karena hal ini menyebabkan kondisi basa yang akhirnya menggangu dan mencemari mantel asam yang diproduksi oleh subum, pH normal mantel asam umumnya 5.
Apabila mantel asam menjadi basa, rambut akan membengkak, dan sisik kutila terbuka, dan menyebabkan rambut rentan terhasdap kerusakan. Hal ini mengakibatkan rambut menajadi keriting dan kusam. Penyebab lainnya mungkin karena terlalu lama terpapar sinar matahari, karena faktanya rambut tidak memantulkan namun menyerap sinar.
Mantel asam yang berfungsi menjaga kesehatan rambut, juga dapat terganggu karena faktor lain seperti stress, diet atau keringat. Dengan demikian, sangat penting menjaga pH mantel asam tetap normal.
Cuka apel merupakan fermentasi dari apel, dan mengandung potasium,pektin, asam malat, dan kalsium. Kandunga ph pada cuka apel umumnya 3, untuk itu perlu ditambahkan air agar sesuai dengan ph rambut yang normal. Karena kadar asam yang sedikt, mampu mengambalikan ph alami manel asam, mengeraskan lapisan luar rambut, meratakan kutikula, sehingga terlihat bersinar, dan mudah sisir.
Kandungan alfa-hidroksi alami yang membantu mengelupas kulit rambut, pengangkatan sel kulit mati. Sedangkan bagi mereka yang memiliki masalah rambut seperti ketombe, cuka apel cukup efektive karena bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.
Demikian semoga bermanfaat dan sehat selalu.
Baca ya:
referensi: coconutsandkettlebells. Apple Cider Vinegar Hair Rise. 25-01-2019 18:45 W.I.B.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu