Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan, Menurut Sains

.
kementriankesehatan.com - Cuka apel  menurut sains memiliki manfaat untuk kesehatan karena bersifat anatibakteri, mencegah kanker, membantu menurunkan berat badan dan sebagainya. Cuka apel merupakan salah satu sari buah yang populer di dunia medis, dan sejak dulu selain digunakan sebagai bahan masakan, juga telah digunakan sebagai obat untuk menurunkan berat badan, kolesterol, dan kadar gula. Berikut bermacam manfaat cuka apel untuk kesehatan menurut sains.
"Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan"
source: pxhere
  • Antibakteri
Cuka apel merupakan obat tradisional untuk membersihkan jamur kuku, kutu, kutil, dan infeksi telinga. Hippocrates, bapak kesehatan modern kita bahkan menggunakannya untuk membersihkan luka. Artinya telah digunakan lebih dari 2000 tahun yang lalu. Beberapa orang bahkan menggunakannya sebagai bahan pengawet, sebab sebuah penelitian menunjukan bahwa cuka apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri e.coli.
  • Menurunkan kadar gula darah
Pada kasus penderita diabetes tipe 2, entah itu dibabkan kadar gula yang tinggi, atau ketidakmampuan memproduksi insulin. Dan merupakan obat yang diabetes yang manjur sebab dapat meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan gula darah. Minum 2 sendok cuka apel sebelum tidur dapat mengurangi 4% gula darah puasa ketika bangun. Sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, pradiabetes, atau orang lain yang ingin menurunkan atau mengatur kadar gula darah agar kembali normal.
  • Menurunkan berat badan
Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi cuka apel dapat menyebabkan seseorang merasa kenyang, akibatnya anda akan makan sedikit kalori, dan akhirnya berat badan turun. Sebuah penelitian yang lebih serius lagi dilakukan pada 175 penderita obesitas, mereka meminum cuka apel setiap hari, hasilnya terjadi pengurangan lemak, dan penurunan berat badan.
Berikut rinciannya:
1 sendok makan (15ml) = kehilangan 1,2 KG.
2 sendok makan (30 ml) = kehilangan 1,7 KG.
Namun penelitian tersebut berlangsung selama 3 bulan jadi efek yang ditimbulkan mungkin tak seperti yang anda bayangkan. Walau begitu, cuka apel merupakan bahan pembantu yang efektive untuk menurunkan berat badan.
  • Menurunkan kadar kadar kolesterol
Penelitian yang dilakukan pada hewan mengungkapkan bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar kolesterola, dan trigliserida dan berbagai resiko penyakit jantung seperrti mengurangi tekanan darah, kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Mencegah kanker
Banyak penelitian yang dilakukan pada hewan, dan menunjukan bahwa cuka apel dapat membunuh berbagai macam sel kanker kecuali tumor.
Cuka apel dikenal memiliki banyak sekali manfaat, namun penelitan tersebut masih sebatas pada hewan, penelitian pada manusia sudah beberapa kali dilakukan dan itu sebatas untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, selain itu tidak ada bukti yang valid, dan kebanyakan sebatas pengalaman seseorang yang dipercaya dan terbukti tanpa alasan yang lebih spesifik. Cara penggunaanya bisa dicampur dengan makanan, atau minuman, sedangkan untuk takarannya 1-2 sendok perhari. Manfaat yang diperoleh apabila dilakukan secara teratur dan kontinyu.
Demikian, semoga bermanfaat dan sehat selalu. Salam cuka apel.
source: Healthline. 6 Proven Benefits of Apple Cider Vinegar, Backed by Science.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli